Perselingkuhan berarti melanggar janji untuk tetap setia pada pasangan. Itulah mengapa, seseorang yang diselingkuhi oleh pasangannya bisa merasa sangat marah dan sakit hati. Bahkan, tak jarang sebuah perselingkuhan bisa membawa dampak yang cukup serius seperti adanya trauma.

Namun, konflik perselingkuhan telah memberi Hollywood beberapa film yang sangat menarik dan dramatis. Entah itu pasangan yang dicampakkan atau mereka yang dibunuh untuk membalas dendam hanya karena adanya sebuah perselingkuhan. Beberapa cerita dikemas dengan sangat menarik karena memasukkan unsur ketegangan di dalamnya.

Kalau kamu tertarik menontonnya, berikut ini Popbela sudah siapkan 17 rekomendasi film Barat tentang perselingkuhan.

1. Body Heat (1981)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanamazon.com

Disutradarai oleh Lawrence Kasdan, Body Heat merupakan film tentang perselingkuhan yang mendapat rating cukup tinggi dari Rotten Tomatoes, sebesar 98 persen. Film dengan genre thriller erotis ini dibintangi oleh William Hurt, Kathleen Turner, dan Richard Crenna.

Mengisahkan tentang hubungan terlarang antara Matty Walker (Kathleen Turner), istri seorang pengusaha kaya di Florida (Richard Crenna) dengan Shyster Ned Racine (William Hurt), seorang pengacara.

Hubungan tersebut membuat Ned menyusun rencana jahat untuk membunuh suami Matty agar semua hartanya bisa dibawa lari olehnya dan Matty. Dalam melancarkan aksinya ini, ia meminta bantuan salah satu klien kriminalnya.

Lewat film ini, baik pemeran utama maupun pemeran pembantu tampil dengan sangat baik sehingga membuat film Body Heat terasa istimewa.

2. The Postman Always Ring Twice (1981)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkandvdizzy.com

Film thriller erotis Amerika tahun 1981 ini merupakan adaptasi keempat dari novel tahun 1934 karya James M. Cain. The Postman Always Ring Twice menceritakan kisah perselingkuhan Nick Smith (Cecil Kellaway) dan Frank Chambers (John Garfield).

Berawal dari Frank yang merupakan seorang tunawisma pergi ke sebuah restoran pedesaan California untuk makan dan akhirnya bekerja di sana. Restoran ini dioperasikan oleh seorang perempuan muda cantik, Cora, dan suaminya yang jauh lebih tua, Nick Papadakis (John Colicos), seorang imigran pekerja keras dari Yunani.

Pertemuan Frank dan Cora membuat mereka akhirnya saling tertarik dan mulai berselingkuh. Cora bosan dengan situasinya, menikah dengan pria yang lebih tua yang tidak dia cintai, dan bekerja di restoran yang ingin ia kuasai. Akhirnya, ia dan Frank pun bersekongkol untuk membunuh Nick demi memulai hidup baru bersama tanpa kehilangan restoran tersebut.

The Postman Always Ring Twice berhasil menggambarkan drama panas tentang obsesi seksual perselingkuhan yang menegangkan.

3. Fatal Attraction (1987)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanvocal.media

Fatal Attraction adalah film thriller tentang perselingkuhan yang pasti akan membuat laki-laki berpikir dua kali untuk berselingkuh. Pasalnya, film ini penuh dengan ketegangan dan sangat tragis. 

Dan (Michael Douglas) diceritakan sedang naik daun di firma hukumnya di New York. Ia kemudian menikah dengan bahagia bersama istrinya, Beth (Anne Archer), dan memiliki seorang putri yang penuh kasih. Namun, meski memiliki pernikahan yang bahagia, pada akhirnya ia terlibat dalam hubungan asmara dengan seorang perempuan bernama Alex (Glenn Close). 

Ketika Dan ingin mengakhiri perselingkuhannya, Alex tidak menyerah begitu saja. Ia mulai menunjukkan perilaku tidak stabil, bahkan mengarah pada obsesif dan berbahaya. Dari sinilah ketegangan semakin terlihat.

4. Indecent Proposal (1993)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkannetflix.com

Indecent Proposal adalah film Barat tentang perselingkuhan tahun 1993 yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Jack Engelhard. Menceritakan hubungan pasangan suami istri, Diana (Demi Moore) dan David (Woody Harrelson) yang saling mencintai dan telah mengalami masa-masa sulit bersama. 

Namun, tiba-tiba semuanya berubah menjadi kacau setelah adanya tawaran satu juta dolar dari orang asing bernama John kepada Diana untuk menghabiskan malam bersamanya. Setelah banyaknya pertimbangan, Diana dan David pun setuju karena mereka benar-benar membutuhkan uang.

Film ini akan menggambarkan bagaimana realitas kehidupan bahwa uang bisa membeli segalanya, termasuk cinta.

5. Caught (1996)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanimdb.com

Film tentang perselingkuhan genre thriller lainnya yang juga cukup erotis dan menegangkan adalah Caught. Film ini dikemas dengan karakter yang sangat solid sehingga mampu memainkan emosi setiap penontonnya.

Mengisahkan tentang kisah pasangan paruh baya pemilik pasar ikan bernama Joe (Edward James Olmos) dan istrinya, Betty (María Conchita Alonso), yang merasa sangat jenuh atas rutinitas yang selama ini mereka jalani. Mereka memiliki putra bernama Danny (Steven Schub) yang pergi ke Los Angeles untuk mencoba menjadi seorang aktor.

Namun, kehidupan mereka mulai berubah sejak datangnya Nick (Arie Verveen) seorang pemuda tunawisma yang membangkitkan gairah mereka. Sayangnya, pada saat Danny kembali ke rumah, ia merasa bahwa dirinya telah digantikan dalam keluarga oleh Nick, dan mencurigai bahwa penyusup ini berselingkuh dengan ibunya.

6. A Perfect Murder (1998)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanmubi.com

A Perfect Murder adalah sebuah film thriller kriminal Amerika tahun 1998 yang merupakan remake dari film Alfred Hitchcock tahun 1954 berjudul “Dial M for Murder”. Film ini mengisahkan tentang Steven Taylor (Michael Douglas), pria yang memiliki segalanya kecuali apa yang paling ia dambakan, yaitu cinta dan kesetiaan istrinya. 

Steven merupakan seorang industrialis jutawan. Sayangnya, sang istri, Emily Bradford Taylor (Gwyneth Paltrow) menikmati perselingkuhannya dengan pelukis David Shaw (Viggo Mortensen). Ia bahkan mempertimbangkan untuk meninggalkan Steven.

Akan tetapi, ternyata perselingkuhan tersebut diketahui oleh Steven. Ia pun berencana untuk balas dendam dan berniat membunuh Emily.

Sebagai film thriller, A Perfect Murder memasukkan unsur kekerasan yang mungkin akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Namun, jalan cerita yang diangkat dalam film ini sangat menakjubkan untuk ditonton, terutama perihal konflik perselingkuhannya.

7. A Walk to the Moon (1999)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanimdb.com

Film asal Amerika tahun 1999 ini merupakan sebuah film drama yang dibintangi oleh Diane Lane, Viggo Mortensen, Liev Schreiber, dan Anna Paquin. 

Menceritakan tentang ibu rumah tangga muda, Pearl Kantrowitz (Diane Lane), yang mengalami puber kedua dan mempertaruhkan hidupnya yang nyaman dengan berselingkuh bersama Walker Jerome (Viggo Mortensen), seorang salesman muda yang menjual pakaian. Hal ini menyebabkan perubahan besar dalam hubungannya dengan suami dan putrinya, Liev Schreiber dan Anna Paquin.

Lewat film ini, Diane Lane mendapatkan nominasi Independent Spirit Award untuk Best Female Lead.

8. What Lies Beneath (2000)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang MendebarkanMoma.org

What Lies Beneath adalah sebuah film horor-thriller supernatural Amerika tahun 2000 yang disutradarai oleh Robert Zemeckis. Film ini menceritakan pasangan dengan pernikahan yang tampaknya sempurna, namun harus mengalami rentetan kejadian dengan hantu aneh dan menakutkan. Kejadian tersebut ternyata mengungkap rahasia tentang masa lalu mereka.

Sang istri, Claire (Michelle Pfeiffer), menemukan informasi bahwa suaminya Norman (Harrison Ford) berselingkuh dengan seorang perempuan yang sudah meninggal dan menghantui rumah mereka. Fakta itu pun yang akhirnya membuat mereka berusaha mengungkap kebenaran dengan mempertaruhkan hidup mereka.

Film Barat tentang perselingkuhan ini dibungkus dengan sensasi tidak biasa, Bela, karena memberikan banyak ketegangan dan suasana yang mencekam. Film ini cocok untuk kamu yang menyukai perpaduan drama dan misteri.

9. Unfaithful (2002)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanamazon.com

Dari sutradara yang sama dengan film Fatal Attraction, muncul film thriller erotis lainnya, yaitu Unfaithful. Film ini menceritakan tentang gairah fisik yang begitu kuat dan berapi-api yang membuat pernikahan bahagia berada dalam bahaya. 

Edward (Richard Gere) dan Connie Summer (Diane Lane) memiliki kehidupan yang sempurna dan pernikahan yang bahagia. Mereka dikaruniai seorang putra berusia delapan tahun, dan sebuah rumah yang indah di pinggiran kota. Akan tetapi, pertemuan kebetulan Connie dengan laki-laki yang lebih muda, Paul (Olivier Martinez) mengubah segalanya. Muncul ketertarikan yang akhirnya berubah menjadi obsesi, dan berakhir dengan perselingkuhan erotis.

Adrian Lyne, sang sutradara memang terkenal dengan film erotisnya yang penuh selera. Film ini akan memicu perdebatan dan diskusi antara pasangan suami istri yang menontonnya.

10. Closer (2004)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkandok.internet

Closer adalah sebuah film drama romantis Amerika tahun 2004 yang ditulis oleh Patrick Marber, berdasarkan drama pemenang penghargaan 1997 dengan nama yang sama. Film ini menceritakan kisah cinta yang jenaka, romantis, dan sangat berbahaya tentang pertemuan kebetulan, ketertarikan instan, dan pengkhianatan.

Diceritakan Alice (Natalie Portman), seorang stripper Amerika yang telah pindah ke London, bertemu dengan Dan (Jude Law) di jalan. Ketika sedang menatap Dan, sebuah taksi menabraknya. Setelah membawanya ke rumah sakit, Dan mulai berkencan dengan Alice. 

Namun, setahun kemudian, Dan pun merasa bosan. Dia mulai menggoda seorang fotografer, Anna (Julia Roberts) dan membuat hubungannya pun menjadi hancur.

11. The Door on the Floor (2004)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkandok.internet

The Door in the Floor adalah sebuah film komedi-drama Amerika Serikat tahun 2004 yang ditulis dan disutradarai oleh Tod Williams. Film ini didasarkan pada novel tahun 1998 yang berjudul “A Widow for One Year” oleh John Irving.

Bercerita tentang Kehidupan Ted (Jeff Bridges) dan Marion Cole (Kim Basinger) yang berantakan ketika dua putra remaja mereka meninggal dalam kecelakaan mobil. Marion menarik diri dari Ted dan Ruth (Elle Fanning), putri pasangan itu. 

Ted yang merupakan seorang penulis terkenal, mempekerjakan seorang siswa bernama Eddie (Jon Foster), sebagai asistennya. Eddie memang terlihat sangat mirip dengan salah satu putra Coles yang sudah meninggal. Namun, sayangnya, Marion malah memulai perselingkuhan dengan Eddie. Sedangkan Ted juga berselingkuh dengan tetangganya Evelyn (Mimi Rogers).

Film perselingkuhan satu ini memiliki alur yang sederhana, tapi tetap mampu membangun emosi setiap penontonnya.

12. Match Point (2005)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkansbs.com

Scarlett Johansson (Nola Rice), Jonathan Rhys Meyers (Chris Wilton), Emily Mortimer (Chloe Hewett Wilton), Matthew Goode (Tom Hewett), Brian Cox (Alec Hewett) dan Penelope Wilton (Eleanor Hewett) membintangi Match Point, sebuah film thriller dramatis dari penulis dan sutradara Woody Allen. 

Bercerita tentang Chris, seorang petenis profesional yang baru saja pensiun dari Irlandia yang menikah dengan Chloe, perempuan dari keluarga kaya. Akan tetapi, reputasi Chris harus terancam karena perselingkuhannya dengan pacar saudara iparnya, Nola Rice.

Match Point adalah film tentang ambisi, rayuan kekayaan, cinta, dan gairah seksual. Film ini mengungkapkan peran besar sebuah keberuntungan dalam berbagai peristiwa, dan menyadarkan kita bahwa ada banyak kehidupan yang berada di bawah kendali kita. Para aktor dan aktris yang mengisi peran pada film ini juga tampil dengan luar biasa, sehingga wajib untuk kamu tonton, Bela.

13. Asylum (2005)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanimdb.com

Disutradarai oleh David Mackenzie tahun 2005, Asylum merupakan sebuah film drama Inggris-Irlandia. Film ini didasarkan pada novel Asylum tahun 1996 karya Patrick McGrath dan diadaptasi untuk layar lebar oleh Patrick Marber dan Chrysanthy Balis. Mengisahkan tentang kehidupan pernikahan seorang perempuan yang hancur karena ulahnya sendiri yang memilih berselingkuh.

Stella (Natasha Richardson) adalah istri Max Raphael (Hugh Bonneville) yang cantik dan terabaikan. Ia adalah seorang psikiater yang bekerja di rumah sakit jiwa terpencil. Dari situ, Stella memulai perselingkuhan panasnya dengan Edgar (Marton Csokas), salah satu pasiennya. 

Akan tetapi, ternyata Edgar sangat berbahaya. Ia memiliki sejarah kelam karena dengan kejam membunuh istrinya dalam kemarahan yang cemburu. Stella pun terjebak dalam hubungan yang penuh kecurigaan, kemarahan, kecemburuan dan manipulatif.

Film Barat tentang perselingkuhan ini disajikan dengan sangat baik dan mampu membangun emosi penonton karena sangat mencekam.

14. Little Children (2006)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkandok.internet

Film drama Amerika Serikat karya sutradara Todd Field ini didasarkan pada novel tahun 2004 dengan judul yang sama. Film ini menggambarkan tentang hubungan Brad Adamson (Patrick Wilson) dan Sarah Pierce (Kate Winslet) yang bertemu karena didasari oleh kesamaan mereka terhadap kehidupan rumah tangga yang menjenuhkan.

Sarah, adalah seorang ibu rumah tangga yang tidak bahagia. Ia berhasil menarik perhatian Brad, yang dikenal sebagai "Raja Prom", yang sudah menikah dengan seorang wanita cantik.

Bagi Sarah, perselingkuhan adalah mewujudkan fantasi, dan bagi Brad, itu berarti perasaan diinginkan. Dikombinasikan dengan subplot tentang pelaku seks, Little Children adalah tampilan kompleks kehidupan pinggiran kota dengan karakter sehari-hari.

15. Notes On A Scandal (2006)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanimdb.com

Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, Notes on a Scandal menjadi salah satu film tentang perselingkuhan yang bisa memberi banyak pelajaran. Berkisah tentang Barbara (Judi Dench) seorang guru sejarah yang sudah memasuki usia pensiun tetapi belum menikah. Ia dikenal dengan kebiasaan buruknya menguntit.

Suatu hari, ia memergoki Sheba (Cate Blanchett) seorang guru yang berselingkuh dengan salah satu siswanya. Namun sayangnya, Barbara yang kesepian justru menggunakan rahasia itu untuk keuntungannya dan memanipulasi Sheba.

Notes on a Scandal adalah kisah tragis karena tidak hanya mempercayai orang yang salah, tetapi juga dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh perselingkuhan terhadap keluarga dan orang-orang yang terlibat. Film ini menerima nominasi oscar untuk peran kedua tokohnya, yaitu Cate Blanchett dan Judi Dench.

16. Vicky Cristina Barcelona (2008)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanimdb.com

Vicky Cristina Barcelona menyajikan kisah cinta yang cukup rumit karena di film ini cinta digambarkan secara abu-abu antara rasa sayang dan keserakahan.

Menceritakan tentang dua sahabat asal Amerika yang berlibur ke Barcelona. Dia adalah Vicky (Rebecca Hall) orang yang cukup konservatif, dan Christina (Scarlett Johansson) orang yang lebih dinamis dan terbuka. 

Dalam perjalanannya mereka bertemu dengan Juan (Javier Bardem), seorang pelukis yang baru saja bercerai. Pertemuan tersebut ternyata membuat Christina langsung tertarik dengan Juan. Vicky yang sudah memiliki tunangan bernama Doug (Chris Messina), awal mulanya tidak tertarik dengan Juan. Namun, lama kelamaan juga menaruh hati padanya. 

Saat Vicky memutuskan menikah dengan Doug, ia menyadari bahwa ternyata dirinya masih mencintai Juan dan akhirnya diam-diam mereka melakukan pertemuan. Hubungan terasa semakin rumit ditambah dengan munculnya mantan istri Juan, María Elena (Penelope Cruz) yang ternyata belum bisa dilupakan oleh Juan.

Rumitnya hubungan para tokoh yang ada dalam film ini dapat diterjemahkan dengan baik oleh para aktris dan aktor pendukung lewat dialog yang terlihat alami.

17. Last Night (2010)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanimdb.com

Film ini mengangkat kisah yang mungkin lazim ditemui oleh pasangan suami istri, yaitu datangnya godaan dari luar. Michael Reed (Sam Worthington), seorang agen real estat komersial dan Joanna Reed (Keira Knightley) seorang penulis adalah sepasang suami istri yang memiliki usia pernikahan belum terlalu lama. 

Suatu hari mereka harus mengalami pertengkaran karena Joanna menuduh Michael berselingkuh dengan rekan kerjanya Laura (Eva Mendez) setelah mereka terlihat begitu akrab dalam sebuah pesta. Namun, saat itu, Michael mengelak. 

Hari berikutnya, Michael pergi dalam perjalanan bisnis ke Philadelphia bersama rekan-rekannya Laura dan Andy. Di sisi lain, Joanna pergi menemui mantan kekasihnya, Alex Mann (Guillaume Canet). 

Kedua pasang suami istri tersebut secara tidak sadar terbawa suasana sampai akhirnya tergoda untuk saling mengkhianati satu sama lain. Di mana, Michael pergi menikmati malam indahnya dengan Laura di kolam renang sambil berhubungan seks sepanjang malam, dan Joanna menghabiskan malam dengan berpelukan di ranjang bersama Alex.

18. And While We Were Here (2012)

18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkanflixlist.co

And While We Were Here adalah sebuah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2012 yang menggambarkan kehidupan Jane (Kate Bosworth) dan suaminya Leonard (Iddo Goldberg) yang berada di ambang kehancuran. Padahal, Jane sendiri sudah berusaha untuk menyelesaikan masalah mereka dengan mengajak Leo berdiskusi, tapi suaminya itu tidak pernah punya waktu.

Masalah itu bermula ketika suatu hari, sepasang suami istri ini sepakat untuk sama-sama pergi ke Napoli. Leo berniat untuk menghadiri pertunjukan musik, sedangkan Jane butuh inspirasi untuk menulis.

Hari pertama mereka di sana, Leo sangat sibuk, sampai-sampai membuat Jane pergi menyusuri pantai sendiri. Lalu, Jane pun bertemu dengan seorang laki-laki bernama Caleb (Jamie Blackley) yang bertanya arah padanya. Namun, tanpa disangka-sangka, pertemuan tidak sengaja itu membuat keduanya saling tertarik hingga menghabiskan waktu yang fun bersama, dan perselingkuhan pun terjadi.

Itulah tadi daftar film Barat tentang perselingkuhan yang menarik untuk kamu tonton. Kalau kamu tertarik menyaksikannya, siapkan dulu emosimu ya, Bela!

Baca Juga: 6 Cara Atasi Rasa Cemas dan Trauma Usai Diselingkuhi

Baca Juga: 9 Film Dewasa Korea Tentang Cinta Terlarang, Diwarnai Adegan Seks!

Baca Juga: 13 Rekomendasi Film Tentang Toxic Relationship