Selama ini kamu mungkin sudah terbiasa untuk mencium tangan orangtua. Setelah menikah dan memiliki mertua, rutinitas tersebut jadi bertambah sehingga kamu sekarang juga rajin mencium tangan mertua.

Namun, tahukah kamu kalau ada doa yang sebaiknya dibaca ketika mencium tangan orangtua dan mertua? Selain itu, mencium tangan orangtua juga ternyata memiliki manfaat, bahkan pahala jika melakukannya.

Nah, supaya kamu nggak penasaran dengan doa ketika mencium tangan orang tua dan mertua, serta manfaat dan pahalanya, berikut Popbela akan menjelaskan lebih detail khusus untuk Bela.

1. Doa ketika mencium tangan orangtua atau mertua

Doa Ketika Mencium Tangan Orangtua dan Mertua Serta ManfaatnyaPexels.com/katemangostar

Selain doa yang dipanjatkan untuk orangtua dan mertua setelah selesai salat atau mengaji, kamu juga bisa membaca doa ketika berjabat tangan atau mencium tangan mereka. Doa ini bertujuan untuk mendoakan kebaikan kedua orangtua dan mertua serta mendoakan mereka agar terhindar dari siksa neraka.

Doa yang bisa kamu ucapkan atau baca dalam hati saat mencium tangan adalah:

Allohummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiroo. Allohumma robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanatan wa fil aakhiroti hasanatan wa qinaa ‘azaaban naar

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orangtuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka berdua merawatku ketika aku masih kecil. Ya Allah, berilah kami di dunia kebaikan, dan di akhirat kebaikan, serta lindungilah kami dari siksa neraka.”

2. Doa untuk orangtua dan mertua, baik yang masih hidup atau sudah meninggal

Doa Ketika Mencium Tangan Orangtua dan Mertua Serta Manfaatnyadok.internet

Sebagai seorang anak, kamu juga harus berbuat baik dan berbakti kepada orangtua. Dalam Islam, kamu juga diperintahkan menjadi anak yang saleh dan senantiasa mendoakan mereka.

Begitu menikah, mertua juga harus diperlakukan seperti orangtua sehingga kamu harus memperlakukannya dengan setara.

Berikut ini adalah doa yang bisa dipanjatkan untuk orangtua atau mertua yang masih hidup, maupun yang sudah meninggal:

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira

Artinya:

"Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orangtuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Dianjurkan untuk sering membaca doa ini sebagai tanda bakti kepada orangtua dan mertua. Dalam firman Allah surat Al-Isra ayat 23 juga disebutkan untuk berbakti kepada kedua orang tua:

Wa qada rabbuka alla ta'budu illa iyyahu wa bil-walidaini ihsana, imma yabluganna 'indakal-kibara ahaduhuma au kilahuma fa la taqul lahuma uffiw wa la tan-har-huma wa qul lahuma qaulang karima

Artinya:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

Manfaat mencium tangan orangtua dan mertua

Tidak hanya menjadi kesempatan untuk memanjatkan doa untuk orang tua dan mertua, mencium tangan nyatanya juga bisa memberikan manfaat yang sangat besar. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Menumbuhkan rasa hormat

Doa Ketika Mencium Tangan Orangtua dan Mertua Serta Manfaatnyapexels.com

Terbiasa mencium tangan orangtua sejak kecil akan menumbuhkan rasa hormat kepada mereka. Kepada mertua, kebiasaan sederhana yang sangat baik ini juga bisa membuat Bela menjadi semakin hormat kepada mereka. 

Dengan begitu, kamu jadi bersikap lebih menghormati orangtua dan mertua, misalnya dengan tidak berteriak atau berbicara dengan bahasa tidak sopan kepada mereka.

2. Menambah kedekatan

Doa Ketika Mencium Tangan Orangtua dan Mertua Serta ManfaatnyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Mencium tangan adalah salah satu kontak fisik, selain memeluk, yang akan menambah kedekatan antara orangtua dan anak atau mertua dan menantu.

Jika kamu terbiasa untuk mencium tangan orangtua dan mertua, kamu akan merasa lebih dekat dengan mereka. Jika kamu nggak pernah melakukannya, akan muncul jarak yang membuatmu jadi segan untuk dekat atau bahkan menyayangi mereka.

Pahala berjabat tangan atau bersalaman dengan orang

Doa Ketika Mencium Tangan Orangtua dan Mertua Serta ManfaatnyaPexels.com/Oleg Magni

Jangankan mencium tangan, berjabat tangan atau bersalaman saja ternyata sudah dapat memberikan pahala bagi yang melakukannya.

Dikisahkan Nabi SAW pernah bersabda:

“Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah.” (HR. Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Hadis ini memberi pengertian bahwa berjabat tangan atau bersalaman akan menggugurkan dosa orang-orang yang melakukannya. Tapi, hal itu berlaku jika masing-masing berniat untuk memperbaiki hubungan dan bukan karena terpaksa, di bawah tekanan pihak tertentu, atau karena berpura-pura.

Selain itu, berjabat tangan atau bersalaman secara psikologis juga bisa menghilangkan dendam di antara orang-orang yang bertikai.

Nabi SAW besabda:

“Saling bersalamanlah (berjabat tanganlah) kalian, maka akan hilanglah kedengkian (dendam). (Hadits yang ditulis Imam Malik)

Jadi, saat bersalaman atau bahkan mencium tangan orangtua dan mertua, hal itu akan mengugurkan dosa-dosa dan juga menghilangkan dendam antara Bela dan orang-orang yang wajib dihormati tersebut.

Doa ketika berjabat tangan atau bersalaman dengan orang lain

Doa Ketika Mencium Tangan Orangtua dan Mertua Serta Manfaatnyafreepik.com/ freepik

Selain kepada orangtua dan mertua, saat berjabat tangan atau bersalaman dengan orang lain, kamu juga bisa sambil membaca doa agar diberikan kebaikan dan ampunan. Berikut doanya:

Allohumma robbana atina fiddunya hasanatan wa fil akhiroti hasanatan wa qina ‘azaban nar

Artinya:

“Ya Allah, berilah kami di dunia kebaikan, dan di akhirat kebaikan, serta lindungilah kami dari siksa neraka.”

Jadi, jangan pernah menganggap sepele jabatan tangan, bersalaman, atau mencium tangan ya, Bela. Jangan lupa juga untuk membaca doa ketika mencium tangan orangtua dan mertua, agar kamu bisa terus mendoakan yang terbaik untuk mereka dan kamu mendapatkan manfaat saat melakukannya.

Baca Juga: 9 Kumpulan Doa agar Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Suami yang Menyakiti Hati Istri

Baca Juga: 9 Cara dan Doa agar Disayang Suami, Jadi Makin Lengket!