Tiga hari lalu tepatnya tanggal 6 Mei 2019 waktu Inggris, Meghan Markle melahirkan anak pertamanya. Kebahagiaan nggak bisa mereka sembunyikan, terutama Pangeran Harry yang sangat bersemangat ketika diwawancarai media. Berjenis kelamin laki-laki, anak pertama Meghan dan Pangeran Harry diberi nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Lalu apa arti dari mana tersebut dan fakta unik lain terkait berita membahagiakan ini? Berikut daftarnya.

1. Arti nama

Arti Nama dan 4 Fakta Kelahiran Putra Meghan Markle & Pangeran Harryaccessonline.com

Melansir dari BBC, Archie berarti berani dan nama ini lebih populer di Inggris ketimbang Amerika Serikat, negara asal Meghan. Dalam bahasa Yunani, Archie berarti pemimpin. Harrison adalah nama yang tadinya akan dipakai sebagai nama depan si kecil, yang berarti son of Harry atau putra Harry. Nama ini pun juga dianggap lebih familier bagi orang Amerika. Sedangkan Mountbatten-Windsor adalah nama dari kerajaan Inggris yang disematkan kepada anggota kerajaan berjenis kelamin laki-laki jika ia nggak memiliki nama keluarga.

2. Nggak mendapatkan gelar kerajaan

Arti Nama dan 4 Fakta Kelahiran Putra Meghan Markle & Pangeran HarryInstagram.com/royalsussex

Walau ayah dan ibunya memiliki gelar Duke dan Duchess of Sussex, nyatanya mereka berdua untuk saat ini memutuskan untuk nggak memberikan putra pertamanya gelar kerajaan. Menurut sumber dari kerajaan seperti yang dikutip oleh People, sebenarnya Archie bisa saja meneruskan gelar ayahnya tersebut karena ia merupakan putra sulung.

3. Kesalahan penulisan gelar

Arti Nama dan 4 Fakta Kelahiran Putra Meghan Markle & Pangeran HarryTwitter.com/scobie

Kelahiran dalam kerajaan Inggris merupakan berita besar. Maka nggak heran jika situs resmi kerajaan yaitu www.royal.uk mengunggah foto dan menulis informasi tentang lahirnya Archie ke dunia. Namun nampaknya penulis lupa menyunting gelar Meghan dan Pangeran Harry sehingga tertulis Duke and Duchess of Cambridge (gelar Pangeran William dan Kate Middleton). Netizen menilai kesalahan tersebut manusiawi karena berpikir tim publikasi dari kerajaan sudah bekerja keras selama ini dan kesalahan tersebut bisa saja terjadi.

4. Humas kerajaan dipermasalahkan

Arti Nama dan 4 Fakta Kelahiran Putra Meghan Markle & Pangeran HarryInstagram.com/royalsussex

Sebagai tim humas, mereka perlu mempersiapkan pengumuman untuk disebarkan kepada media dan pihak-pihak terkait tentang kelahiran sang bayi. Sara Latham sebagai kepala humas kerajaan Inggris yang memimpin tim komunikasi Meghan dan Pangeran Harry menyalahkan e-mail dan menyatakan bahwa pengumuman yang timnya kirim lewat e-mail gagal terkirim. Miskomunikasi juga terjadi. Banyak yang mengira Meghan melahirkan sekitar jam makan siang, padahal ia telah melahirkan pukul 5:26 pagi.

5. Bayi multirasial pertama di kerajaan

Arti Nama dan 4 Fakta Kelahiran Putra Meghan Markle & Pangeran HarryInstagram.com/royalsussex

Memiliki ayah berdarah Inggris dan ibu berdarah campuran Amerika-Afrika-Kaukasia membuat Archie menjadi bayi multirasial pertama dalam kerajaan Inggris. Meski Meghan pernah menjadi sasaran komentar dan tindakan berbau rasisme, tapi nyatanya banyak yang menaruh harapan pada Archie nantinya dan semoga Archie bisa membawa perubahan pada dunia.

Selamat untuk Meghan dan Pangeran Harry!

Baca Juga: Wow, Pangeran Harry dan Meghan Markle Tinggalkan Istana Kensington!