Ternyata untuk membuat pernikahan impianmu terwujud, kamu nggak perlu menghabiskan uang yang begitu banyak. Memang ada banyak hal yang harus dipersiapkan dari segi mental hingga materi, namun jangan sampai pernikahanmu malah membawa utang besar selama bertahun-tahun yang akan datang. Nah, dilansir dari bolde.com, berikut 7 cara agar pernikahan impian kamu bisa terwujud tanpa membuat kantongmu jebol. Yuk, simak di bawah ini, Bela! 

1. Fokus pada kenangan, bukan hal materi

7 Rahasia Menggelar Pesta Pernikahan Impian Tanpa Menguras Dompetunsplash.com/shttefan

Ketika kamu mengingat hari pernikahanmu, kamu pasti ingin memiliki kenangan yang indah. Kamu nggak akan peduli dengan omongan orang lain mengenai pernikahanmu. Maka dari itu, melakukan sesuatu dengan caramu sendiri nggak cuma akan menghemat budget, tapi juga akan membuat hari besar kamu lebih unik. Isi hari pernikahan kamu dengan barang yang berarti besar buatmu, meskipun barang tersebut "murah". 

2. Jangan khawatir dengan omongan orang lain

Jika kamu dan pasangan ingin melakukan pernikahan anti-mainstream, kamu bisa memutuskan untuk menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) saja. Kamu mungkin akan membuat beberapa orang kecewa. Namun, orang-orang yang benar-benar menyayangimu nggak akan memikirkan hal itu. Tetap lakukan hal yang membuatmu senang, Bela! 

3. Coba DIY untuk dekorasi pernikahanmu

7 Rahasia Menggelar Pesta Pernikahan Impian Tanpa Menguras Dompetunsplash.com/spiritvisionstudios

Kamu pasti sudah tahu kan tentang do it yourself alias DIY? Nah, kalau biasanya untuk menghias rumah, kenapa nggak kamu coba juga dengan pernikahanmu? Hal itu mungkin akan membuatmu pusing karena kamu nggak kreatif dalam hal seni atau kerajinan. Namun, kamu bisa kok meminta tolong kepada temanmu yang memiliki minat di bidang desain grafis untuk membantu. Kamu bisa memulainya dari membuat undangan pernikahan sendiri mungkin? 

4. Kurangi daftar undangan kamu

Coba pikirin lagi deh Bela, apa kamu perlu mengundang teman-teman SMA yang belum pernah kamu ajak bicara selama 10 tahun terakhir? Apa kamu perlu mengundang orang hanya karena kewajiban, atau karena kamu khawatir bahwa mereka akan marah kalau nggak diundang? Nggak perlu dipikirkan! Hal itu malah menambah biaya katering atau biaya lainnya. Undang orang-orang yang memang berarti banget buat kamu dan pasangan. 

5. Undang secara online

7 Rahasia Menggelar Pesta Pernikahan Impian Tanpa Menguras Dompetunsplash.com/Aegean Wedding Photography

Sekarang semua hal dapat dilakukan lewat online, termasuk undangan pernikahan. Memang sih rasanya istimewa dan mewah banget kalau mengundang orang lewat kartu undangan, namun hal tersebut hanya akan menambah biaya pernikahanmu, Bela. Coba dengan sesuatu yang unik, seperti lewat Instagram atau lewat e-mail mungkin? Bukankah akan terlihat lebih unik dan menarik? 

6. Ganti dekorasi bunga

Dekorasi bunga memang membuat tempat pernikahan mana pun menjadi jauh lebih cantik, namun coba batasi jumlahnya karena harganya cukup menguras kantong. Kamu bisa memilih beberapa karangan bunga, kemudian tambahkan dengan barang dekorasi lainnya seperti dedaunan, lilin maupun bulu-bulu. 

7. Pentingkan dirimu sendiri

7 Rahasia Menggelar Pesta Pernikahan Impian Tanpa Menguras Dompetunsplash.com/seteales

Salah satu kesalahan yang sering orang lain lakukan adalah membuat pernikahan dengan fokus pada apa yang orang lain inginkan. Um, ini harimu. Satu-satunya orang yang harus memilih bagaimana hari besar itu dilaksanakan adalah kamu dan pasanganmu. Jadi kalau kamu dan pasangan memang nggak mau di tempat yang mewah, atau gaun pengantin yang mahal, katakan saja nggak. Jauh lebih penting untuk menikmati hari besar kamu, dibanding memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang itu. 

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghemat budget pesta pernikahanmu. Semoga kamu bisa menggelar resepsi impian kamu ya, Bela!

Baca Juga: 9 Biaya Pernikahan yang Harus Disiapkan, Berapa Estimasinya?