Salah satu nasihat pernikahan yang paling sering digaungkan untuk pasangan suami istri adalah, “don’t go to bed angry” alias jangan tidur saat kamu sedang marah.

Nasihat pernikahan ini memiliki makna bahwa semua permasalahan akan lebih baik jika diselesaikan dengan segera. Kendati demikian, ternyata, nasihat ini nggak sepenuhnya dapat dibenarkan, lho.  

Meredakan amarah pasca berkonflik dengan pasangan melalui aktivitas tidur secara tidak langsung punya segudang manfaat bagi kamu serta pasangan. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasan lengkap yang telah Popbela rangkum di bawah ini! 

1. Bisa menjernihkan pikiran

Ini 6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Marah Bagi Pasangan Menikahfreepik.com/racool_studio

Mengutip laman Your Tango, pakar tidur kenamaan asal Stanford, Brandon Peters, MD menyebutkan bahwa sulit tidur dapat membuat fungsi kognitif otak jadi terganggu. Menurutnya, sangat tidak disarankan untuk menyelesaikan masalah dalam kondisi mengantuk atau kurang tidur. Sebab, kamu pasti akan kesulitan untuk dapat berpikir jernih dan mengendalikan diri. Maka dari itu, tidur terlebih dahulu sembari mengendapkan emosi adalah langkah terbaik yang dapat kamu lakukan ketika tengah berkonflik dengan pasangan.  

2. Berdampak baik terhadap kesehatan

Ini 6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Marah Bagi Pasangan Menikahhttps://www.pexels.com/id-id/@kampus

Sampai saat ini memang belum ada bukti nyata berupa data yang menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berdampak langsung pada kesehatan. Akan tetapi, jika kamu dan pasangan selalu berdebat hingga tidur terlalu larut, bukan tidak mungkin jika kondisi tubuh jadi terganggu, lho. Nggak ingin hal ini terjadi, ‘kan? Untuk itu, beristirahatlah dan utamakan selalu kesehatan di atas segalanya!

3. Mengembalikan tenaga untuk makeup sex

Ini 6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Marah Bagi Pasangan Menikahhttps://www.pexels.com/id-id/@pavel-danilyuk

Selain itu, kurang tidur ternyata juga dapat menurunkan hasrat seksual dalam diri laki-laki dan perempuan. Sehingga, tidak heran jika beberapa pasangan suami istri mengaku kehidupan seksualnya jadi terganggu ketika lebih sering berseteru di waktu tidur.

Nah, guna memutus kebiasaan buruk semacam ini, mulai sekarang cobalah untuk menyelesaikan pertengkaran di pagi hari ketika kamu dan pasangan sudah cukup bertenaga. Sebagai pelengkap dan penambah keharmonisan pasca berkonflik dengan pasangan, sangat disarankan untukmu menginisiasi adanya makeup sex. Dijamin akan terasa lebih nikmat dari yang biasa!

4. Aura jadi lebih positif

Ini 6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Marah Bagi Pasangan Menikahhttps://www.pexels.com/id-id/@miriam-alonso

Kemudian, manfaat lainnya yang akan kamu rasakan ketika mengedepankan tidur daripada berdebat sampai larut adalah aura jadi lebih positif. Sebab, istirahat diperlukan untuk dapat membuang pemikiran negatif dan mengembalikan energi yang hilang. Jika tidak, dapat dipastikan kamu jadi lebih emosional dan cenderung memandang sesuatu dengan cara yang salah.   

5. Membuatmu fokus pada inti dari suatu permasalahan

Ini 6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Marah Bagi Pasangan MenikahAndres Ayrton/Pexels

Pergi tidur dalam keadaan marah memang sangat tidak mengenakkan. Akan tetapi, tidur dalam keadaan marah akan terasa lebih baik daripada bicara tanpa arah dan poin yang jelas. Pasalnya, beristirahat dan tidur yang cukup, dapat membantu kamu agar lebih fokus pada inti dari sebuah percakapan. Sehingga, ketika hendak menyelesaikan suatu permasalahan dengan pasangan, percakapan tidak melebar ke mana-mana.

6. Jadi objektif dalam melihat suatu permasalahan

Ini 6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Marah Bagi Pasangan Menikahhttps://www.pexels.com/id-id/@vlada-karpovich

Faktanya, kondisi kurang tidur dapat memengaruhi interpretasi atau penilaian seseorang terhadap suatu peristiwa. Sehingga, semakin larut kamu dan pasangan berdebat di waktu tidur, maka semakin keruh pula suasana yang tercipta di tengah-tengah kalian berdua. Kamu maupun pasangan sama-sama takkan bisa melihat permasalahan secara objektif ketika tengah mengantuk. Yang mana, jika dipaksakan lebih lama lagi justru akan membahayakan karena berpotensi mengucapkan kata-kata yang dapat menyakiti perasaan satu sama lain.

Ternyata, ada beberapa manfaat tidur dalam keadaan marah bagi pasangan menikah, ya, Bela. Mungkin bisa dicoba, nih, kalau suatu saat kamu terlibat argumentasi dengan pasangan. Lebih baik tidur dulu dan tenangkan pikiran, sebelum kalian adu pendapat lagi.

Baca Juga: 6 Cara Paling Efektif Menyelesaikan Konflik dengan Pasangan

Baca Juga: 5 Hal Ini Menunjukkan Kamu Sudah Siap untuk Menikah

Baca Juga: 8 Tanda Suami Menyesal Telah Berselingkuh