Ketika pernikahan sudah dalam hitungan bulan, maka persiapan pun terus dilakukan sehingga nggak ada satu hal pun yang terlewat untuk momen indah penuh cinta yang kamu dan pasangan impikan. Kebutuhan akan vendor foto pernikahan pun harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar persiapan dalam hal fotografi menjadi lebih optimal dan mampu memberikan tangkapan momen yang indah. Sayangnya, menemukan juru foto yang tepat bukan hal mudah. Simak 7 tips berikut ini agar dapat memilih fotografer yang sesuai dengan keiinginan kamu.

7 Tips Memilih Vendor Foto Pernikahan yang Sesuai Impian

Jika kamu belum mengetahui vendor mana yang sebaiknya kamu pilih, maka sebaiknya kamu melakukan pencarian bersama pasangan kamu lewat internet, teman dekat, atau bagian iklan tentang vendor foto yang bisa diminta jasanya untuk mengabadikan pernikahan kamu.

Pastikan juga bahwa vendor foto pernikahan yang kamu pilih adalah vendor foto berpengalaman dan memiliki dinamika perubahan peralatan dan properti yang baik karena kamu tentu nggak mau peralatan fotografi yang digunakan merupakan peralatan usang sehingga tidak maksimal dalam kualitas foto.

7 Tips Memilih Vendor Foto Pernikahan yang Sesuai Impian

Jangan lupa untuk  mendiskusikan perihal budget yang kamu punya dengan vendor foto pernikahan sehingga mereka pun dapat menawarkan beberapa penawaran atau paket yang sesuai dengan budget. Mintalah diskon dan potongan harga untuk pernikahan kamu dengan berbagai alasan seperti mengatakan akan ada teman-teman kamu juga yang akan memesan dan memilih vendor tersebut untuk pernikahannya dan lain-lain. Budget memang sangat penting dan menjadi faktor seperti apa foto yang dihasilkan nanti.

7 Tips Memilih Vendor Foto Pernikahan yang Sesuai Impian

Pastikan kamu memahami apa yang kamu dapatkan di paket foto yang kamu pilih. Hal yang perlu diperhatikan termasuk berapa lama fotografer akan bekerja (mulai dari pre-wedding sampai hari H), berapa album yang kamu dapatkan, berapa banyak foto studio yang kamu dapatkan, apakah kamu bisa mengajak keluarga dan teman untuk foto studio, serta apa saja yang kamu dapatkan selain album (misalnya foto kanvas atau CD kompilasi foto).

7 Tips Memilih Vendor Foto Pernikahan yang Sesuai Impian

Pada kenyataannya, salah satu vendor yang paling sering berhubungan baik secara verbal ataupun teks ialah vendor foto pernikahan. Untuk itu kamu dan pasangan juga harus memiliki insting yang kuat apakah vendor foto pernikahan tersebut dapat diajak berkomunikasi dengan baik atau sekadar menjalankan profesinya. Hal ini menjadi penting karena vendor foto pernikahan perlu mengarahkan dan bermain mood dengan calon pengantin untuk mendapatkan ekspresi foto yang maksimal.

7 Tips Memilih Vendor Foto Pernikahan yang Sesuai Impian

Jika kamu mengerti tentang dunia fotografi, nggak ada salahnya menanyakan detail-detail teknis seperti apa alat yang digunakan. Jika kamu awam dengan hal-hal tersebut, amati saja dengan detail portofolionya, apakah hasil fotonya cukup tajam, warna yang dihasilkan cukup baik, dan pencahayaannya bisa membuat gambar yang diambil lebih bagus.

7 Tips Memilih Vendor Foto Pernikahan yang Sesuai Impian

Sangat disarankan ada kontrak tertulis yang memuat kesepakatan antara kamu dan sang fotografer. Baca dulu baik–baik kontrak yang ada, bandingkan dengan kontrak perusahaan lain sebelum kamu menandatangani kontrak tersebut jika memungkinkan. Pastikan semua keinginan kamu tertulis di kontrak untuk menghindari perselisihan di kemudian hari.

7 Tips Memilih Vendor Foto Pernikahan yang Sesuai Impian

Biasanya fotografer menawarkan satu paket dengan dokumentasi video. Lihat juga hasil karya videonya selama ini. Bicarakan juga video apa yang kamu harapkan untuk mengetahui apakah si vendor sanggup melakukannya. Jika kamu memilih vendor yang sama dengan foto, usahakan untuk meminta harga spesial untuk pemesanan paket foto dan video. Jika kamu harus memilih vendor lain, tentukan bersama pasangan, mana yang lebih penting. Foto atau video. Di vendor yang mana kamu bersedia untuk menghabiskan porsi budget yang lebih.

Gimana, sudah ada ide ingin menggunakan vendor foto yang mana?

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Fotografer Pilihan Artis Indonesia Saat Pre-Wedding​