Rumah tangga yang harmonis bisa terwujud dengan saling menghargai satu sama lain. Hal ini berlaku juga untuk suami kepada istrinya. Istri adalah pasangan hidup yang harus diperlakukan dengan baik.

Apalagi dalam rumah tangga, pasangan suami istri merupakan sebuah tim, di mana mereka harus bekerja sama dan saling melengkapi agar kehidupan rumah tangga tetap damai dan harmonis. Oleh sebab itu, saling menghargai jadi hal penting. Jangan sampai ego suami menguasai hingga mengesampingkan perasaan istri.

Nah, berikut ini beberapa tanda suami menghargai istri yang perlu diketahui, tentunya beberapa tanda ini dapat membantu menciptakan rumah tangga yang penuh cinta dan kasih sayang. Siapa, sih, yang tak ingin hidup di dalam keluarga yang saling menghargai?

1. Bertanggung jawab menafkahi istri

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!Pexels.com/Yan Krukov

Sudah tugas seorang suami untuk bertanggung jawab memberi nafkah untuk keluarga terutama istri. Ini pun merupakan tanda suami menghargai istri yang sangat penting untuk diperhatikan.

Meski banyak rintangan atau halangan yang membuat suami sulit memberi nafkah pada istri, jika dia benar-benar menyayangi dan menghargai istri, maka dia akan berusaha sebisa mungkin untuk memenuhinya.

2. Mampu menjaga komitmen dan kesetiaan

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!Pexels.com/Trung Nguyen

Rumah tangga harmonis juga harus dilandasi dengan komitmen kuat. Tak perlu selalu romantis dan suka menggombali istri, suami yang menghargai pasangannya tentu bisa menunjukannya melalui kesetiaan.

Susah maupun senang, sehat maupun sakit, suami dan istri haruslah tetap bersama dan saling menjaga. Kesetiaan yang kuat dan menjadi prioritas menunjukkan bahwa suami menghargai istri, begitu pula sebaliknya.

3. Meluangkan waktu untuk istri

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Suami mungkin sibuk dengan pekerjaan atau urusan lainnya. Namun, jika dia tetap meluangkan waktu sebentar untuk istri, sekadar untuk berbincang ringan atau memberi istrinya pujian, maka itu menunjukkan bahwa suami menyayangi dan menghargai istrinya.

Mendengarkan keluh kesah istri, juga bisa menjadi hal yang mungkin terdengar sepele namun sangat berarti. Jangan abaikan istri, bagaimana pun istri merupakan pasangan hidup yang patut dihargai dan disayangi.

4. Melibatkan istri dalam berbagai hal

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!Pexels.com/Mikhail Nilov

Beberapa pria kerap mengabaikan istri dan enggan melibatkannya ke dalam berbagai urusan. Namun, jika suami menghargai istri dan menyayanginya, dia tak akan ragu untuk melibatkan pasangan dalam berbagai hal.

Suami merasa bangga pada istri dan sering mengajak istri bertemu teman atau kolega juga bisa jadi tanda suami menghargai istri. Dia tak ragu untuk mengenalkan siapa istrinya dan menunjukkan betapa dia mencintai istrinya di depan banyak orang.

5. Tidak ragu meminta pendapat istri

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!https://bestlifeonline.com

Ketika suami meminta pendapat, istri misalnya dalam memilih pakaian, dasi, atau hal-hal kecil lain juga bisa menjadi tanda dia menghargai pasangannya. Bahkan, ada pula beberapa suami yang tak ragu meminta pendapat atau nasihat istri dalam hal karier dan pekerjaan. Ini pun sebuah hal kecil yang sangat manis, tandanya dia sangat peduli apa yang dipikirkan istri.

6. Memberi apresiasi pada istri sekecil apa pun

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!freepik.com/ jcomp

Memberi pujian dan mengatakan bahwa istrinya telah bekerja keras selama ini juga merupakan tanda bahwa suami menghargai istri. Apresiasi sekecil apa pun sangat berarti bagi istri. Ingat, menjadi istri dan ibu juga merupakan tugas berat. Oleh karena itu memberikan apresiasi pada pasangan bisa membuat suasana hati istri jadi lebih baik.

7. Selalu memberi kabar pada istri

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!Pexels.com/cottonbro

Di mana pun dan kapan pun, jika suami menyayangi dan menghargai istri tentu dia tak akan ragu untuk memberikan kabar kepada pasangan. Siapa, sih, yang tak khawatir jika suami pergi tanpa memberi kabar?

Tidak perlu memberi kabar setiap saat, setidaknya meluangkan waktu sebentar untuk menelepon atau mengirim pesan kepada istri, bisa membuatnya merasa lega dan tidak khawatir lagi.

8. Menghargai keluarga istri

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!pexels.com/Rodnae Productions

Tidak hanya menghargai istri, menghargai keluarganya juga merupakan sebuah aksi nyata bahwa suami memang mencintai dan menghargai istri sepenuhnya. Dalam sebuah pernikahan, keluarga dari pasangan masing-masing juga akan menjadi keluarga yang satu dan utuh.

Menunjukkan sikap hormat, sopan, dan baik kepada keluarga istri apalagi kedua orangtuanya menjadi hal yang perlu ada dalam diri suami. Bagaimana pun keluarga istri juga merupakan bagian dari keluarga suami.

9. Menjaga perasaan istri

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!unsplash/Alvin Mamudov

Tidak menyakiti hati istri dengan perbuatan atau perkataan juga merupakan salah satu tanda suami menghargai istri. Jika suami benar-benar mencintai istri maka dia pun akan berpikir dan bertindak dengan hati-hati agar tidak membuat istri terluka. Istri adalah belahan jiwa suami, sehingga sudah seharusnya suami memperlakukan istri dengan baik dan lembut.

10. Memberi kesempatan istri untuk menikmati waktu sendiri

10 Tanda Suami Menghargai Istri, Keluarga Harmonis!Pexels.com/Tatiana Syrikova

Bagi perempuan, profesi menjadi seorang ibu dan istri itu bisa menyita waktu mereka begitu banyak, oleh karena itu memberi kesempatan istri untuk me time juga sangat penting. Biarkan istri menikmati waktu sendiri dan melakukan hal-hal yang dia suka. Ini pun dapat mengurangi stres yang mungkin saja istri rasakan selama ini.

Memberikan kesempatan bagi istri untuk menikmati waktu tanpa gangguan juga merupakan tanda bahwa suami menghargai istr,i lho. Itu tandanya, suami tak ingin istri merasa tertekan dan ingin istri selalu bahagia.

Itulah 10 tanda suami menghargai istri yang perlu diketahui. Ingat, saling menghargai sangat penting dan wajib ada dalam sebuah rumah tangga. Jangan sampai ego masing-masing menghancurkan keluarga yang seharusnya harmonis dan damai, ya.

Baca Juga: 11 Ciri Suami yang Baik, Termasuk Pasangan Kamu Nggak?

Baca Juga: 10 Tanda Suami Pemalas dan Cara Cerdas Menghadapinya

Baca Juga: 9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istri