Ternyata gagalnya sebuah pernikahan tidak selalu salah suami, lho. Wanita sebagai istri juga bisa melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak mereka sadari. Menjalani pernikahan hingga awet sampai akhir hayat bukanlah sesuatu yang mudah. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Berikut Popbela telah merangkum beberapa hal yang harus dihindari wanita jika ingin pernikahannya langgeng.

1. Terlalu banyak mengalah

Tanpa Disadari, Ini 7 Kesalahan Istri dalam Pernikahansiteoffline.com

"Beberapa istri bisa dengan mudahnya menyerah pada keinginan mereka," ujar Susan Heitler, PhD, psikolog dan penggagas www.poweroftwo.org, sebuah situs penasihat pernikahan. Heitler mengatakan bahwa para wanita pun terkadang hanya menjadi aksesori untuk suami mereka. Padahal seharusnya istri itu menjadi pasangan yang seimbang. Beberapa wanita terkadang merasa semuanya untuk suami ketimbang memikirkan diri sendiri. Para wanita yang mudah mengalah ini terlalu takut untuk mengungkapkan keinginannya. Mereka juga khawatir akan timbul pertengkaran sehingga lebih memilih diam saja.

2. Menjadikan ibu mertua musuh

Tanpa Disadari, Ini 7 Kesalahan Istri dalam Pernikahanjanefonda.com

Sungguh disayangkan apabila ada wanita yang ingin menyaingi ibu mertuanya sendiri dan menjadikannya seorang musuh. Ketahuilah, seorang menantu tidak akan pernah menang dengan ibu mertuanya yang kaya pengalaman akan kehidupan rumah tangga. Siapa tahu, ibu mertua sangat dibutuhkan untuk meminta nasihat perawatan bayi atau untuk menjaga anak saat bekerja.

3. Meremehkan efek intonasi suara

Tanpa Disadari, Ini 7 Kesalahan Istri dalam Pernikahanmtvindia.com

Intonasi suara bisa menjadi masalah saat kamu bicara dengan pasangan, apalagi jika yang dibicarakan adalah hal negatif. Heitler pun mengatakan, jika memang ada suatu permasalahan yang ingin dibicarakan, katakan dengan intonasi suara yang normal ketimbang marah-marah. Cobalah untuk mendiskusikan permasalahan tersebut dengan bicara baik-baik. Jangan langsung memulai pembicaraan dengan intonasi suara yang tinggi. Meskipun kamu tidak bermaksud emosi atau marah, pasangan tetap bisa merasa dirinya tengah disalahkan.

4. Kurang 'piknik'

Tanpa Disadari, Ini 7 Kesalahan Istri dalam Pernikahantapuz.co.il

Kapan kamu terakhir pergi piknik berdua suami layaknya sepasang kekasih yang sedang kasmaran? Jika jawabannya sudah lama sekali mungkin sekarang kamu butuh liburan berdua. 'Piknik' di sini tidak selalu pergi liburan jauh tapi bisa hanya menghabiskan waktu untuk tertawa bersama dengan jalan-jalan ke mal atau menginap di hotel.

5. Tidak pernah bertengkar

Tanpa Disadari, Ini 7 Kesalahan Istri dalam Pernikahanaceshowbiz.com

Ada pepatah mengatakan bertengkar bagian dari bumbu yang memperkuat hubungan asmara. Pernikahan yang hampir tidak pernah diselimuti pertengkaran juga bisa menyebabkan kehancuran. Pernikahan akan terasa hambar tanpa pertengkaran karena debat satu sama lain menjadi tanda komunikasi kamu serta pasangan. Pertengkaran dalam pernikahan juga bisa berarti peduli satu sama lain.

6. Lupa untuk memuji pasangan

Tanpa Disadari, Ini 7 Kesalahan Istri dalam Pernikahanokchicas.com

Beberapa wanita kadang terlalu fokus pada anak, urusan rumah dan pekerjaan mereka. Hal itu pun membuat wanita lupa untuk melakukan hal-hal mudah yang bisa memperkuat pernikahan, seperti memuji suami. "Caranya bisa beragam  dengan senyum, kontak mata, sentuhan, pelukan atau ucapan singkat seperti 'pendapat kamu bagus'," jelas Heitler. Tindakan-tindakan ringan itu bisa mengingatkan pasangan kalau kalian saling mencintai.

7. Lebih percaya teman daripada suami

Tanpa Disadari, Ini 7 Kesalahan Istri dalam Pernikahanfanpop.com

Banyak wanita maupun pria yang lebih percaya teman daripada pasangannya sendiri. Bahkan mereka juga lebih mendengarkan saran teman daripada pasangan. Tidak hanya itu, banyak pula yang merahasiakan sesuatu dari pasangannya tapi sahabat tahu. Jika ini dibiarkan maka bisa menjadi boomerang ke depannya. Untuk itu, coba selalu bersikap terbuka dan berterus-terang tentang semua hal kepada suami karena dia lah orang terbaik yang harus kamu percaya.

BACA JUGA: 7 Tipe Pasangan Suami Istri, Kamu dan Pasangan Termasuk yang Mana, Nih?