Sejak kecil, mungkin tugas-tugas rumah tangga merupakan hal yang paling kita hindari. Kalau orang tua sudah memanggil kita untuk ikut membantu membereskan kamar atau rumah, tiba-tiba kepalamu dipenuhi ribuan alasan untuk menghindar. Tapi pada saatnya kamu akan sampai juga pada titik di mana kamu tak bisa menghindar lagi. Ya, saat kalian menikah, mau tak mau kamu harus mengerjakan sendiri segala urusan rumah tanggamu dan suami. Tapi masalah pembagian tugas ini sering membuat pasangan suami istri sering bertengkar. Lalu bagaimana caranya membagi tugas dengan suami seadil mungkin? Intip yuk, empat triknya berikut ini. 

 

1. Jangan dibagi setengah-setengah

Membagi Tugas Rumah Tangga Bersama Suami dengan Adil? Bisa dengan 4 Trik Ini! collider.com

Realistis saja, Bela. Pasti di antara kalian ada yang lebih jago dalam urusan rumah tangga. Kalau kalian memaksakan diri untuk membagi rata tugas-tugas rumah tangga kalian, kamu akan jadi perhitungan dan tidak ikhlas mengerjakannya. Lebih baik kalian saling berkompromi dan menghargai satu sama lain. Jadi misalnya suamimu yang bertugas untuk mengepel karena kamu tak begitu teliti, bantu dia dengan cara menjaga kebersihan lantai dan tidak memakai sepatu di dalam rumah. 

 

2. Perhatikan keahlian masing-masing

Membagi Tugas Rumah Tangga Bersama Suami dengan Adil? Bisa dengan 4 Trik Ini! hitfix.com

Mirip dengan poin yang pertama, kalian pasti memiliki preferensi atau keahlian masing-masing dalam merawat rumah dan mengerjakan tugas-tugas rumah tangga. Jangan terpaku pada tradisi yang kaku seperti ibu memasak dan ayah membetulkan alat-alat yang rusak. Kalau memang kamu lebih ahli mengurus kabel telepon dan internet, sementara pasanganmu lebih pandai memasak, bagilah tugas-tugas kalian sesuai keahlian masing-masing. 

 

3. Tentukan jam kerja 

Membagi Tugas Rumah Tangga Bersama Suami dengan Adil? Bisa dengan 4 Trik Ini! collider.com

Salah satu hal yang menyebalkan dari mengerjakan tugas-tugas rumah tangga adalah ketika kamu capek-capek bekerja, suamimu dengan enak menonton televisi. Supaya lebih menyenangkan dan terasa ringan, tetapkan waktu khusus untuk kalian sama-sama mengerjakan tugas-tugas rumah. Misalnya pada akhir pekan atau di sore hari. 

 

4. Cari bala bantuan

Membagi Tugas Rumah Tangga Bersama Suami dengan Adil? Bisa dengan 4 Trik Ini! collider.com

Kalau kalian sudah terlalu sibuk, pekerjaan rumah tangga kalian bisa terasa begitu membebani. Nah, jangan ragu untuk mencari bala bantuan kalau sudah begini. Bisa dengan meminta tolong anak-anak kalian untuk ikut membantu membereskan rumah atau merekrut asisten rumah tangga. 

 

Walaupun tak mudah, hal-hal sepele seperti inilah yang justru akan meningkatkan kualitas hubungan kalian. Kalian akan belajar untuk saling percaya pada tanggung jawab masing-masing.  Jadi, sudah siap membagi tugas dengannya?