Siapa yang menonton drama Korea Selatan "The World Of The Married"? Setelah mengikuti beberapa episode pertama ini, banyak dari penonton yang benar-benar emosi, terutama dengan perempuan yang selingkuhan alias 'Pelakor' dalam rumah tangga pemeran utama, ya? Apa kamu mengikuti drama ini juga, Bela?

Berkaca dari cerita drama Korea Selatan dengan rating tinggi ini, betapa berbahayanya perselingkuhan dalam kehidupan pernikahan. Salah satu cara untuk menghindari perselingkuhan dalam hubungan adalah dengan menguatkan kesetiaan satu sama lain. 

Ketidaksetiaan adalah awal dari munculnya kehadiran orang ketiga yang mengundang perselingkuhan. Bagaimana caranya? Melansir dari Your Tango, ini cara menjaga kesetiaan dalam pernikahan.

1. Lakukan sesuatu yang seru bersama

Hindari Perselingkuhan! 7 Tips Jaga Kesetiaan dalam PernikahanPexels.com/Gustavo Fring

Kebanyakan hubungan terlarang terjadi karena kehidupan pernikahan terasa membosankan seiring berjalannya waktu. Mungkin kamu dan pasangan sudah jarang berkencan seperti dulu saat berpacaran, mungkin kalian berdua terlalu sibuk dengan rutinitas masing-masing, dan berbagai alasan lainnya. 

Karena itu, lawan kebosanan dalam hubungan ini dengan melakukan kegiatan yang seru bersama pasangan. Misalnya, berkemah bersama, tamasya keliling kota, mengunjungi destinasi penuh dengan kegiatan outdoor, dan sebagainya.

2. Mencoba kegiatan baru yang belum pernah kalian lakukan

Hindari Perselingkuhan! 7 Tips Jaga Kesetiaan dalam PernikahanPexels.com/Gustavo Fring

Kegiatan baru dapat membawa pengalaman baru dalam hubungan, yang dapat berdampak baik untuk mencegah perselingkuhan di antara kalian. Nggak perlu melakukan hal baru yang terasa ekstrem, mulai dari mencoba kegiatan yang pasangan sukai dan nggak pernah kamu lakukan sebelumnya. Misalnya pasangan selalu mengajakmu untuk naik gunung bersama. Jika biasanya menolak, ini jadi saat yang tepat untuk mengiyakan ajakannya tersebut.

Kegiatan baru ini juga berlaku dalam aspek seks. Coba sesuatu yang baru bersama pasangan ketika bercinta. Lagi-lagi, nggak perlu memaksakan diri untuk mencoba hal yang terasa ekstrem untukmu. Kamu dan pasangan dapat mencoba posisi baru atau menjelajahi minat seksual yang belum pernah terwujud.

3. Menjaga gairah seks tetap menyala

Hindari Perselingkuhan! 7 Tips Jaga Kesetiaan dalam PernikahanPexels.com/Andrea Piacquadio

Nggak memungkiri, gairah seks dapat menurun dalam kehidupan pernikahan, dan ini dapat menjadi salah satu faktor munculnya kebosanan yang dapat menimbulkan keinginan berselingkuh. 

Karena itu, jaga gairah seks tetap menyala di antara kalian. Kalaupun hal itu terjadi karena masalah kesehatan, misalnya mengalami disfungsi ereksi, jangan menutupi atau membiarkannya. Temukan solusinya bersama sehingga kehidupan seks tetap berjalan, pernikahan tetap terjaga.

4. Bercinta di tempat lain

Hindari Perselingkuhan! 7 Tips Jaga Kesetiaan dalam PernikahanPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamar tidur merupakan tempat bercinta yang aman. Namun, nggak ada salahnya mencoba suasana berbeda, Bela. Misalnya, mencobanya di dapur rumah, dalam mobil, atau menyewa hotel mewah semalam saja. Suasana bercinta yang beda ini juga dapat menjadi salah satu cara gairah seks tetap menyala, yang berdampak baik pada kehidupan pernikahan kalian.

5. Menjaga dan merawat bentuk tubuh

Hindari Perselingkuhan! 7 Tips Jaga Kesetiaan dalam PernikahanPexels.com/Adam Kontor

Tentu saja, kamu dan pasangan berjanji menerima satu sama lain. Namun, apa salahnya untuk berusaha menjaga dan merawat bentuk tubuh? Tubuh yang ideal juga menjadi salah satu daya tarik untuk pasangan. Tentunya, ia akan semakin senang dengan penampilan barumu yang lebih menarik. Ini dapat berdampak pada kehidupan seksual kalian. Selain itu, dengan menjaga bentuk tubuh, tandanya kamu juga menjaga kesehatanmu.

6. Ingat awal hubungan kalian

Hindari Perselingkuhan! 7 Tips Jaga Kesetiaan dalam PernikahanPexels.com/Leah Kelley

Kenang kembali awal-awal perjalanan kamu dan pasangan. Mulai dari rasa kasmaran di antara kalian, semua hal yang pernah kalian lalui bersama, hal-hal yang pertama kali kalian lakukan bersama, suka-duka yang kalian bagi, dan sebagainya. 

Hubungan yang telah kalian jalani bersama sedari dulu, ikatan perasaan yang telah mengakar begitu dalam, adalah hal-hal yang patut kalian pertimbangkan dalam menjaga kesetiaan di antara kamu dan pasangan.

7. Terbuka untuk mencoba konseling

Hindari Perselingkuhan! 7 Tips Jaga Kesetiaan dalam PernikahanPexels.com/Burst

Jika pasangan ingin mencoba konseling, jangan menghalanginya. Pasti ada alasan ia ingin melakukannya. Boleh jadi ia membutuhkan pertolongan dan ia membutuhkan bantuan dari tenaga profesional. Boleh jadi ia merasakan keresahan dan enggan membaginya bersamamu. Maka, keinginannya untuk menemui terapis merupakan hal baik yang patut kamu dukung.

Perselingkuhan dapat dihindari dengan menjaga kesetiaan dalam hubungan. Usaha untuk menjaga kesetiaan itu sendiri gampang-gampang susah untuk dijalani. Namun, ingat kalau pernikahan ini adalah janji cinta sehidup-semati. Juga, ada buah hati yang membutuhkan sosok ayah dan ibu dalam hidupnya. Jaga kesetiaan dan jangan berikan kesempatan untuk orang ketiga hadir dalam kehidupan kalian. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Suami Setia dan Tidak Pernah Selingkuh

Baca Juga: Sulit Percaya Akibat Pernah Diselingkuhi, Coba 4 Cara Ini!

Baca Juga: Kocak! 12 Tweet Ini Gambarkan Kehidupan Pernikahan yang Sebenarnya