8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgeng

Sangat menentukan kehidupan rumah tangga kamu, lho

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgeng

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Rumah tangga pastinya memiliki peraturan supaya kehidupan yang berjalan di dalamnya tetap teratur. Apalagi pada dasarnya rumah tangga terdiri dari dua orang dengan kepribadian berbeda dan latar belakang yang berbeda pula. Sebelum menikah, kamu dan pasangan adalah orang asing, sehingga sudah pasti akan lebih sulit menyatukan dua kepala guna menjaga keharmonisan.

Kesulitan yang ada bukan berarti tidak memungkinkan kamu dan pasangan punya kehidupan rumah tangga yang harmonis serta langgeng. Ada beberapa aturan dasar rumah tangga yang wajib diterapkan oleh suami dan istri, berikut ini penjelasan lengkapnya!

1. Suami dan istri membuat kesepakatan bersama

Aturan dasar rumah tangga agar harmonis dan langgeng yang pertama adalah suami serta istri membuat aturan kesepakatan bersama. Tak melulu untuk permasalahan yang besar, kesepakatan ini juga diperlukan untuk berbagai hal sederhana yang kalian lakukan sehari-hari.

Jika tidak memiliki kesepakatan, permasalahan yang sederhana sekali pun bisa memicu pertengkaran. Oleh karena itu coba buat kesepakatan, misalnya untuk hal-hal sederhana seperti durasi pemakaian kamar mandi, menu makanan hari ini, pengeluaran harian, pemilihan barang rumah tangga tertentu, dan lain sebagainya.

2. Adanya pembagian tugas rumah tangga

Bisa dibilang ketidakmerataan pembagian tugas rumah tangga juga bisa jadi sumber konflik. Apalagi, adanya anggapan bahwa pekerjaan rumah tangga hanya wajib dikerjakan oleh pihak tertentu saja. Wah, ini sebenarnya keliru.

Suami-istri adalah sebuah tim yang seharusnya kompak dan solid serta saling membantu, khususnya dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Oleh sebab itu buat pembagian tugas suami dan istri harus sama-sama jelas, serta harus adil, sehingga tak ada satu pihak yang merasa pekerjaannya lebih banyak.

Misalnya, jika istri memasak maka suami mencuci piring, istri mencuci baju dan suami menyetrika, istri menyapu dan suami mengepel, dan lain sebagainya. Atur senyaman mungkin dan jangan sampai ada yang merasa keberatan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here