5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sejak Dini Demi Kehamilan Sehat

Ayo persiapkan buah hati yang sehat dan cerdas

5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sejak Dini Demi Kehamilan Sehat

Bela, tahukah kamu kalau hamil adalah proses kompleks yang harus kita lewati saat ingin menjadi seorang ibu? Saking kompleksnya, kamu tidak hanya mempersiapkannya saat sudah menikah atau saat janin sudah ada di dalam kandunganmu. Melainkan, persiapan kehamilan itu bisa kamu lakukan sedini mungkin dari sekarang. 

Lahirnya bayi dengan berbagai macam permasalahan nggak serta-merta hanya berkat dari Tuhan, lho. Akan tetapi, juga ada peran kita sebagai calon orangtua dalam mencegah hal tersebut. 

Nah, untuk kamu para millennial dan Gen-Z yang baru berencana menikah dan mempunyai keturunan dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan, simak dulu, yuk persiapan kehamilan yang perlu kamu lakukan sejak saat ini.

1. Jaga berat badan ideal

5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sejak Dini Demi Kehamilan Sehat

Menjaga berat badan ideal sangatlah penting. Manfaatnya nggak hanya kita rasakan saat masih lajang, tetapi juga terus ketika kita mulai hamil. 

Soalnya, ibu yang alami obesitas sangat mungkin menurunkan melahirkan anak dengan berat badan berlebih atau ancaman penyakit lainnya. Maka dari itu, kamu perlu membiasakan mengubah dan konsisten mengonsumsi makan sehat mulai hari ini. 

"Menerapkan pola hidup sehat harus dilakukan sedini mungkin, bahkan bisa diterapkan sejak balita. Jangan di situ mau nikah baru ingin menurunkan berat badan. Nggak kenapa-kenapa, cuma akan lebih baik lagi jika dipersiapkan dari awal," ujar dr. Boy Abidin, SpOG(K)-FER di acara peluncuran susu Anmum Materna Lite di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2023) lalu.

2. Berolahraga

Begitu juga dengan berolahraga. Tubuh yang sehat adalah tubuh dengan komposisi otot lebih banyak dibandingkan lemak. Maka dari itu, kita perlu melakukan olahraga rutin untuk mengubah lemak-lemak tersebut menjadi otot agar tubuh tidak mudah lelah saat beraktivitas dan mengandung nanti, juga bentuk tubuh yang tetap ideal menjadi nilai tambahnya. 

"Seminggu itu kalau dari panduan pemerintah adalah 150 menit selama satu minggu. Artinya kalau dibagi lima hari, kita hanya perlu olahraga 30 menit per harinya," sambung dokter Boy.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here