Menghitung hari menjelang pernikahan pastinya mendebarkan! Tapi nggak jarang juga kamu merasakan kecemasan dan kekhawatiran. Di masa menyambut hari bahagiamu itu, pikiran dan fisikmu disibukkan dengan persiapan pernikahan itu sendiri, mulai dari memastikan seluruh tamu mendapatkan undangan, makanan yang dihidangkan memiliki rasa yang lezat dan cukup untuk jumlah tamu, sampai menjaga agar biaya pernikahan nggak melebihi dari yang ditargetkan. Belum lagi jika ada masalah antara kamu dengan pasangan atau antarkeluarga. Semuanya pasti memberikan beban tersendiri untukmu, Bela.

Tarik napas yang dalam dan hembuskan perlahan. Jangan sampai persiapan pernikahan ini membuatmu tertekan. Melansir dari Your Tango, ada beberapa tips yang bisa membantumu mengatasi rasa cemas yang dialami menjelang pernikahan.

1. Memaklumi perasaan cemas jelang pernikahan

Faktanya, rasa cemas dan kekhawatiran yang kamu alami menjelang pernikahan ini adalah hal yang wajar. Mempersiapkan dan merencanakan hari bahagia ini memang dapat menimbulkan stres karena kamu dan pasangan tentu menginginkan pernikahan ini terselenggara dengan sempurna. Karena itu, kamu perlu memastikan semuanya berjalan sesuai keinginanmu.

Meski wajar, jangan sampai persiapan ini merasuki pikiranmu hingga membuatmu stres, Bela. Pun, jangan terlalu keras pada dirimu sendiri ketika merasa cemas atau stres. Semua yang kamu rasakan ini normal, kok.

2. Beri rentang waktu yang cukup

Jangan Stres, Ini 8 Cara Atasi Rasa Cemas Jelang Pernikahan Pexels.com/Craig Adderley

Usahakan untuk nggak merencanakan hari pernikahan terlalu cepat atau terlalu dekat dengan hari lamaran atau tunangan. Jangan menekan dirimu sendiri dengan menetapkan tanggal pernikahan sesegera mungkin. Beri rentang waktu yang cukup dari lamaran atau tunangan sampai ke hari pernikahan. Jangan terlalu lama, pun jangan terlalu dekat. Sesuaikan dengan kebutuhanmu dalam mempersiapkan pernikahan.

Memberi rentang waktu yang cukup dapat memberikan banyak keuntungan. Kamu dan pasangan memiliki waktu untuk mencari wedding organizer yang cocok. Jika menggunakan pihak ketiga, memiliki waktu yang cukup untuk mengganti detail pernikahan, dan dapat menabung lebih banyak untuk pernikahanmu.

3. Tetap berada dalam budget pernikahan

Masing-masing pengantin memiliki pernikahan impiannya, dan terkadang impian itu cukup megah dan mewah. Walau kenyataannya, pernikahan impian itu nggak dapat terjangkau karena biaya yang terlalu besar.

Nggak ada yang salah dengan berusaha mengadakan pernikahan sesuai dengan impianmu. Namun, coba untuk menyesuaikan dengan biaya yang kamu dan pasanganmu miliki. Ingat kalau pernikahan ini merupakan momen sekali dalam seumur hidup dan perjalananmu meniti rumah tangga baru saja dimulai dengan daftar beban pengeluaran yang harus dipenuhi. Jadi, ketimbang memaksa mengadakan pernikahan di luar dari biaya yang ada, lebih baik menyelenggarakan pesta pernikahan yang sesuai dengan budget namun tetap berkesan untuk kamu dan pasangan.

4. Menggunakan wedding organizer

Jangan Stres, Ini 8 Cara Atasi Rasa Cemas Jelang Pernikahan Pexels.com/rawpixel

Jika sulit bagimu dan pasangan untuk menyiapkan pernikahan sendiri, nggak ada salahnya untuk menyewa wedding organizer, Bela. Pilihan ini terdengar seperti menambah pengeluaran. Namun di sisi lain, pemakaian jasa wedding organizer sebenarnya dapat membuat perencanaan pernikahanmu jadi lebih mudah dan efisien, termasuk dalam hal biaya.

Wedding organizer dapat membuat perencanaan biaya untuk pernikahanmu dengan membantumu menghindari pengeluaran yang nggak dibutuhkan. Mereka pun telah memiliki daftar vendor yang dapat membantu mewujudkan pernikahan yang kamu inginkan. Selain itu, wedding organizer dapat mengelola dan memastikan seluruh persiapan berjalan lancar, mengurangi tekanan yang kamu pikirkan.

5. Nikmati waktu bersama calon suami

Ketika persiapan pernikahan ini terasa stres, pikirkan calon suami atau tunangan, dan kenang kembali awal cerita cinta yang kalian lalui. Ingat kembali perjuangan yang kalian berdua lalui untuk bisa sampai sejauh ini.

Meski momen berharga, pernikahan hanyalah acara yang berlangsung dalam hitungan jam atau hari. Baiknya fokus pada alasanmu ingin menghabiskan sisa hidupmu bersama pasanganmu, dan nikmati momen bersamanya.

6. Luangkan waktu untuk bermeditasi

Jangan Stres, Ini 8 Cara Atasi Rasa Cemas Jelang Pernikahan Pexels.com/Max Nikhil Thimmayya

Meditasi dapat membantu menjernihkan pikiranmu serta mengelola rasa cemas yang kamu alami ketika mempersiapkan pernikahan. Ketika bangun tidur, coba cari tempat yang tenang. Kemudian duduk dengan punggung yang tegak lurus, pejamkan mata, lalu konsentrasi pada pernapasanmu, tarik napas lebih lama dibanding menghembuskannya. Jernihkan pikiranmu dan hanya berfokus pada pernapasanmu. Dengan teknik meditasi sederhana ini, kamu bisa menjadi lebih rileks dan santai!

7. Menjaga tubuh tetap aktif

Olahraga dapat membantu melepaskan hormon stres serta menjaga tubuh tetap sehat sampai hari pernikahan nanti. Coba jogging atau berjalan setiap harinya. Aktivitas fisik seperti ini dapat membantu melepaskan hormon endorfin, hormon yang dapat membuatmu merasa bahagia. Selain melepas stres, olahraga juga dapat meningkatkan self-esteem dan kepercayaan diri untuk dapat mengenakan gaun pernikahan. Setuju?

8. Konsumsi makanan sehat

Jangan Stres, Ini 8 Cara Atasi Rasa Cemas Jelang Pernikahan Pexels.com/Ella Olson

Jujur saja, kamu akan sulit menjaga diet ketika sedan stres dan disibukkan dengan persiapan pernikahan. Namun, usahakan untuk tetap mengendalikan makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Terutama jika sedang stres, disarankan untuk menyantap makanan sehat. Sebab, makanan kaya gizi dapat membantu mengurang stres serta menjaga pikiran serta perasaan positif dalam diri.

Stres dalam menyiapkan pernikahan adalah hal yang wajar dialami setiap calon pengantin. Namun, jangan sampai tekanan itu membuatmu nggak dapat menikmati momen bahagia dalam menyambut pernikahanmu, Bela. Santai, dan nikmati momen-momen ini sebagai proses berharga sebelum mengikat janji suci bersama pasanganmu.

Baca Juga: Dari Akad Sampai Resepsi, Ini Dia Susunan Acara Pernikahan