Baru-baru ini, netizen di Twitter sedang ramai membicarakan soal menu bekal untuk suami. Cerita pembuatan bekal itu pertama kali dibagikan oleh salah satu pengguna Twitter bernama Khaerani. Melalui akun pribadi Twitternya, @rainydecember, ia membagikan resep dan kisah di balik pembuatan bekal untuk suaminya.

Unggahan tersebut rupanya viral, bahkan sampai menjadi trending topic di Twitter pada akhir pekan lalu. Meski banyak yang memberikan respons baik, tapi ada juga warganet yang memberikan komentar negatif pada postingan Khaerani. Mereka justru mengatakan bahwa tidak seharusnya seorang istri membuatkan bekal untuk suaminya. Seperti apa kisah sebenarnya? Popbela akan merunut kronologisnya berikut ini.

1. Membuat bekal untuk suami karena pandemi COVID-19

Melalui akun Twitternya, Khaerani mengaku memiliki ide membuat bekal sejak adanya pandemi COVID-19. Sejak diberlakukannya new normal di tempat kerja, sang suami jadi terkendala untuk makan siang bersama di rumah. Akhirnya, ia pun berinisiatif untuk membawakan bekal dari rumah.

"Aku baru sekitar 2 mingguan bawain suami bekal, karena biasanya suami pulang buat makan siang bareng di rumah. Sejak new normal dan balik masuk kantor seperti biasa, kantor bikin kebijakan yang agak mempersulit buat pulang siang, jadi solusinya ya bawa bekal makan siang tiap hari.”

2. Masih belajar memasak

Bikin Bekal untuk Suami, Perempuan Ini Malah Disindir Habis-habisanUnsplash.com/Toa Heftiba

Meski membuat makanan sendiri, Khaerani mengaku dirinya sebenarnya tidak begitu pintar memasak. Kendati demikian, ia tetap optimis dan berusaha untuk memasak. Karena baginya, dengan memasak sendiri ia bisa memperhatikan kebersihan dan takaran gizi. Tak hanya itu, memasak juga membuat pengeluaran jadi bisa lebih hemat.

“Bukan tentang perempuan harus bisa masak, tapi tentang basic skill sebagai manusia. Karena kalau buat aku, rasanya nggak memungkinkan setiap saat beli makanan jadi. Kalau bisa masak sendiri, kita bisa merencanakan menu sendiri dengan mempertimbangkan keseimbangan gizinya, makanan terjamin kebersihannya, bisa sesuai selera, dan pastinya lebih hemat. Hitung-hitung juga ladang pahala buat istri kan, masakin suaminya.”

3. Berbagi resep untuk warganet yang lain

Bikin Bekal untuk Suami, Perempuan Ini Malah Disindir Habis-habisanUnsplash.com/Kouji Tsuru

Khaerani menuturkan, menu bekal makan siang itu buat sesuai dengan keinginan sang suami. Sementara untuk resep, Khaerani biasanya memodifikasi resep-resep masakan yang ada di internet. Dia pun tak lupa membagikan resep bekal yang sering ia buat pada akhir ceritanya. Tujuannya, semata-mata hanya untuk berbagi resep kepada warganet yang lain.

“Tujuan bikin thread ini karena banyak yang nanya resep dan kayaknya menyita waktu banget kalau dibalas satu-satu. Jadi share di sini saja barangkali ada yang nanya lagi.”

4. Disambut baik oleh warganet

Unggahan yang dibagikan pada Jumat (26/6) kemarin pun mendapat respons baik dari warganet, bahkan sampai viral di Twitter. Tak sedikit dari mereka yang mengaku kagum dan terinspirasi atas menu bekal untuk suami dari Khaerani tersebut.

“Semangat Mbak. Aku juga bekalin suami, bahagia yang nggak bisa dijelasin gitu rasanya pas siapin bekalnya ya," tulis akun @nandananana.

"Wah, bermanfaat sekali thread-nya Kak, bisa dicoba di rumah nih." cuit akun @kode50kplus.

5. Mendapat komentar negatif

Bikin Bekal untuk Suami, Perempuan Ini Malah Disindir Habis-habisan

Sayangnya, ada juga warganet yang memberikan komentar negatif pada thread Khaerani itu. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa tak selamanya harus istri yang membuatkan bekal untuk suami, tapi bisa sebaliknya. Bahkan, ada juga yang blak-blakan mengaku tak mau melayani pasangannya sedetail itu.

"Harus banget apa bekal buat suami? Suami bekalin istri nggak ada gitu?" komentar akun @alfamidi__

"Bekal buat suami? Kalau gue, gue nggak bakalan mau bikinin ini semua buat suami. Emang dia siapa gue? Even sehidup semati kayaknya gue nggak bakal melayani sedetail ini,” tulis @hollandianest.

"I don't think anybody should be this nice to a man," cuit akun @marcillest42069.

Hmm... sebenarnya sah-sah saja, kok, membuatkan bekal untuk suami, apalagi hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa sayang kepada pasangan. Kalau menurut kamu sendiri bagaimana, Bela?

Baca Juga: Resep Telur Berawan, Enak dan Bikin Bekal Makanmu Terlihat Cantik

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Berbalut Telur Buat Bekal di Kantor

Baca Juga: 7 Bekal Berumah Tangga Ini Akan Kamu Dapatkan dari Seminar Pra Nikah