Menghadiri pesta pernikahan memang menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Beda negara, beda pula adat istiadatnya. Pesta pernikahan di Indonesia tentu punya ciri khas tersendiri yang berbeda dari negara lainnya. Bagi orang asing, menghadiri pernikahan di Indonesia membawa kesan tersendiri.

Lalu, bagaimana menurut pandangan orang asing tentang pernikahan di Indonesia dan apa yang membuatnya begitu unik? Ini dia daftarnya.

5 Pengalaman Unik dalam Pernikahan Indonesia di Mata Orang Asing

Sebagai tamu, kamu memiliki pilihan untuk nggak menghadiri upacara pernikahan dan langsung menuju ke pesta resepsi saja. Tapi kalau kamu bisa menghadiri keduanya, itu lebih baik. Partisipasi kamu akan dihargai jika kamu bersedia menghabiskan waktu cukup lama di sana, terutama jika kamu memiliki hubungan dekat dengan pengantin.

5 Pengalaman Unik dalam Pernikahan Indonesia di Mata Orang Asing

Kebanyakan tamu yang akan dijumpai mengenakan batik atau kebaya. Tapi sebenarnya nggak ada aturan yang memaksa kamu harus menggunakan batik ataupun kebaya seperti tamu-tamu lainnya. Apa pun yang kamu kenakan, kamu harus memprioritaskan kenyamanan. Sebab di pesta pernikahan pasti kamu akan makan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

5 Pengalaman Unik dalam Pernikahan Indonesia di Mata Orang Asing

Jumlah tamu, keterbatasan waktu, dan luasnya tempat nggak memungkinkan pengantin untuk bisa menyapa seluruh tamu yang hadir, berbeda dengan budaya pernikahan di luar negeri. Oleh karena itu, sebagai tamu kamu wajib meluangkan waktu untuk menghampiri pengantin di pelaminan dan secara pribadi memberi selamat kepada mereka.

5 Pengalaman Unik dalam Pernikahan Indonesia di Mata Orang Asing

Di Indonesia, hadiah sangat penting. Namun, kamu nggak perlu memutar otak untuk memikirkan sesuatu yang kreatif untuk diberikan. Dalam budaya pernikahan Indonesia, kamu cukup memberikan amplop berisi uang. Di meja penerima tamu pasti sudah ada kotak yang dihias dengan indah di mana kamu bisa menyelipkan amplop langsung ke dalam.

5 Pengalaman Unik dalam Pernikahan Indonesia di Mata Orang Asing

Resepsi pernikahan di Indonesia nggak memerlukan pengaturan tempat duduk karena mereka lebih suka membiarkan para tamu berdiri. Jangan mengeluh karena harus berdiri terlalu lama dan nggak berkeliling mencari meja atau kursi karena itu hanya akan membuat kamu terlihat nggak sopan dan kasar. Biasanya tempat duduk hanya disediakan untuk keluarga ataupun kerabat yang sudah memasuki usia lansia.

Itulah 5 hal yang membuat pernikahan di Indonesia terlihat unik di mata orang asing. Hmm, kalau memilih makan terlebih dahulu sebelum bersalaman, unik juga nggak, ya?

BACA JUGA: Jangan Kaget, Ini 5 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia​