Semua orang tentu meluangkan waktu mereka untuk mempersiapkan pesta pernikahan yang matang. Namun, nggak semua memerhatikan hal-hal yang kemudian harus dilakukan setelah pesta usai. Ya, setelah pernikahan selesai diselenggarakan, apa yang harus pengantin dan keluarga lakukan? Mulai dari mengatur barang-barang dekorasi pernikahan yang nggak terpakai, hingga menyampaikan ucapan terima kasih pada semua tamu undangan, hal-hal ini jangan sampai terlupakan lho, Bela.

1. Membersihkan baju pengantin

Setelah Pesta Pernikahan Selesai, Segera Lakukan 7 Hal Inimolinekronberg.com
 

Baik kamu membelinya maupun menyewanya, segera simpan baju pengantin untuk dibersihkan di hari esok. Jangan meletakkanya secara berantakan karena bahan gaun, kebaya, dan jas butuh perawatan yang penuh perhatian. Kalau menyewa, pastikan kamu mengembalikan busana tanpa rusak sedikit pun.

2. Menyampaikan rasa terima kasih

Setelah Pesta Pernikahan Selesai, Segera Lakukan 7 Hal Iniwww.americanwoodcarver.com
 

Sebagai pengantin yang diberi ucapan selamat, maka kamu harus membalasnya dengan ucapan terima kasih pada para undangan. Kamu bisa melakukannya dengan membuat posting media sosial, atau melakukannya secara personal. Jangan lupa juga menyampaikan terima kasih pada pihak lain, seperti teman-teman bridesmaid dan groomsman, wedding orgnizer (WO) atau panitia penyelenggara pernikahan.

3. Memberi review vendor

Setelah Pesta Pernikahan Selesai, Segera Lakukan 7 Hal Iniwww.theweddingday.net
 

Kalau kamu menggunakan vendor tertentu dalam pernikahanmu, pastikan memberikan review pada mereka karena itu sangat berarti untuk kelangsungan bisnis mereka. Sebuah posting media sosial yang menceritakan pengalamanmu menggunakan vendor itu, menjadi suatu bayaran ekstra untuk jerih payah yang mereka keluarkan demi mengadakan pernikahanmu. Lebih bagus lagi jika dapat membalas mereka dengan hadiah yang juga berkesan.

4. Mengelola barang-barang setelah pernikahan

Setelah Pesta Pernikahan Selesai, Segera Lakukan 7 Hal Iniwww.chillisauce.co.uk
 

Setelah pesta, akan ada banyak barang yang kamu dapatkan dari kado, dan barang bekas dekorasi pernikahan yang tak terpakai kembali. Luangkan waktu bersama pasangan untuk mengelola kembali barang-barang itu. Kalau hadiah, tentu akan disimpan atau digunakan sesuai fungsinya. Kalau barang bekas dekorasi, pilih yang masih bisa dipakai untuk menghias rumah barumu dan buang lainnya yang nggak dibutuhkan.

5. Memeriksa hasil foto

Setelah Pesta Pernikahan Selesai, Segera Lakukan 7 Hal Iniwww.gemmellmania.co.uk
 

Kamu juga harus ingat dengan hasil foto pernikahanmu yang masih ada di tangan fotografer. Hubungi pihak mereka untuk mengetahui hasil jadinya agar kamu dan pasangan bisa segera menerimanya. Juga, ada baiknya untuk memesan foto cetak dan menyimpannya dalam album. Buku ini akan jadi sesuatu yang berkesan di masa depan nanti, Bela.

6. Menyelenggarakan pembubaran panitia

Setelah Pesta Pernikahan Selesai, Segera Lakukan 7 Hal Inithefashionformen.com
 

Kalau kamu mempersiapkan pernikahan tanpa WO, melainkan dengan bantuan keluarga dan teman, buat sebuah pesta pembubaran panitianya. Nggak perlu mewah, kok! Kesederhanaan seperti makan bersama juga cukup. Acara seperti ini menjadi ungkapan rasa bahagia dan terima kasih atas bantuan mereka untuk hari bahagiamu dan pasangan. Tanpa mereka, pernikahamu mungkin nggak aka berjalan sukses, loh!

7. Mengurus administrasi negara

Setelah Pesta Pernikahan Selesai, Segera Lakukan 7 Hal Iniwww.huffingtonpost.com
 

Pastinya kamu dan pasangan harus mengurus perubahan status pada kartu identitas masing-masing. Juga kalau kalian berdua tinggal di rumah sendiri, pastikan untuk mendaftarkan alamat baru itu pada perubahan KTP.

Cukup banyak yang harus dilakukan ya? Namun dengan begitu, kebahagiaan pernikahan yang kamu rasakan, juga akan meninggalkan kesan yang mendalam pada orang-orang di sekitarmu. Jadi, jangan sampai mengabaikan 7 hal ini, ya! 

BACA JUGA: Kenali 7 Tradisi Pernikahan Unik dari Berbagai Negara