Setelah selesai bulan Ramadan, kita akan menjumpai hari yang ditunggu-tunggu, yakni hari raya Idul Fitri. Disadari atau nggak, biasanya selepas Idul Fitri akan banyak orang yang menggelar acara pernikahan. Bulan Syawal memang dianggap baik untuk menikah makanya nggak heran kalau banyak orang yang memilih menikah setelah hari raya Idul Fitri. Namun, beberapa orang ada yang memilih menikah justru di bulan puasa, lho! Padahal, jarang sekali orang memilih menikah saat orang lain tengah berpuasa. Nah, kali ini Popbela sudah merangkum ada 5 fakta unik terkait pernikahan di bulan Ramadan. Simak, ya!

Nggak Nyangka! Inilah 5 Fakta Unik Menikah di Bulan Ramadan

Menikah di bulan Ramadan tentunya berbeda dengan menikah di bulan-bulan lainnya karena di bulan ini umat muslim tengah melakukan ibadah puasa. Namun, bukan berarti menikah di bulan Ramadan menjadi terlarang, Bela. Ustadzah sekaligus pengasuh Rumah Tahfidz An Nashr, Diana Arum, mengatakan dalam Islam nggak pernah ada bulan-bulan haram untuk menikah. “Saya pikir selama yang diniatkan adalah menuju kehalalan atau syariat Islam ditegakkan, selama itu juga tidak ada yang bisa mengharamkannya. Jadi nggak apa-apa menikah di bulan Ramadan.” kata Diana.

Nggak Nyangka! Inilah 5 Fakta Unik Menikah di Bulan Ramadan

Pernikahan identik dengan kemeriahan pesta, tamu undangan, dan makan-makan. Namun, bagaimana jika menikah di bulan Ramadan? Tentunya, di bulan ini kamu nggak akan menjumpai makanan seperti pada pesta pernikahan pada umumnya karena semua orang yang hadir memang sedang berpuasa. 

“Kalau masih berpuasa juga boleh menikah, nggak apa-apa asalkan tidak membatalkan, seperti misalnya bersetubuh atau ada acara makan-makan. Yang namanya akad tanpa makan-makan juga tetap sah. Cuman makan-makan kan kadang-kadang orang menjadi satu adat di Indonesia. Tapi kalau misalnya akad gitu tanpa makan-makan juga nggak apa-apa.” tutur Diana.

Nggak Nyangka! Inilah 5 Fakta Unik Menikah di Bulan Ramadan

Dapat dikatakan, menikah di bulan Ramadan bisa lebih menekan biaya, lho! Kamu nggak perlu pusing memikirkan catering makanan ataupun musik hiburan dalam pesta pernikahan. Kalaupun kamu ingin mengadakan pernikahan setelah salat tarawih dan ada makan-makan bersama setelahnya, tentunya kamu nggak perlu menyiapkan makanan yang sangat banyak karena biasanya tamu-tamu yang hadir sudah makan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Kamu bisa membuat pernikahanmu sederhana, namun tetap sakral. 

Nggak Nyangka! Inilah 5 Fakta Unik Menikah di Bulan Ramadan

Meski sudah melakukan akad nikah dan dianggap sah sebagai suami istri, tentunya pasangan yang menikah di bulan Ramadan ini harus bisa lebih menahan diri untuk nggak berhubungan intim saat tengah berpuasa. Namun, jika pasangan pengantin baru ini nggak mampu bersabar dan merusak kehormatan bulan Ramadan, tentunya hal ini sangat berbahaya. Bukan hanya berdosa, tapi mereka juga harus membayar denda kaffarat yang lumayan berat. Jadi, tahan dirimu ya, Bela!

Nggak Nyangka! Inilah 5 Fakta Unik Menikah di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah di mana setiap ibadah yang kita lakukan bisa menghasilkan pahala yang dilipatgandakan. Menikah juga ibadah yang memang diperintahkan oleh Allah. Menikah di bulan Ramadan tentunya dihitung sebagai ibadah yang diliputi dalam suasana yang penuh berkah. Ustadzah Diana mengatakan, “Pastinya setiap bulan itu punya berkah, ya, apalagi di bulan Ramadan. Kalau di bulan Ramadan nanti insya Allah berarti di suasana yang penuh berkah. Selama kita menjalankan syariatnya Allah—termasuk salah satunya adalah menikah—berarti dia sudah meneguhkan kedudukannya Allah. Insya Allah dipermudah dan sama-sama diberkahi.” 

Jadi, sudah siapkah kamu menikah di bulan Ramadan tahun ini, Bela?

BACA JUGA: 5 Aturan Berhubungan Intim di Bulan Ramadan yang Harus Kamu Tahu