Hari ini, Jumat (15/7/2022), Via Vallen dan Chevra Yolandi menggelar acara pernikahannya di salah satu hotel berbintang di Surabaya, Jawa Timur. Pernikahan mereka digelar dengan mengusung tema adat Jawa.

Setelah kemarin melakukan prosesi siraman, hari ini Via dan Chevra mengadakan ijab kabul masih dengan pakaian adat Jawa yang indah. Rangkaian pernikahan kedua pasangan ini masih terus berlanjut hingga beberapa hari mendatang. Kabarnya, akan diadakan upacara midodareni yang merupakan ciri khas dari pernikahan adat Jawa pada Sabtu (16/7/2022) besok.

Pernikahan Via Vallen dan Chevra menjadi bukti bahwa ternyata masih banyak selebriti Tanah Air mengusung adat dari tanah kelahirannya. Pasalnya, pernikahan dengan menggunakan adat dianggap lebih sakral dan khidmat.

Namun sayang, hal tersebut tidak berlaku di semua adat yang ada di Indonesia. Hanya segelintir adat yang hingga saat ini masih banyak digunakan dan dipilih sebagai tema pernikahannya. Pernikahan adat manakah saja yang masih banyak diminati kaum millennial? Simak penjelasannya.

1. Adat Jawa

5 Adat Pernikahan yang Masih Banyak Diminati, Via Vallen Pilih JawaInstagram.com/indosiar

Pernikahan adat Jawa menjadi salah satu yang paling banyak peminatnya. Biasanya, pengantin yang memilih menikah dengan adat ini akan melewati banyak ritual panjang panjang, mulai dari persiapan pernikahan hingga pasca pernikahan.

Seperti yang sudah dilakukan Via Vallen dan suami. Keduanya sudah melakukan banyak ritual, mulai dari siraman hingga esok hari melakukan midodareni.

Meskipun banyak yang harus dilalui, namun setiap ritual yang dilakukan tentu memiliki makna tersendiri yang baik untuk kehidupan rumah tangga kedua mempelai nantinya.

Apakah kamu memiliki rencana untuk mengadakan pernikahan dengan adat Jawa, Bela?

2. Adat Sunda

5 Adat Pernikahan yang Masih Banyak Diminati, Via Vallen Pilih Jawabridestory.com

Adat kedua yang banyak dipilih selanjutnya adalah pernikahan dengan mengusung adat Sunda. Tidak jauh berbeda dengan adat Jawa, kamu yang berniat melakukan pernikahan dengan adat Sunda juga harus melewati berbagai ritual panjang.

Biasanya, ritual tersebut bisa dilakukan sejak kamu dan pasangan memiliki rencana lamaran. Hingga pada hari pernikahan, upacara adat masih terus dilakukan sampai ritual ditutup dengan muka panto.

Beberapa selebriti Indonesia yang melakukan pernikahan dengan adat Sunda, yaitu Raisa dan Hamish Daud, Syahrini dan Reino Barack, Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie, Syahnaz Sadiqah dan 'Jeje Govinda', serta banyak lagi.

3. Adat Minang

5 Adat Pernikahan yang Masih Banyak Diminati, Via Vallen Pilih JawaInstagram.com/morden.co

Beralih ke area Sumatera, beberapa adat pernikahan dari daerah ini juga masih banyak digandrungi jiwa muda, salah satunya adat Minang.

Terkenal sebagai salah satu daerah yang masih mementingkan adat leluhur di beberapa aspek kehidupannya, membuat pernikahan adat Padang sangat terasa sakral dan terus wajib dilestarikan hingga saat ini.

Sebelum sampai akhirnya kamu dan pasangan duduk bersanding di pelaminan, ada serangkaian prosesi adat yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

Biasanya, akan dimulai dengan maresek, lalu menimang, dan batimbang tando. Kemudian, akan berlanjut ke mahanta siriah, babako-babaki, malam bainai, manjapuik marapulai, hingga penyambutan, dan akad nikah.

Tak hanya sampai di situ, prosesi adat juga masih terus berlanjut setelah akad nikah dilakukan. Mulai dari mamulangkan tando, malewakan gala merapulai, balantuang kaniang, mangaruak nasi kuniang, bamaian coki, dan tari payung.

Identik dengan warna merah, emas, dan hitam, kamu pasti akan terlihat sangat anggun mengenakan semua pakaian adat Minang yang sangat dibanggakan oleh warga asli daerah tersebut. Rancak Bana!

4. Adat Palembang

5 Adat Pernikahan yang Masih Banyak Diminati, Via Vallen Pilih JawaInstagram.com/tyaarifinnw

Adat selanjutnya yang banyak diminati adalah adat Palembang dari Sumatera Selatan. Didominasi dengan warna kuning keemasan, baju pernikahan adat Palembang akan membuat kamu mengeluarkan aura kecantikan yang sangat kuat saat mengenakannya.

Meskipun prosesi yang dilakukan tidak sebanyak adat pernikahan sebelumnya, adat Palembang tetap memiliki beberapa prosesi adat yang harus dilakukan oleh kedua mempelainya.

Dimulai dari memilih calon, yang berlanjut ke madik, dan tunangan. Jika sudah, maka calon pengantin akan menjalankan berasan. Hingga ke akad nikah, kamu akan melakukan munggah dan tarian pagar pengantin sesudahnya.

5. Adat Batak

5 Adat Pernikahan yang Masih Banyak Diminati, Via Vallen Pilih JawaInstagram.com/aspictura_

Pasangan Judika Sihotang dan Duma Riris serta Raditya Dika dan Anissa Aziza adalah beberapa selebriti yang mengenakan adat Batak di hari pentingnya.

Di tempat asalnya, Sumatera Utara, pernikahan adat Batak masih sangat umum ditemukan dengan serangkaian prosesi yang ada. Tidak jauh berbeda dengan adat lainnya, pernikahan yang mengusung adat Batak pun akan melakukan serangkaian ritual pernikahan yang panjang.

Jadi, adat mana pun yang akan kamu pilih di hari pernikahan nanti, tentu semuanya akan memiliki prosesi yang menjadi keunikan tersendiri dari adat tersebut. Apa pun adatnya, yang terpenting adalah bagaimana kesungguhan kamu dan pasangan mengucap serta menerapkan janji pernikahan, ya, Bela.

Baca Juga: Jangan Kaget, Ini 5 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia

Baca Juga: 16 Pasangan Artis yang Menikah dengan Adat Minang, Ada Sivia Azizah

Baca Juga: Kental Nuansa Tradisional, Ini 5 Artis yang Menikah dengan Adat Bugis