Setiap orang pastinya punya kriteria tertentu dalam memilih pasangan. Benar sekali, memilih teman hidup jelas tidak bisa asal-asalan, karena kita pastinya menginginkan seseorang yang baik dan bisa membawa kita menuju kehidupan yang penuh keberkahan.

Dalam agama Islam dijelaskan bahwa perempuan salihah merupakan perhiasan paling berharga di dunia. Tak hanya itu, jika mereka taat akan agama, mampu menjaga kehormatan, serta berbakti pada suami maka mereka dapat masuk ke dalam surga melalui pintu mana pun.

Rupanya kenikmatan tersebut tidak hanya dimiliki oleh perempuan itu sendiri, namun juga untuk pasangan dan keluarganya. Nah, berikut ini beberapa keuntungan memiliki istri sholehah yang wajib diketahui.

1. Rumah tangga menjadi lebih damai

7 Keuntungan Memiliki Istri Salihahpexels.com/Thirdman

Keuntungan memiliki istri salihah yang pertama sudah pasti membuat rumah tangga jadi lebih damai.

Perempuan yang taat akan agama serta memiliki hati lembut pastinya tidak akan mudah tersulut emosi, karena senantiasa mengingat Allah SWT.

Ketenangannya juga akan mempengaruhi suami, sehingga jika terjadi permasalahan dapat diatasi dengan kepala dingin.

2. Menjadi lebih dekat dengan Allah SWT

7 Keuntungan Memiliki Istri Salihahmuslimobserver.com

Perempuan salihah apalagi jika telah menjadi seorang istri tentu dapat membuat pasangan serta anak-anaknya menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Mempelajari akhlak serta ilmu agama pun jadi lebih mudah, karena istri salihah pastinya sudah mengetahui apa saja yang penting berdasarkan kacamata agama.

Rumah tangga tidak hanya damai, namun juga lebih diberkati karena saling mengingatkan untuk selalu berbuat baik dan mengejar surga-Nya bersama-sama.

3. Mampu mendidik anak jadi lebih baik

7 Keuntungan Memiliki Istri SalihahPexels.com/Gustavo Fring

Keuntungan memiliki istri salihah selanjutnya adalah mereka sudah pasti mampu mendidik anak ke arah yang lebih baik.

Seperti yang kita tahu, pendidikan terbaik untuk seorang anak dimulai dari rumah lebih tepatnya dari sang ibu. Pembelajaran tentang akhlak dan kebaikan hati pastinya akan lebih mudah diterima oleh anak, karena sang ibu sudah mengamalkannya terlebih dahulu.

Bagaimanapun seorang anak belajar dengan cara meniru orangtuanya.

4. Kebahagiaan menyeluruh

7 Keuntungan Memiliki Istri SalihahJonathan Borba/Unsplash

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah tangga yang bahagia?

Salah satu keuntungan memiliki istri salihah sudah pasti rumah tangga dibanjiri dengan kebahagiaan. Istri yang taat dan berbakti pada suami sekaligus ibu yang penyayang pastinya membuat suasana rumah jadi lebih hangat.

5. Menjadi kebanggaan bagi suami

7 Keuntungan Memiliki Istri Salihahpexels.com/Mikhail Nilov

Seorang suami yang taat akan agama tentu akan bangga memiliki istri yang salihah. Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bagaimanapun istri yang bisa menjaga martabat dan ibadah merupakan perhiasan paling berharga di dunia.

6. Hidup jadi lebih terjaga dan terpelihara

7 Keuntungan Memiliki Istri Salihahfreepik.com/master1305

Ketika kita memiliki pasangan yang tidak hanya pengertian, namun juga bisa menuntun kita jalan yang baik serta dekat dengan agama.

Dekat dengan sang pencipta juga membuat kehidupan jadi lebih tentram dan terpelihara, karena segalanya berada dalam koridor yang jelas yakni agama. Keuntungan ini tentunya tidak hanya dirasakan oleh suami, namun oleh seluruh anggota keluarga. 

7. Menjadi penolong bagi suami di akhirat

7 Keuntungan Memiliki Istri Salihahpexels.com/Anastasia Shuraeva

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, seorang perempuan salihah dijanjikan lebih mudah masuk surga bahkan dapat memilih dari pintu mana yang diinginkan.

Tidak hanya bagi dirinya, istri salihah juga bisa menolong suami di akhirat kelak. Bagaimanapun istri adalah tanggung jawab suami, sehingga jika istri semasa hidup berhasil mengamalkan kebaikan maka akan memberi pengaruh baik pula pada suami nantinya.

Itulah keuntungan memiliki istri yang salihah. Jangan hanya fokus mencari pasangan yang berakhlak baik. Kita pun juga harus memperbaiki diri sedini mungkin supaya keberkahan rumah tangga bisa didapatkan dengan lebih mudah kelak.

Ingat, suami dan istri itu satu paket. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Mempunyai Suami yang Saleh

Baca Juga: 9 Bacaan Doa untuk Menyelamatkan Rumah Tangga dari Perceraian

Baca Juga: Inilah Doa Saat Sedang Dilanda Rasa Cemburu kepada Pasangan