Mungkin selama ini kebanyakan orang mengetahui kalau nikah siri adalah perkawinan yang hanya diakui oleh agama, tapi tidak hukum negara. Padahal nyatanya, kamu bisa membuat pernikahan siri diakui oleh negara.

Sangat penting untuk mendaftarkan pernikahanmu agar diakui oleh negara. Sebab, nantinya hal ini akan memengaruhi urusan kependudukan, seperti pembuatan kartu keluarga, akta kelahiran anak, kartu tanda penduduk, dan lainnya.

Maka dari itu, ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan sebelum mengajukan status nikah sirimu diakui oleh negara. Nah, di bawah ini Popbela akan memberikan beberapa contoh surat nikah siri asli yang perlu disiapkan. Simak baik-baik, ya.

1. Keterangan yang harus ada dalam surat nikah siri asli

Contoh Surat Nikah Siri Asli agar Sah di Mata Negaraunsplash.com/ScottGraham

Pasangan suami dan istri harus membuat keterangan surat nikah siri terlebih dahulu. Setidaknya, ada beberapa elemen penting yang harus ada di dalam surat tersebut, seperti:

  • Nama atau judul surat
  • Identitas lengkap suami dan istri
  • Isi pernyataan yang menjelaskan bahwa pembuat surat sudah menikah secara siri
  • Penutup
  • Tanda tangan suami/istri dan saksi

2. Contoh surat pernyataan pembuatan surat nikah siri asli

Contoh Surat Nikah Siri Asli agar Sah di Mata Negarapinterest.com

Tanda tangan saksi bisa diisi dengan wali nikah istri dan juga ketua RT saat kamu melakukan ijab kabul, Bela.

3. Akta nikah

Contoh Surat Nikah Siri Asli agar Sah di Mata Negaraunsplash.com/SharonMcCutcheon

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, pernikahan yang tidak diakui oleh hukum negara tidak akan dicatat oleh pegawai pencatat pernikahan. Namun, jika kamu sudah terlanjur melakukan nikah siri, maka kamu tetap bisa mengajukan isbat nikah ke Pengadilan Agama.

Isbat nikah merupakan pengesahan atas perkawinan yang telah dilangsungkan menurut syariat agama Islam, akan tetapi tidak dicatat oleh Kantor Urusan Agama (KUA) atau pegawai pencatat nikah. Permohonan isbat nikah tersebut dapat diajukan oleh suami atau istri, anak-anak mereka, wali nikah, dan pihak yang berkepentingan dengan perkawinan itu. Ini sesuai dengan Pasal 7 ayat 4 KHI.

Jadi, selama kamu belum memiliki akta nikah asli dari KUA, kamu bisa mengajukan format akta nikah terlebih dahulu. Di dalamnya kamu perlu memasukkan data diri suami dan istri, maskawin, dan siapa yang menjadi saksi saat itu. 

4. Contoh format akta nikah siri

Contoh Surat Nikah Siri Asli agar Sah di Mata Negaracontohsurat.co

Saat mengajukan surat nikah siri asli, jangan lupa untuk menyertakan surat-surat penting lainnya, seperti fotokopi KTP, dan berkas lain yang dibutuhkan. 

Itulah contoh surat nikah siri asli beserta berkas-berkas yang perlu disiapkan. Semoga bermanfaat untuk kamu ya, Bela!

Baca Juga: Begini 8 Pesona Artis yang Menikah Siri, Curi Perhatian Banget

Baca Juga: 5 Risiko yang Bisa Terjadi Kalau Kamu Nikah Siri, Yakin Mau?

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Syarat Nikah Siri agar Perkawinan Sah di Mata Agama