Ratu Balqis, Istri Nabi Sulaiman yang Bertemu Karena Burung Hud-Hud

Merupakan pemimpin dari Negeri Saba' yang megah

Ratu Balqis, Istri Nabi Sulaiman yang Bertemu Karena Burung Hud-Hud

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Nama Ratu Balqis sering muncul dalam kisah Nabi Sulaiman. Pasalnya, Ratu Balqis adalah seorang ratu dari Negeri Saba' yang terkenal dengan kemegahannya. Dia juga merupakan istri Nabi Sulaiman yang pertemuannya bermula dari kabar yang dibawa oleh burung Hud-Hud.

Saat itu, Nabi Sulaiman sedang dalam perjalanan menuju Yaman dan kehausan. Kemudian, dia memerintahkan burung Hud-Hud untuk mencari lokasi air. Setelah beberapa lama, burung Hud-Hud pun kembali dan mengabarkan jika ada sebuah negeri yang dipimpin oleh seorang perempuan.

Lantas, bagaimana awal pertemuan keduanya hingga Ratu Balqis menjadi istri Nabi Sulaiman? Simak rangkuman kisahnya berikut ini.

1. Bermula saat Nabi Sulaiman menuju Yaman

Ratu Balqis, Istri Nabi Sulaiman yang Bertemu Karena Burung Hud-Hud

Kisah Ratu Balqis yang menjadi istri Nabi Sulaiman diperantarai oleh burung Hud-Hud. Kala itu, Nabi Sulaiman sedang dalam perjalanan menuju negeri Yaman. Di tengah perjalanan, Nabi Allah tersebut kekurangan air dan melihat burung Hud-Hud sedang melintas. Nabi Sulaiman yang memiliki mukjizat untuk berbicara dengan hewan akhirnya memanggil burung tersebut untuk meminta bantuan mencarikan air.

Burung Hud-Hud pun pergi untuk menuruti perintah Nabi Sulaiman. Setelah menunggu dengan waktu yang lama, burung tersebut kembali dan meminta maaf karena keterlambatannya. Dia juga berkata jika telah melihat sebuah negeri megah yang bernama Saba'. Ucapan burung Hud-Hud itu pun diabadikan dalam Alquran surah An-Naml ayat 22-24.

"Aku telah mengetahui sesuatu yang belum kau ketahui. Aku datang kepadamu dari Negeri Saba' membawa sebuah berita yang meyakinkan. Sungguh kudapati ada seorang perempuan yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta memiliki singgasana yang besar. Aku (burung Hud-Hud) dapati dia dan kaumnya menyembah matahari, bukan kepada Allah." (QS. An-Naml: 22-24)

2. Nabi Sulaiman mengirim surat pada Ratu Balqis

Mendengar kabar tersebut, Nabi Sulaiman tidak lantas percaya begitu saja. Dia mencoba mencari tahu kebenarannya dengan mengirimkan surat kepada negeri tersebut.

Dengan bantuan burung Hud-Hud, surat tersebut pun sampai kepada pemimpin Negeri Saba', yaitu Ratu Balqis. Itu bukanlah sebuah surat yang berisikan ancaman, melainkan sebuah ajakan untuk datang pada Nabi Sulaiman dalam keadaan yang berserah diri dan beriman kepada Allah.

Ratu Balqis yang baru pertama kali menerima surat seperti itu akhirnya mengajak para pembesar kerajaan untuk berdiskusi. Para pembesar menyerahkan keputusan sepenuh pada sang ratu dan akan mengikuti perintahnya. Namun pada akhirnya, Ratu Balqis menolak ajakan Nabi Sulaiman dan tetap pada keyakinannya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here