Meski sudah berjalan hampir 3 bulan, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle memang masih menyita perhatian publik hingga saat ini. Bisa dibilang, pernikahan kerajaan Inggris yang satu ini memang menjadi momen paling penting di tahun 2018. Nggak heran jika segala hal yang berkaitan dengan pasangan ini selalu mendapat sorotan.

Salah satunya ialah mengenai tradisi yang harus dijalani oleh setiap anggota kerajaan. Menjadi anggota baru di kerajaan Inggris membuat Duchess of Sussex ini harus mulai mengikuti setiap tradisi yang ada. Sayangnya, ada beberapa aturan kerajaan yang sudah dilanggar oleh mantan aktris Amerika ini. Popbela sudah merangkum 5 peraturan kerajaan yang dilanggar oleh Meghan Markle.

1. Menikah di hari Sabtu

5 Tradisi Kerajaan yang Dilanggar Meghan Markle dan Pangeran Harry
chatelaine.com

Pernikahan kerajaan biasanya dilangsungkan pada hari kerja dan kemudian pihak kerajaan menjadikannya sebagai hari libur nasional. Kate Middleton dan Pangeran William menikah pada 29 April 2011 yang jatuh pada hari Jumat. Sementara itu, Pangeran Harry dan Meghan justru memilih hari Sabtu, 19 Mei 2018 untuk menikah.

2. Kue pengantin Meghan dan Pangeran Harry bukan fruit cake 

5 Tradisi Kerajaan yang Dilanggar Meghan Markle dan Pangeran Harry
Twitter.com/KensingtonRoyal

Selama ini, kerajaan Inggris selalu menyajikan fruit cake sebagai kue pernikahan untuk para anggota kerajaan. Kue ini dibuat dengan isian buah kering, kacang-kacangan, dan rempah-rempah. Namun, Pangeran Harry dan Meghan Markle justru mendobrak tradisi kerajaan dengan memilih kue sponge dengan rasa lemon serta elderflower dengan buttercream dan dihiasi bunga-bunga segar. Wah, beda dari yang lain, ya.

3. Menceritakan hubungannya dengan Pangeran Harry meski belum bertunangan

5 Tradisi Kerajaan yang Dilanggar Meghan Markle dan Pangeran Harry
Instagram.com/vanityfair

Ini adalah langkah yang nggak pernah terjadi sebelumnya, di mana Meghan berbicara panjang lebar tentang hubungannya dengan Pangeran Harry sebelum keduanya resmi bertunangan. Lewat wawancaranya dengan majalah Vanity Fair, Meghan mengatakan jika mereka adalah pasangan yang saling jatuh cinta dan mulai berpacaran diam-diam selama 6 bulan sebelum akhirnya diketahui oleh publik. Hal ini tentu saja mengejutkan karena menurut tradisi kerajaan, hubungan mereka nggak boleh dipublikasikan sebelum ada ikatan resmi pertunangan.

4. Menunjukkan kemesraan di depan umum

5 Tradisi Kerajaan yang Dilanggar Meghan Markle dan Pangeran Harry
Instagram.com/enews

Seperti yang diketahui sebelumnya dari Kate Middleton dan Pangeran William, menunjukkan kemesraan di depan umum adalah hal yang nggak dibolehkan oleh kerajaan Inggris. Namun, bagi Meghan dan Pangeran Harry, mereka justru nggak malu untuk mengekspresikan perasaannya lewat pegangan tangan dan berciuman. Seperti beberapa waktu lalu di mana keduanya berciuman di atas podium setelah Meghan menyerahkan trofi pada Pangeran Harry di pertandingan Sentebale Polo Club 2018.

5. Meghan sudah pernah menikah sebelumnya

5 Tradisi Kerajaan yang Dilanggar Meghan Markle dan Pangeran Harry
nydailynews.com

Sebelum berpacaran dengan Pangeran Harry, Meghan pernah menikah dengan produser Trevor Engelson. Mereka bercerai pada Agustus 2013 setelah menjalani rumah tangga selama 10 tahun. Sebenarnya, menikahi seseorang yang sudah bercerai sudah nggak menjadi masalah bagi kerajaan Inggris, tapi tentu saja ini adalah hal yang nggak biasa dilakukan. Salah satu contohnya yakni saat Raja Edward VIII harus rela turun tahta setelah menikahi Wallis Simpson yang sebelumnya pernah menikah dengan orang lain dan kemudian bercerai.

Di balik sisi fenomenal Pangeran Harry dan Meghan Markle ini, tampaknya pasangan ini tetap menjadi idola bagi banyak orang. Bagaimana menurutmu, Bela?

BACA JUGA: 5 Fakta Menarik Hubungan Pangeran Harry dan Meghan Markle