Bentuk Rasa Syukur, Ini Bacaan Doa Ketika Aqiqah Bayi 

Yuk, simak dulu doa yang dipanjatkan saat aqiqah

Bentuk Rasa Syukur, Ini Bacaan Doa Ketika Aqiqah Bayi 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kelahiran buah hati selalu jadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Setiap umat Muslim disyariatkan untuk melaksanakan aqiqah sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak mereka.

Aqiqah adalah proses pemotongan hewan sembelihan pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Aqiqah menjadi sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah dalam rangka penebusan seorang anak. Rasulullah shallallahu wa ‘alaihi wasallam bersabda,

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى 

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud, An Nasai, dan Ibnu Majah)

Hewan yang disembelih dalam aqiqah, ialah dua ekor kambing bagi anak laki-laki dan satu ekor kambing bagi anak perempuan. Selain mempersiapkan hewan untuk disembelih, ada juga doa-doa yang dibacakan saat prosesi aqiqah. Mengutip dari NU Online, inilah bacaan doa ketika aqiqah bayi.

1. Doa ketika menyembelih hewan

Dari hadis Al-Baihaqi, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengaqiqahkan cucu-cucunya, Hasan dan Husain, dengan dua ekor kambing pada hari ketujuh, dan diperintahkan agar rambut kepalanya dicukur. Kemudian, sembelihlah hewan tersebut atas nama Allah dengan mengucap doa:

بسم الله والله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان

Bismillah wallahu akbar. Allahumma laka wa ilaik. Hadzihi aqiqah fulan (sebutkan nama anak).

Artinya:

"Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, ini milik-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah untuk si fulan (sebutkan nama anak)."

2. Doa ketika mencukur rambut bayi

Setelah menyembelih hewan aqiqah, prosesi dilanjutkan dengan mencukur rambut bayi. Saat mencukur rambut, hendaknya membaca doa sebagai berikut: 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari. Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati Rasulullahi shallallahu ‘alaihi wasallam walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullah SAW, dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here