Membina sebuah keluarga yang bahagia tentu membutuhkan peran baik dari istri maupun suami. Oleh karena itu, memilih pasangan untuk berumah tangga tidaklah main-main. Begitu juga dengan para perempuan, mereka tentu menginginkan sosok suami yang sholeh.

Menemukan seseorang yang saleh untuk menjadi pendamping hidup tentu tidak mudah. Kita sebagai perempuan pun haruslah selalu memperbaiki diri, karena sesuai dengan pepatah, jodoh merupakan cerminan diri.

Memiliki pendamping hidup yang taat agama dan berakhlak baik, tentu dapat memberikan banyak manfaat terutama bagi rumah tangga. Nah, berikut ini beberapa manfaat mempunyai suami yang sholeh. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Bertanggung jawab atas keluarga

5 Manfaat Mempunyai Suami yang SalehPexels.com/Hussein Altameemi

Laki-laki yang saleh, apalagi setelah menjadi seorang pemimpin keluarga, tentu akan bertanggung jawab penuh atas rumah tangganya. Istri dan anak merupakan tanggung jawab seorang suami dunia dan akhirat.

Suami yang saleh tidak akan menelantarkan istri dan anak-anaknya. Ini merupakan sebuah dosa yang besar. Saat ini ada banyak kasus di mana orangtua apalagi seorang ayah menelantarkan istri dan anak. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan luka yang akan membekas seumur hidup bagi mereka yang ditelantarkan.

Dalam pernikahan dan berkeluarga, rintangan akan terus menerpa. Namun, jika pemimpin keluarga merupakan orang yang bertanggung jawab maka Insya Allah semuanya akan bisa dilalui. Oleh karena itu, pilihlah laki-laki yang bisa menjaga komitmen dalam sebuah hubungan, apalagi jika hendak dibawa ke jenjang pernikahan.

2. Memenuhi nafkah keluarga dengan rezeki yang halal

5 Manfaat Mempunyai Suami yang SalehPexels

Salah satu tugas seorang suami adalah menafkahi istri dan anak-anak. Salah satu manfaat suami yang saleh adalah dia akan memberikan rezeki melalui cara yang baik dan halal.

Agama mengajarkan bahwa memberi makan keluarga dengan rezeki yang baik dan halal,  akan memberikan pula keberkahan dan kebaikan. Bukan hanya tanggung jawab semata, suami yang bertanggung jawab untuk memenuhi nafkah keluarga tergolong sebagai orang yang masuk surga.

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, dengan bunyi :

“Rasulullah SAW, bersabda, “…Adapun tiga golongan yang mula-mula akan masuk surga yaitu orang yang mati syahid, budak yang menjalankan ibadah kepada Tuhannya dengan baik dan jujur pada tuannya, dan kepala keluarga yang menjaga kehormatannya dengan baik dalam menanggung beban keluarganya…”

3. Melindungi keluarga dari perilaku maksiat

5 Manfaat Mempunyai Suami yang Salehdepositphotos.com

Suami yang saleh akan melindungi keluarganya dari perilaku maksiat. Menjaga keluarga tak hanya dari hal-hal yang mengancam keselamatan jiwa dan raga, namun juga akhlak dan agama.

Sudah menjadi tugas suami untuk menjauhkan keluarganya dari perilaku maksiat yang akan menimbulkan murka Allah SWT. Perbuatan maksiat ada begitu banyak di luar sana dan dapat memengaruhi keluarga. Di sinilah, peran laki-laki sebagai suami dan ayah adalah untuk mencegah keluarga terjerumus ke dalam jurang maksiat.

4. Senantiasa membimbing keluarga untuk selalu berada di jalan Allah SWT

5 Manfaat Mempunyai Suami yang Salehaboutislam.net

Menjaga keluarga tidak hanya untuk keselamatan dunia, namun juga akhirat. Sebagai suami yang saleh, apalagi telah menjadi ayah, mengajarkan kebaikan kepada keluarga merupakan hal yang sangat penting.

Manfaat mempunyai suami yang saleh salah satunya adalah mampu menuntun keluarga agar senantiasa berada di jalan Allah SWT. Keluarga dengan kompak selalu taat dalam beribadah, memperbaiki akhlak, dan berbuat baik pada sesama.

Kamu tentu ingin agar keluarga selalu berada dalam kebaikan hingga mencapai surga-Nya bukan?

5. Keluarga senantiasa selalu dalam kedamaian

5 Manfaat Mempunyai Suami yang SalehFreepik.com/Odua

Manfaat terakhir mempunyai suami yang saleh sudah pasti adalah kedamaian akan dengan mudah tercipta dalam rumah tangga. Suami saleh dapat mengendalikan amarah, menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin, dan selalu bersikap lembut.

Kita tahu bahwa di dunia ini tak ada yang sempurna, namun kepala keluarga yang saleh akan memperbaiki diri dan menjaga keluarga agar tetap merasa damai. Menjalin kedekatan secara emosional dengan istri dan anak juga jadi hal yang diutamakan oleh para suami yang saleh.

Itulah beberapa manfaat mempunyai suami yang saleh. Semoga kita semua diberikan jodoh yang saleh dan salehah, ya. Jangan lupa untuk senantiasa memperbaiki diri sampai saatnya tiba.

Baca Juga: 11 Ciri Suami yang Baik, Termasuk Pasangan Kamu Nggak?

Baca Juga: Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!

Baca Juga: 10 Dosa Besar Istri Terhadap Suami, Jangan Anggap Remeh!