Kebahagiaan tampaknya tengah meliputi hati politikus muda, Tsamara Amany. Setelah melangsungkan tunangan pada awal Juli 2019 lalu, Tsamara akhirnya telah resmi menikah dengan pujaan hatinya, Ismail Fajrie Alatas. Pernikahan mereka digelar pada Sabtu, 19 Oktober 2019 di Hotel Fairmont Jakarta, Senayan.

Hari bahagia mereka pun semakin meriah dengan kehadiran tamu, mulai dari artis hingga politisi. Berikut Popbela telah merangkum 5 fakta unik di balik pernikahan Tsamara Amany dan Ismail Fajrie Alatas.

1. Akad nikah mengusung adat Betawi

Dihadiri Presiden RI, Ini 5 Fakta di Balik Pernikahan Tsamara AmanyInstagram.com/ifalatas

Tsamara Amany dan Ismail Fajrie Alatas mengusung adat betawi dalam momen akad nikah yang digelar pada Sabtu (19/10) pagi. Keduanya memilih busana dengan warna putih. Tsamara tampak mengenakan pakaian adat Betawi modern yang dirancang oleh desainer Myrna Myura. Penampilan khas pengantin Betawi ini pun semakin lengkap dengan tambahan headpiece atau yang disebut siangko Betawi rancangan Rinaldy Yunardi.  

2. Wakil Presiden Ma’ruf Amin jadi saksi pernikahan

Dihadiri Presiden RI, Ini 5 Fakta di Balik Pernikahan Tsamara AmanyInstagram.com/ifalatas

Satu hal yang menarik dalam momen bahagia Tsamara Amany dan Ismail Fajrie ini ialah kehadiran Wakil Presiden terpilih, Ma’ruf Amin, yang menjadi saksi dalam pernikahan mereka. "Terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden terpilih, K.H Ma’ruf Amin & Ibu yang sudah menjadi saksi dan menghadiri akad nikah kami. Terima kasih juga kami ucapkan untuk Ibu Shinta Nuriyah Wahid yang telah hadir & mendoakan kami," tulis Tsamara di Instagram. 

3. Dihadiri oleh sejumlah tamu politisi dan pejabat

Dihadiri Presiden RI, Ini 5 Fakta di Balik Pernikahan Tsamara AmanyInstagram.com/tsamaradki

Mengingat kedua pengantin bukan datang dari kalangan biasa, maka nggak heran jika para tamu yang hadir pun berasal dari kalangan politisi dan pejabat kelas A. Mulai dari Presiden RI Joko Widodo, Gubernur DKI Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Basuki Tjahaja Purnama, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Menkominfo Rudiantara, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Yenny Wahid, dan deretan pejabat lainnya. 

4. Deretan artis turut memeriahkan pesta

Dihadiri Presiden RI, Ini 5 Fakta di Balik Pernikahan Tsamara AmanyInstagram.com/tsamaradki

Bukan hanya pejabat, beberapa artis juga turut hadir memeriahkan pernikahan kedua dari Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut. Mulai dari mantan vokalis grup Nidji, Giring Ganesha, Wanda Hamidah, hingga Addie MS dan sang istri, Memes. Bahkan, Giring juga ikut menyumbangkan lagu di momen bahagia tersebut, lho. 

5. Perbedaan usia 13 tahun

Dihadiri Presiden RI, Ini 5 Fakta di Balik Pernikahan Tsamara AmanyInstagram.com/riomotret

Ismail Fajrie Alatas sendiri merupakan seorang dosen di New York University dan juga seorang profesor studi kajian Islam dan Timur Tengah. Laki-laki kelahiran 18 September 1983 tersebut kini sudah menginjak usia 36 tahun. Sementara itu, Tsamara saat ini telah berusia 23 tahun. Meski memiliki perbedaan usia sampai 13 tahun, tampaknya hal ini nggak menjadi penghalang bagi Tsamara untuk menerima pinangan Ismail. 

Itu dia 5 fakta di balik pernikahan Tsamara Amany dan Ismail Fajrie Alatas. Sekali lagi, selamat atas pernikahannya, ya! 

Baca Juga: Tsamara Amany, Si Aktivis Cantik yang Pernah Jadi Staff Magang Gubernur DKI Jakarta