Hidup sebagai pengantin muda memang tidak mudah, Bela! Ada banyak hal baru yang harus kamu jalani bersama suamimu. Kamu pun dihadapkan dengan tanggung jawab dan peran baru sebagai seorang istri. Tidak jarang pengantin baru yang kemudian memutuskan untuk masih hidup bersama orangtua mereka. Tenyata keputusan tersebut kurang tepat lho, Bela. Karena sebaiknya setelah menikah, kamu dan suamimu hidup terpisah dari orangtua. Jika belum memiliki rumah, mengontrak atau menyewa rumah bisa menjadi pilihan. Apakah kamu masih ragu untuk melakukannya? Hmm.. Apa sih pentingnya hidup terpisah dari orangtua?

1. Tidak lagi merepotkan orangtua

Ini Alasan Penting untuk Hidup Terpisah dari Orangtua Setelah Menikah
fanpop.com

Ketika kamu mantap memutuskan untuk menikah, berarti kamu juga sudah siap menjalani kehidupan rumah tangga bersama suamimu. Jika begitu, apa kamu masih berpikir untuk terus merepotkan orangtua? Ini saatnya kamu menunjukkan kalau kamu bisa hidup mandiri, Bela! Buktikan kalau kamu dan suamimu memang siap menjalani kehidupan baru tanpa bergantung pada orang lain.

2. Menciptakan momen kebersamaan berdua

Ini Alasan Penting untuk Hidup Terpisah dari Orangtua Setelah Menikahmovpins.com

“Waktu itu kami tidak memiliki banyak, tapi kami memiliki masing-masing.” Ainun Habibie.

Sama seperti kisah percintaan Habibie dan Ainun, kamu pun bisa menggunakan semangat mereka dalam menjalani kehidupan rumah tangga bersama suami. Masa-masa sulit di awal pernikahan mungkin akan kamu rasakan. Tapi dari situ kamu bisa menciptakan hubungan yang solid bersama pasangan.  Belajarlah untuk setia dalam jatuh bangun. Apapun yang dihadapi, kamu dan suami harus bisa mengambil keputusan demi kebaikan bersama. Awal pernikahan adalah proses utama untuk kamu bisa berlatih saling mendewasakan satu sama lain secara mandiri.

3. Lebih cepat beradaptasi dengan kehidupan rumah tangga

Ini Alasan Penting untuk Hidup Terpisah dari Orangtua Setelah Menikahmubi.com

Jangan pernah berpikir kamu tidak bisa menjadi istri yang baik ya, Bela! Kesalahan yang kamu lakukan di awal pernikahan adalah hal yang wajar dan justru menjadi pembelajaran yang baik untuk peranmu selanjutnya. Masa transisi dari masa lajang hingga menjadi istri tentu memerlukan banyak penyesuaian. Sikap saling pengertian antara kamu dan suami menjadi hal penting yang harus dikedepankan saat menjalani kehidupan rumah tangga. Hidup mandiri setelah menikah, justru akan membuatmu lebih cepat beradaptasi dengan semua perubahan yang ada. Mau tidak mau, kamu dan suami pun harus bekerja sama dan berkomitmen untuk melewati semuanya, berdua, dengan sebaik mungkin.

4. Lebih intim bersama suami

Ini Alasan Penting untuk Hidup Terpisah dari Orangtua Setelah Menikah
peopleteiapolis.com

Bukan lagi kedekataan saja yang kamu bangun bersama suami, tapi kamu juga bisa lebih intim saat hidup hanya berdua saja. Waktu akan terasa lebih sempurna ketika hanya berdua di rumah bersama suami. Kamu dan suami akan lebih bebas melakukan apapun, tanpa merasa terganggu privasi kalian.

Bagaimana menurutmu, Bela? Seberapa penting hidup terpisah dari orangtua setelah menikah?

BACA JUGA: 5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapat Setelah Menikah​