Menjalin hubungan baik dengan saudara ipar menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan usai menikah. Terlebih lagi terhadap saudara ipar perempuan yang umumnya sedikit lebih sensitif. Selain untuk menghindari konflik dan drama, hal ini juga akan membantu kamu untuk lebih nyaman berada di keluarga pasangan.

Lantas, bagaimanakah cara membangun kedekatan dengan saudara ipar perempuan? Agar kamu tidak salah langkah dan malah mendatangkan masalah, yuk simak beberapa tips dari Popbela berikut ini!

1. Pahami bahwa perbedaan antara kamu dan saudara ipar adalah wajar

7 Cara Membangun Kedekatan dengan Saudara Ipar Perempuan, No Drama!Pexels.com/Immortal Snapshots

Saat mencoba membangun kedekatan dengan saudara ipar perempuan, kamu akan menyadari bahwa ada begitu banyak perbedaan di antara kalian. Bila demikian, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami bahwa perbedaan tersebut adalah wajar.

Bagaimanapun juga, kamu dan saudara ipar adalah dua orang yang berbeda, dengan latar belakang berbeda, tentu ada banyak perbedaan pula. Setelah memahaminya, maka kamu jadi bisa melihat segala hal yang disukainya, hingga berhasil merebut hatinya untuk berhubungan baik denganmu.

2. Bicarakan setiap perselisihan dengan baik, tanpa campur tangan orang lain

7 Cara Membangun Kedekatan dengan Saudara Ipar Perempuan, No Drama!freepik.com/tirachardz

Selanjutnya, komunikasi juga menjadi faktor penting saat kamu ingin memiliki hubungan yang harmonis dengan saudara ipar perempuan. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu berusaha membicarakan setiap masalah atau perselisihan dengan baik. Carilah waktu, tempat, dan situasi yang tepat, serta hindari campur tangan dari orang lain saat sedang menyelesaikan masalah tersebut.

3. Tanamkan kepercayaan dan kenyamanan dalam dirinya untuk kamu

7 Cara Membangun Kedekatan dengan Saudara Ipar Perempuan, No Drama!stylecaster.com

Terlepas dari segala perbedaan yang ada, kamu dan saudara ipar perempuan juga pasti memiliki beberapa persamaan. Sebab, walau bagaimanapun kalian adalah sesama perempuan. Hal ini bisa menjadi sebuah keuntungan untuk kamu, karena kalian bisa dengan mudah membangun rasa nyaman dan rasa percaya dari dirinya untukmu.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah memberikan hadiah, mengajaknya melakukan kegiatan seru, hingga mencoba untuk menyukai segala sesuatu yang disukainya.

4. Usahakan untuk membaca situasi dan perilaku yang ditunjukkannya

7 Cara Membangun Kedekatan dengan Saudara Ipar Perempuan, No Drama!freepik.com/shurkin_son

Dalam upaya membangun kedekatan dengan saudara ipar perempuan, kamu juga harus bisa membaca situasi dan memahami suasana hatinya, lho, Bela! Bila perilaku baikmu justru dibalas dengan tindakan tidak menyenangkan darinya, maka lebih baik kamu mulai sedikit menjaga jarak agar situasi tidak bertambah rumit. Hal ini dilakukan untuk menghindari konflik yang mungkin muncul karena masalah-masalah sepele.

5. Luangkan waktu untuk menikmati quality time bersama saudara ipar

7 Cara Membangun Kedekatan dengan Saudara Ipar Perempuan, No Drama!freepik.com/halayalex

Selanjutnya, cobalah untuk meluangkan waktu untuk pergi bersama saudara ipar dan menikmati perjalanan, alias quality time. Habiskan waktu dengan melakukan hal yang disukai seperti berbelanja, ke salon atau berolahraga. Melalui cara ini, kamu bisa sedikit demi sedikit mendapatkan perhatian darinya, hingga nantinya kalian justru bisa menjadi teman baik yang saling membantu.

6. Pahami pola pikir dan cara pandang yang dimiliki olehnya

7 Cara Membangun Kedekatan dengan Saudara Ipar Perempuan, No Drama!unsplash.com/Trung Thanh

Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah mengerti dirinya sepenuhnya, mulai dari pola pikir hingga cara pandangnya terhadap berbagai hal. Dengan memahami hal-hal ini, kamu bisa menghindari konflik, serta mengatasi masalah dengan baik karena sudah mengerti dan memahami segala hal tentang saudara iparmu.  Selain itu, cobalah melontarkan pujian untuk saudara ipar setiap kali ia berhasil mencapai sesuatu.

7. Selalu tunjukkan sikap bahwa kamu menghormati dan menghargainya

7 Cara Membangun Kedekatan dengan Saudara Ipar Perempuan, No Drama!Pexels.com/Mentatdgt

Terakhir, sikap yang harus kamu terapkan adalah menghormati dan menghargainya sebagai saudara ipar. Terlepas dari masalah usia, sudah selayaknya kamu menganggap ia sebagai saudaramu sendiri. Cobalah untuk selalu menyenangkannya dan hindari membuatnya sedih. Bila kamu menerapkan ini, tentunya perlahan-lahan ia akan melakukan hal yang sama terhadapmu.

Bela, demikianlah beberapa cara membangun kedekatan dengan saudara ipar perempuan yang wajib kamu terapkan. Selain untuk menciptakan hubungan harmonis, langkah-langkah ini juga berguna untuk kehidupan rumah tangga kamu nantinya.

Baca Juga: 4 Tanda Saudara Ipar Toxic, Bikin Tak Nyaman!

Baca Juga: 7 Adab Menantu Terhadap Mertua menurut Agama Islam

Baca Juga: 8 Artis Ini Dikenal Paling Kompak dengan Saudara Perempuannya