Menikah bukan hanya sekadar untuk satu atau dua tahun saja. Kita menjalani rumah tangga untuk seumur hidup. Pernikahan juga bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kesabaran dan kedewasaan untuk menghadapi segala permasalahan yang mungkin muncul setelah menikah.

Tak peduli berapa pun usiamu dan pasangan, kedewasaan tidak bisa diukur dengan angka. Terkadang, kita kerap bertingkah kekanakan meski sudah menikah sekalipun. Tidak hanya kamu, pasangan juga bisa menunjukan ketidakdewasaannya saat setelah berumah tangga. Ini tentunya bukanlah hal baik, dan kamu perlu mengetahui ciri-cirinya.

Berikut ini beberapa tanda pasangan yang tidak dewasa dalam pernikahan yang wajib untuk kamu ketahui. Nah, mari cermati ulasannya!

1. Mudah berjanji namun tidak bisa menepati

8 Tanda Pasangan yang Tidak Dewasa dalam Pernikahanfreepik.com/freepic.diller

Pasanganmu bisa dengan mudah mengucapkan janji tapi tidak bisa menepatinya? Ini merupakan tanda bahwa dia bukanlah orang yang dewasa. Mengapa? Karena seseorang yang dewasa akan berpikir terlebih dahulu sebelum mengatakan sesuatu apalagi berjanji. Apalagi jika pasanganmu hanya sesumbar demi bisa lolos dari masalah, jelas itu bukanlah tindakan yang dewasa.

2. Sulit memercayai orang lain

8 Tanda Pasangan yang Tidak Dewasa dalam PernikahanPexels.com/SHVETS production

Jika dia adalah orang yang cenderung tidak menepati janji, tapi mengharapkan orang lain selalu memenuhi janjinya. Dia bisa setiap saat meminta kepastian darimu, karena tidak memercayai kamu. Ini juga merupakan tanda pasangan yang tidak dewasa dan cenderung egois. Lama-kelamaan, kamu bisa merasa lelah dengan hubungan pernikahan seperti ini.

3. Selalu membuat pasangannya merasa bersalah

8 Tanda Pasangan yang Tidak Dewasa dalam PernikahanPexels.com/Kira Schwarz

Jika pasanganmu sering membuatmu merasa bersalah, merasa kurang, sehingga kamu terpuruk dengan pikiran negatif, maka jelas itu menjadi tanda bahwa dia bukanlah seseorang yang dewasa. Memanipulasi pikiran dan perasaan atau biasa disebut dengan gaslighting hanya akan memperburuk hubungan pernikahanmu.

4. Egois dan mementingkan dirinya sendiri

8 Tanda Pasangan yang Tidak Dewasa dalam Pernikahanunsplash.com/Jorge Salvador

Seseorang yang hanya mementingkan diri sendiri tidak bisa menjadi pasangan yang baik dan dewasa dalam sebuah rumah tangga. Seperti yang kita tahu, pernikahan berarti kita harus saling memahami satu sama lain dan berjuang demi kebahagiaan bersama. Pernikahan tidak lagi tentang diri sendiri, tapi juga tentang pasangan sebagai bagian dari keluarga. Jika pasanganmu hanya mementingkan kesenangan diri sendiri, maka bukan tak mungkin konflik akan sering terjadi.

5. Tidak mau kalah ketika berdebat dengan pasangan

8 Tanda Pasangan yang Tidak Dewasa dalam PernikahanPexels.com/Jopwell

Perdebatan lumrah terjadi dalam pernikahan, baik kamu maupun pasangan memiliki ego untuk mempertahankan argumen. Tapi, ketika sadar bahwa apa yang kita pertahankan adalah kekeliruan, maka sudah seharusnya kita mengakui bahwa ada pendapat yang lebih baik. Tapi tidak dengan pasangan yang tidak dewasa, apa pun yang terjadi mereka ingin selalu menang dalam perdebatan, hingga membuat konflik tidak bisa diselesaikan dengan cepat.

6. Tidak tahu apa yang diinginkan dari dirinya sendiri

8 Tanda Pasangan yang Tidak Dewasa dalam Pernikahanwww.pixabay.com/

Setelah menikah bukan berarti semua tujuan dan impian hidup tercapai. Apalagi bagi seorang suami, sudah pasti ada hal-hal lain yang ingin dicapai untuk dirinya sendiri. Salah satu tanda pasangan yang tidak dewasa dalam pernikahan adalah tidak tahu apa yang dia inginkan untuk diri sendiri.

7. Enggan mencoba sesuatu hal yang baru

8 Tanda Pasangan yang Tidak Dewasa dalam Pernikahanfreepik.com/wirectock

Hidup tidak selalu konstan, perubahan baik kecil atau besar jelas bisa terjadi. Sudah sewajarnya kita juga harus bisa berubah dan bergerak ke arah yang lebih baik. Dalam rumah tangga juga sama, ada banyak hal baru yang bisa dicoba untuk kebaikan bersama. Nah, jika pasanganmu menolak untuk mencoba sesuatu hal yang baru berarti dia juga belum dewasa dan benci perubahan.

8. Selalu mengulang kesalahan yang sama

8 Tanda Pasangan yang Tidak Dewasa dalam PernikahanPexels.com/Anthony Shkraba

Tanda pasangan yang tidak dewasa dalam pernikahan yang terakhir adalah dia selalu mengulang kesalahan yang sama. Sebagai manusia biasa kita jelas tidak luput dari yang namanya kesalahan. Namun layaknya sekolah, kesalahan tersebut menjadi sebuah pembelajaran agar menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Tapi jika tetap mengulang kesalahan yang sama? Hmm, jelas itu menandakan ketidakdewasaan.

Itulah 8 tanda pasangan yang tidak dewasa dalam pernikahan. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi baru untuk kehidupan pernikahanmu ya!

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Sedang Pura-Pura Bahagia dalam Pernikahan

Baca Juga: Apa Itu Yellow Flag dalam Pernikahan? Ini Tanda-Tandanya! 

Baca Juga: 9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang Kuat