Ketika bicara tentang pernikahan di Indonesia, biasanya kita dihadapkan pada dua jenis pernikahan, yaitu resepsi bergaya modern dan resepsi bergaya tradisional. Kalau bicara gaya modern, tentu pernikahan di Indonesia nggak jauh berbeda dengan negara lainnya. Sebaliknya, pernikahan tradisional yang nggak pernah turun peminatnya dari tahun ke tahun justru menjadi daya tarik tersendiri bagi orang luar negeri.

Pernikahan tradisional Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang digelar pada hari Rabu kemarin (8/11) faktanya telah menarik perhatian media luar negeri. Hal ini sudah selayaknya menjadi sesuatu yang membanggakan bagi Indonesia karena pernikahan tradisional menjadi salah satu cara mempertahankan budaya serta memperkenalkan keanekaragaman yang kita punya ke bangsa lain. Inilah deretan artikel media luar negeri yang memuji pernikahan tradisional Indonesia.

1. Pernikahan Kahiyang-Bobby di BBC

Bangga, Pernikahan Tradisional Kahiyang-Bobby Disorot Media Luar Negeri
 

Meski orang yang mengambil foto adalah orang Indonesia, namun kita patut bangga bahwa pernikahan tradisional anak presiden dengan segala persiapan dan pernah-perniknya masuk media asal Inggris ini. Mereka menggambarkan pernikahan ini dengan kata lavish yang berarti mewah. Memang terkesan mewah sih, tapi sebenarnya pernikahan Kahiyang dan Bobby termasuk sederhana untuk ukuran anak presiden. Nggak hanya BBC, pernikahan ini juga dimuat di Business Insider Singapura dan The Straits Times.

2. Pernikahan putri Sultan Hamengku Buwono X di Buzzfeed

Bangga, Pernikahan Tradisional Kahiyang-Bobby Disorot Media Luar Negeri
 

Artikel ini berjudul 27 Beautiful Photos of The Royal Wedding in Indonesia. Melalui 27 foto, penulis berusaha memaparkan setiap detail yang terjadi mulai dari persiapan hingga prosesi pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Hayu dengan KPH Notonegoro pada tahun 2013 di Yogyakarta. Nggak hanya di Buzzfeed, pernikahan mereka juga masuk beberapa media besar seperti Daily Mail, BBC dan Reuters.

3. Pernikahan Indonesia dipuji di The Peninsula Qatar

Bangga, Pernikahan Tradisional Kahiyang-Bobby Disorot Media Luar Negeri
 

The Peninsula Qatar merupakan salah satu situs berita harian di Timur Tengah. Pada pertengahan 2017 ini, mereka menulis artikel di mana duta besar Indonesia untuk Qatar menghadiri sebuah pernikahan Indonesia yang diselenggarakan di Qatar dan dibantu oleh komunitas di sana. Menurut perwakilan dari duta besar Qatar, pernikahan tradisional ini bisa membantu mempromosikan kebudayaan Indonesia di kancah mancanegara, termasuk Qatar.

BACA JUGA: 4 Pesan Penting dari Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution