7 Contoh Kata-Kata Sungkeman Pernikahan untuk Ayah, Ibu, dan Mertua

Memiliki makna yang dalam

7 Contoh Kata-Kata Sungkeman Pernikahan untuk Ayah, Ibu, dan Mertua

Dalam pernikahan adat Sunda dan Jawa, terdapat prosesi sungkeman antara kedua pengantin dan orangtua mereka. Prosesi ini adalah momen meminta doa restu untuk menjalin sebuah bahtera pernikahan. Oleh karena itu, kata-kata sungkeman pernikahan harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum pernikahan berlangsung.

Pada umumnya, sungkeman dilakukan setelah prosesi akad nikah berlangsung. Hal ini dimaksudkan agar memberi kesempatan pengantin untuk meminta maaf dan memohon izin kepada kedua orangtua untuk membangun keluarga yang baru.

Ucapan permohonan maaf dan izin ini mungkin bisa dilakukan dengan spontan, tetapi saat suasana pernikahan biasanya kata-kata tersebut sulit diucapkan karena dipenuhi oleh suasana yang haru dan sedih. Hal inilah yang membuat kata-kata sungkeman pernikahan harus disiapkan terlebih dahulu.

Berikut beberapa contoh kata-kata sungkeman pernikahan untuk ayah, ibu, dan mertua. Simak informasinya berikut ini, yuk!

1. Ucapan terima kasih kepada orangtua

7 Contoh Kata-Kata Sungkeman Pernikahan untuk Ayah, Ibu, dan Mertua

Contoh kata-kata sungkeman pernikahan yang pertama adalah tentang ucapan terima kasih kepada kedua orangtua.

"Ayah, Ibu, terima kasih atas cinta, dukungan, dan segala hal yang telah diberikan selama ini. Ayah dan ibu telah melakukan semua yang kalian bisa untuk memberi aku masa kecil yang indah dan tak terlupakan. Ayah dan ibu juga selalu mendukung dan membimbingku untuk menggapai cita-citaku.

Dari ayah dan ibu juga aku belajar jika kegagalan hanyalah sebuah kesempatan untuk belajar dan kembali berjuang. Bahwa sikap baik kepada orang lain lebih baik daripada berusaha menjadi orang benar. Bahwa cinta berarti memaafkan dan tidak mementingkan diri sendiri.

Ketika aku mulai tumbuh dewasa, ayah dan ibu menunjukkan kepadaku tentang indahnya pernikahan itu. Akupun berharap bisa mengikuti jejak ayah dan ibu saat memulai babak baru bersama pasangan pilihanku."

2. Ucapan terima kasih karena telah bekerja keras

"Untuk kedua orang tuaku, ayah dan ibu, terima kasih karena telah bekerja keras membesarkan aku selama ini. Terima kasih untuk semua masakan rumah, waktu akhir pekan yang dihabiskan bersama keluarga, dan waktu yang ayah ibu berikan untuk mengajariku mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Seiring bertambahnya usia, ayah dan ibu tidak pernah gagal untuk menyemangatiku, mendengarkanku, serta memberikan aku nasihat yang baik dan berguna untuk masa depanku. Kini, aku telah memilih orang lain untuk menghabiskan sisa hidupku bersamanya. Terima kasih atas kerja keras ayah dan ibu yang telah sabar merawat dan membimbingku. Terima kasih juga atas cinta dan dukungan yang tak pernah henti diberikan kepadaku."

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here