Liburan bersama atau memberinya kejutan berupa hadiah yang dia impikan mungkin bisa juga memperkuat pernikahan kalian. Tapi ternyata kebiasaan sehari-hari yang bisa kita lakukan bahkan 'tanpa usaha' ternyata memiliki dampak yang sama besarnya dalam ikatan pernikahan, lho!

1. Pelukan dan ciuman sebelum 'berpisah'

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Memperkuat Pernikahanhealthmad.com

Saat dia akan berangkat kerja di pagi hari atau kamu akan pergi ke luar rumah, berikanlah pelukan dan ciuman. Meski perpisahannya mungkin hanya sebentar, ritual peluk dan cium ini akan memberikan makna yang dalam setelah menjadi kebiasaan.

2. Sambutan saat kembali ke rumah

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Memperkuat PernikahanPexels.com/Andrea Piacquadio

Siapa pun yang baru saja bepergian dan kembali ke rumah harus diberi sambutan hangat. Entah itu pelukan, masakan, atau teriakan kegirangan. Mereka akan menemukan 'rumah' saat disambut dengan riang gembira.

3. Bercerita tentang aktivitas seharian

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Memperkuat Pernikahanfreepik.com/ freepik

Penting untuk mengetahui apa yang terjadi pada kehidupan masing-masing selama seharian ini. Jika kita bisa membuatnya menjadi percakapan selama beberapa menit atau bahkan berjam-jam, keintiman akan tercipta.

4. Tidur pada saat yang sama

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Memperkuat PernikahanFreepik.com

Jauh lebih mudah untuk intim secara fisik jika kita berada di tempat yang sama pada saat yang sama. Bahkan kalaupun salah satu di antara kalian belum mengantuk, tetap bisa menggunakan waktu ini sebagai waktu tenang bersama-sama. 

5. Saling mengecek keadaan

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Memperkuat Pernikahanunsplash.com/AnnieSpratt

Saat dia sedang sangat sibuk dengan pekerjaannya kamu bisa menawarkan minuman kesukaan yang akan membuat dia sedikit lebih tenang. Di lain waktu, saat kamu sedang pergi arisan, dia bisa berkirim pesan untuk menawarkan jemputan, atau sesederhana bertanya, "Lagi ngapain sayang?", sudah sangat bermakna.

6. Mengucapkan "I Love You"

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Memperkuat Pernikahanfreepik.com/ ArthurHidden

Tiga kata ini tidak akan pernah kedaluarsa sampai berapa pun usia pernikahan kalian. Jadi sering-sering mengucapkannya juga tidak masalah. Selain sebagai ungkapan cinta, "I Love You" juga bisa menjadi wujud kepedulian.

Baca Juga: Bagaimana Agar Pernikahan Bisa Bertahan Saat Dia Kehilangan Pekerjaan?

Baca Juga: 3 Janji yang Seharusnya Ada dalam Setiap Pernikahan

Baca Juga: 4 Tanda Kamu Kesepian, Meski Sudah dalam Ikatan Pernikahan