Pedangdut Reza Zakarya akhirnya buka suara terkait gonjang ganjing rumah tangganya dengan Valda Alviana. Jebolan Dangdut Academy Asia 3 ini mengakui jika ia sudah resmi bercerai dengan sang istri. Reza dan Valda rupanya merasakan manisnya pernikahan selama 4 bulan saja. 

Keretakan rumah tangga Reza dan Valda sebenarnya sudah tercium sejak Agustus 2021 setelah keduanya kedapatan sudah menghapus foto kebersamaan dan saling unfollow Instagram. Namun, baru kali ini Reza mengonfirmasi kabar tersebut. Berikut Popbela telah merangkum 5 fakta terkait perceraian Reza Zakarya dan Valda Alviana.

1. Umumkan perceraian

5 Fakta Perceraian Reza Zakarya dan Istri, Ternyata Ini AlasannyaInstagram.com/jessica_agustina_20

Sempat membuat publik bertanya-tanya, kini status pernikahan Reza Zakarya dan Valda Alviana akhirnya terungkap. Secara tegas, Reza mengumumkan rumah tangganya dengan sang istri sudah selesai. Pelantun lagu Dahliaku ini juga memperlihatkan akta cerai yang sudah diputuskan sejak dua bulan lalu. 

“Saya dan mantan istri saya sudah bercerai. Ini adalah akta cerai saya,” kata Reza di hadapan media. “Kita sudah benar-benar resmi (bercerai) kemarin tanggal 14 September. Kita sudah selesai,” lanjutnya.

2. Reza yang menggugat cerai

5 Fakta Perceraian Reza Zakarya dan Istri, Ternyata Ini AlasannyaInstagram.com/pfectpicture

Dalam kesempatan tersebut, Reza mengungkapkan bahwa dirinyalah yang menggugat cerai Valda. Pedangdut 32 tahun ini juga meminta media agar tak lagi mengaitkan dirinya dengan sang mantan istri.

“Saya yang menggugat mantan istri saya dan dari situ saya mohon untuk teman-teman media mulai dari sekarang untuk tidak mengkait-kaitkan saya lagi dengan pihak beliau,” ujar Reza yang dikutip dari video di kanal YouTube Indosiar.

3. Sudah pisah ranjang sejak Mei 2021

5 Fakta Perceraian Reza Zakarya dan Istri, Ternyata Ini AlasannyaInstagram.com/ficellephoto

Meski perceraian Reza dan Valda baru diputuskan September lalu, keduanya ternyata sudah pisah rumah sejak Mei 2021. Artinya, Reza dan Valda hanya merasakan manisnya berumah tangga selama 4 bulan karena mereka baru menikah pada 17 Januari 2021.

“Dari 3 Mei 2021 kita sudah tidak satu rumah. Beliau diantarkan oleh ayah saya, kakak saya, dan adik saya untuk pulang,” ungkap Reza.

4. Permintaan Valda

5 Fakta Perceraian Reza Zakarya dan Istri, Ternyata Ini AlasannyaInstagram.com/reza_zakarya_daa

Reza mengisyaratkan perpisahannya dengan Valda dilakukan secara baik-baik. Sebab, saat pisah rumah, keluarga Reza yang mengantar Valda kembali ke rumah orangtuanya. Perpisahan ini pun dilakukan atas dasar keinginan Valda.

“Ayah saya sendiri yang nyetir mobilnya, dibawakan dengan terhormat dia diantarkan pulang ke ibunya. Karena memang dia (Valda) minta pulang,” tuturnya.

5. Penyebab perceraian terungkap

5 Fakta Perceraian Reza Zakarya dan Istri, Ternyata Ini AlasannyaInstagram.com/qorry_ayuni

Perceraian Reza dan Valda ini tentu mengejutkan banyak pihak. Terlebih lagi, keduanya belum genap setahun menikah. Rupanya, alasan perceraian mereka ialah karena ketidaksiapan Valda memiliki suami seorang artis.

"Kalau dibilang kenapa (bercerai), saya selalu bilang dari awal, kalau menikah dengan artis itu tidak mudah. Mungkin kalau saya boleh ngomong, ya, beliau tidak siap menjadi istri saya. Untuk menjadi seorang istri dari seorang entertain, beliau tidak siap,” jelas Reza yang dikutip dari tayangan Hot Kiss Indosiar. 

Kendati demikian, secara tegas Reza menuturkan bahwa tak ada campur tangan orang ketiga dalam perceraiannya. Perpisahannya ini murni keputusan sang pedangdut karena ia sudah tak bisa lagi hidup bersama dengan Valda. 

"Tidak ada orang ketiga. Jadi ini memang murni keputusan saya. Saya yang menjalani dan saya tidak sanggup hidup bersama dia,” tutupnya.

Seperti diketahui, Reza Zakarya melepas lajangnya dengan perempuan non-seleb bernama Valda Alviana pada 17 Januari 2021. Keduanya menikah tanpa melewati masa pacaran alias dengan proses ta'aruf. Sayangnya, empat bulan setelah mengucap ijab kabul, Reza dan Valda justru sudah pisah rumah hingga akhirnya resmi diputus bercerai pada September 2021. 

Baca Juga: Diterpa Isu Cerai, Ini 9 Potret Perjalanan Cinta Reza Zakarya & Istri

Baca Juga: Bersahabat, 7 Jebolan D'Academy Ini Hadiri Pernikahan Reza Zakarya

Baca Juga: Ta'aruf, Ini 8 Fakta Pernikahan Reza Zakarya yang Bernuansa Arab