Sejak menikah pada 19 Mei 2018 lalu, Pangeran Harry dan Meghan Markle memang tak pernah sepi dari pemberitaan media dunia. Pasalnya, Duke dan Duchess of Sussex ini kerapkali menunjukkan tingkah laku yang berbeda dari anggota kerajaan Inggris lainnya dan tentu saja menuai kontroversi di mata publik.

Pangeran Harry & Meghan Markle Umumkan Mundur dari Kerajaan InggrisInstagram.com/sussexroyal

Setelah banyaknya kontroversi yang terjadi, Pangeran Harry dan Meghan Markle kini kembali membuat pernyataan mengejutkan. Keduanya mengumumkan akan mundur dari peran mereka sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris. Pengumuman mengejutkan ini dibagikan dalam akun Instagram resmi mereka, @sussexroyal.

"Setelah beberapa bulan refleksi dan diskusi internal, kami memilih untuk melakukan transisi tahun ini untuk mulai mengukir peran baru yang progresif. Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," tulis mereka dalam pernyataan resminya yang diumumkan pada Kamis (9/1).

Pangeran Harry & Meghan Markle Umumkan Mundur dari Kerajaan InggrisInstagram.com/sussexroyal

Usai mundur dari anggota keluarga kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle berencana untuk menyeimbangkan waktu mereka antara di Inggris dan Amerika Utara. Keduanya juga menyebut akan memberikan informasi lebih rinci tentang langkah baru mereka itu segera setelah mereka berdiskusi dengan Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, dan Pangeran William.

Bukan hanya publik saja yang kaget mendengar pernyataan tersebut. Para anggota kerajaan, termasuk sang Ratu, juga tak kalah terkejut mengetahui pengumuman dari Pangeran Harry dan Meghan Markle itu. 

Pangeran Harry & Meghan Markle Umumkan Mundur dari Kerajaan InggrisInstagram.com/sussexroyal

Melansir dari NBC News, Ratu Elizabeth pun memberikan tanggapan terkait pernyataan adik dari Pangeran William tersebut. Melalui juru bicara di Istana Buchingham, pihaknya masih melakukan diskusi dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

"Diskusi dengan Duke dan Duchess of Sussex berada pada tahap awal," kata Istana Buchingham dalam pernyataan resminya. "Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, tetapi ini adalah masalah rumit yang akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan."

Pangeran Harry & Meghan Markle Umumkan Mundur dari Kerajaan InggrisInstagram.com/sussexroyal

Sementara itu, berita ini pun langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial. Bukan hanya masyarakat biasa, sejumlah figur publik pun ikut berkomentar terkait keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur dari keluarga kerajaan Inggris. Ada yang memberikan dukungan pada mereka, namun tak sedikit juga yang memberikan kritik pedas untuk Meghan. 

Salah satunya adalah presenter sekaligus jurnalis, Piers Morgan. Melalui akun media Twitter-nya, Piers mengatakan, “Orang-orang bilang aku terlalu kritis terhadap Meghan Markle—tetapi dia meninggalkan keluarganya, membuang ayahnya, membuang sebagian besar teman lamanya, memisahkan Harry dari William dan sekarang memisahkannya dari Keluarga Kerajaan.”

Pengumuman mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle dari keluarga kerajaan Inggris ini memang terbilang mengejutkan. Bagaimana menurutmu, Bela?

Baca Juga: 7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-Meghan