Momen pernikahan merupakan saat yang paling membahagiakan bagi kedua mempelai. Di hari yang sakral tersebut, dua orang yang berbeda karakter disatukan dalam sebuah ikatan yang tak terpisahkan. 

Saat menyaksikan teman atau sahabat menikah, kamu pasti akan merasa sangat terharu. Teman yang biasanya menemani kamu selama ini akhirnya menemukan pasangan yang telah dinantikannya.

Untuk mengungkapkan rasa bahagia dan terharu tersebut, kamu bisa memberikan kado beserta ucapan selamat menikah Islami untuk teman dan sahabat. Ucapan itu akan mewakili doa dan harapan kamu untuk kehidupan sahabat dan pasangannya ke depannya. 

Berikut kumpulan ucapan selamat menikah Islami yang bisa kamu sampaikan kepada teman atau sahabatmu. 

1. Ucapan selamat menikah Islami formal

30 Ucapan Selamat Menikah Islami untuk Teman dan Sahabatpexels.com/graphics point

Ucapan selamat menikah Islami untuk teman dan sahabat yang pertama adalah ucapan formal. Ucapan formal akan cocok diberikan kepada sahabat dan suaminya agar mereka bisa menjalani kehidupan pasca pernikahan dengan bahagia dan mengikuti ajaran agama Islam.

Berikut adalah beberapa ucapan selamat formal yang bisa kamu sontek. 

1. Selamat hari berbahagia. Jadikanlah niat menikah sebagai ibadah untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan perjalanan kalian.

2. Turut berbahagia dengan pernikahan kalian. Semoga pernikahan sebagai tanda awal perjalanan cinta kalian yang sesungguhnya diridhai-Nya.

3. Selamat menjalani pernikahan yang bahagia, Sahabatku. Selamat mengemban amanah baru sebagai (suami/istri). Lakukan semua karena ridha pada-Nya.

4. Selamat menjalani hari-hari pasca pernikahan. Bahagia selalu wahai sahabatku. Semoga Allah SWT selalu menuntunmu beserta (suami/istri) dan anak-anak meraih cinta-Nya.

5. Selamat menempuh hidup baru. Semoga Allah SWT menganugerahkan karunia-Nya, memupuk rasa syukur pada kehidupan pernikahan, dan membukakan seluruh pintu rezeki.

6. Selamat menempuh hidup baru. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu mengisi hari-hari kalian dan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah untuk kalian berdua.

2. Ucapan selamat menikah Islami bahasa Arab

30 Ucapan Selamat Menikah Islami untuk Teman dan Sahabatpexels.com/Trung Nguyen

Memberikan ucapan selamat dalam bahasa Arab bisa sekaligus mengandung doa baik untuk kedua mempelai. Ada berbagai ucapan bahasa Arab yang bisa kamu berikan kepada teman dan sahabat. Dengan ucapan tersebut, harapannya doa baik yang kamu sampaikan bisa terkabul. 

Berikut ini adalah ucapan selamat dalam bahasa Arab dan artinya. 

1. Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Artinya: Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang atau susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

2. Baarakallahu lakum wa baraka alaikum.

Artinya: Semoga Allah memberikan keberkahan bagi kalian dan melimpahkan keberkahan atas kalian.

3. Alfu mabrukin liahla ‘arusaini fil’alami.

Artinya: Selamat untuk pengantin baru paling manis di dunia.

4. Ahlat-tahani wa ajmalul-umniyyati bi munasabati zawajikuma.

Artinya: Selamat dan harapan terbaik atas kesempatan pernikahanmu.

5. Tahanina, tamniyyatuna lakum bidawamis-sa’adati.

Artinya: Selamat, Kami berharap kamu terus bahagia.

6. Alfu mabrukin liajmali ‘arusaini.

Artinya: Selamat untuk pengantin baru yang paling cantik.

3. Ucapan selamat menikah Islami bahasa Inggris

30 Ucapan Selamat Menikah Islami untuk Teman dan Sahabatpexels.com/ Sandro Crepulja

Selanjutnya, ucapan selamat menikah Islami untuk teman dan sahabat bisa kamu sampaikan dalam bahasa Inggris. Ucapan ini tetap mengandung doa Islami.

Berikut beberapa ucapan selamat menikah Islami dalam bahasa Inggris untuk sahabat. 

1. Congratulations on your wedding day. May Allah give you happiness and joy, and the happiness remains until the last day of your life.

Artinya: Selamat hari pernikahan. Semoga Allah memberimu kebahagiaan dan kegembiraan dan kebahagiaan itu tetap ada sampai hari terakhir hidupmu.

2. Wish you a sakeenah, mawaddah, and warahmah family My Dearest Friend.

Artinya: Kuharap keluargamu menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah Sahabatku Tersayang.

3. Today, both of you start this new path in your life. Wish Allah bless you all and give you the best.

Artinya: Hari ini kalian berdua memulai jalan baru dalam hidup kalian. Semoga Allah memberkahi kalian dan memberi kalian yang terbaik.

4. Mubarak on your special day! Always try to feel each other’s hearts and souls. Always support and understand each other. And never let go of this love of your life. May Allah bless you! 

Artinya: Selamat di hari spesialmu! Selalu berusaha untuk merasakan hati dan jiwa satu sama lain. Selalu saling mendukung dan memahami dan jangan pernah melepaskan cinta dalam hidupmu ini. Semoga Allah memberkatimu!

5. Today two souls of yours have turned into one. Masha Allah! Make the bonding tighter. My heartily Mubarak to you on your special day! May your life be filled with light.

Artinya: Hari ini dua jiwamu telah berubah menjadi satu. Masya allah! Membuat ikatan lebih erat. Selamat saya yang tulus untukmu di hari istimewamu! Semoga hidupmu dipenuhi dengan cahaya.

6. Happy wedding! Wishing you an amazing start to a wonderful life together. May Allah show you guys the right path in life.

Artinya: Selamat menikah! Berharap awal yang luar biasa untuk kehidupan yang indah bersama-sama. Semoga Allah menunjukkan jalan yang benar dalam hidup.

4. Ucapan selamat menikah Islami puitis

30 Ucapan Selamat Menikah Islami untuk Teman dan Sahabatunsplash.com/Álvaro Serrano

Kalau kamu ingin memberikan ucapan yang bisa menyentuh hati teman atau sahabat, maka ucapan yang puitis ini bisa kamu pakai. Dengan pemilihan kata yang tepat, ucapan selamat menikah akan membuat haru teman atau sahabatmu yang membacanya. 

Berikut ini adalah contoh ucapan selamat menikah Islami puitis yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Ibadah terindah adalah pernikahan. Duduk berdua adalah ibadah, menghabiskan waktu bersama adalah ibadah, menyuapi makanan juga ibadah. Semoga kebahagiaan dan keberkahan dari Allah SWT senantiasa membersamai kalian. Aamiin.

2. Manusia diciptakan Allah SWT berpasang-pasangan. Itulah takdir dari-Nya. Semoga kalian akan terus bersama hingga akhir hayat. Semoga kalian akan bersama pula di dalam surga-Nya kelak.

3. Pernikahan ini adalah awal kehidupan baru untuk menjemput ridha-Nya. Semoga membawa berkah hingga akhir hayat dan kalian akan selalu memperoleh rahmat-Nya

4.  Selamat menjalani kehidupan pernikahan, Sahabatku. Selamat menempuh jalan yang baru bersama pasangan sehidup semati. Semoga rahmat Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat-Nya. Amin.

5. Selamat menikah, semoga Allah SWT menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan.

6. Allah SWT menciptakan jiwa pada awalnya dan kemudian dia membaginya menjadi dua sehingga Ia bisa bergabung kembali bersama mereka dalam pernikahan! Kalian berdua saling melengkapi!

5. Ucapan selamat menikah Islami singkat

30 Ucapan Selamat Menikah Islami untuk Teman dan Sahabatunsplash.com/Jeremy Wong Weddings

Terakhir, kamu bisa memberikan ucapan selamat menikah Islami untuk teman dan sahabat secara singkat tanpa perlu bertele-tele. Meski singkat, tetapi ungkapan bahagia dan doa yang kamu sampaikan tetap akan tersampaikan kepada temanmu dan pasangannya. 

Berikut ini adalah ucapan selamat menikah Islami singkat tapi bermakna yang bisa kamu sontek. 

1. Saat kalian berdua memasuki babak baru dalam hidup. Semoga Allah SWT memberi kalian berkah yang besar. Selamat menikah.

2. Selamat menempuh hidup baru. Semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah.

 3. Selamat menikah, semoga Allah SWT selalu menguatkan ikatan pernikahan kalian dan diberkahi dengan iman di dalamnya.

4. Selamat atas pernikahan kalian. Allah SWT menciptakan kalian untuk satu sama lain.

5. Selamat menikah, semoga keluarga barumu ini bisa berbahagia dan selalu bersama hingga ke jannah, serta menjalankan syariat Al Quran dan hadis.

6. Selamat atas pernikahanmu, semoga kamu bisa menjadi (imam/istri) yang baik dan mampu menuntun keluargamu menuju surga Allah SWT.

Itulah 30 ucapan selamat menikah Islami untuk teman dan sahabat yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga ucapan tersebut bisa mewakili harapan yang ingin kamu sampaikan kepada sahabatmu ya, Bela!

Baca Juga: 25 Ucapan Selamat Pagi Islami yang Menyejukkan Hati

Baca Juga: 20 Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Suami yang Romantis

Baca Juga: 35 Kata-Kata Bijak Islami Penyejuk Hati Yang Bikin Tenang