8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgeng

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgeng

Sangat menentukan kehidupan rumah tangga kamu, lho

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgeng

Rumah tangga pastinya memiliki peraturan supaya kehidupan yang berjalan di dalamnya tetap teratur. Apalagi pada dasarnya rumah tangga terdiri dari dua orang dengan kepribadian berbeda dan latar belakang yang berbeda pula. Sebelum menikah, kamu dan pasangan adalah orang asing, sehingga sudah pasti akan lebih sulit menyatukan dua kepala guna menjaga keharmonisan.

Kesulitan yang ada bukan berarti tidak memungkinkan kamu dan pasangan punya kehidupan rumah tangga yang harmonis serta langgeng. Ada beberapa aturan dasar rumah tangga yang wajib diterapkan oleh suami dan istri, berikut ini penjelasan lengkapnya!

1. Suami dan istri membuat kesepakatan bersama

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgengunsplash/Alvin Mamudov

Aturan dasar rumah tangga agar harmonis dan langgeng yang pertama adalah suami serta istri membuat aturan kesepakatan bersama. Tak melulu untuk permasalahan yang besar, kesepakatan ini juga diperlukan untuk berbagai hal sederhana yang kalian lakukan sehari-hari.

Jika tidak memiliki kesepakatan, permasalahan yang sederhana sekali pun bisa memicu pertengkaran. Oleh karena itu coba buat kesepakatan, misalnya untuk hal-hal sederhana seperti durasi pemakaian kamar mandi, menu makanan hari ini, pengeluaran harian, pemilihan barang rumah tangga tertentu, dan lain sebagainya.

2. Adanya pembagian tugas rumah tangga

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgengpexels.com/Thirdman

Bisa dibilang ketidakmerataan pembagian tugas rumah tangga juga bisa jadi sumber konflik. Apalagi, adanya anggapan bahwa pekerjaan rumah tangga hanya wajib dikerjakan oleh pihak tertentu saja. Wah, ini sebenarnya keliru.

Suami-istri adalah sebuah tim yang seharusnya kompak dan solid serta saling membantu, khususnya dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Oleh sebab itu buat pembagian tugas suami dan istri harus sama-sama jelas, serta harus adil, sehingga tak ada satu pihak yang merasa pekerjaannya lebih banyak.

Misalnya, jika istri memasak maka suami mencuci piring, istri mencuci baju dan suami menyetrika, istri menyapu dan suami mengepel, dan lain sebagainya. Atur senyaman mungkin dan jangan sampai ada yang merasa keberatan.

3. Terbuka soal keuangan

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgengpexels.com/cottonbro

Salah satu sumber permasalahan dalam rumah tangga berasal dari keuangan atau ekonomi. Jika salah satu pihak ada yang tertutup dan tidak jujur soal keuangan, maka pertengkaran bisa meledak kapan saja.

Baik atau buruk kondisi keuangan wajib diketahui oleh suami dan istri, itulah salah satu aturan dasar rumah tangga yang perlu kamu ketahui. Sehingga jika terjadi cash flow yang kurang baik, pasangan bisa sama-sama mencari solusi. Jangan sampai kamu tidak mengetahui nominal gaji suami dan suami pun tidak tahu menahu soal anggaran biaya rumah tangga.

4. Ada rutinitas bersama di akhir pekan

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan Langgenghttps://www.pexels.com/id-id/@ketut-subiyanto

Meski sudah menikah dan tinggal di bawah satu atap yang sama, tak bisa dipungkiri masih banyak pasangan yang justru merasa ‘jauh’ satu sama lain. Kesibukan pekerjaan misalnya, membuat mereka kesulitan menghabiskan waktu bersama.

Walaupun terdengar sepele, mengadakan rutinitas bersama di akhir pekan bisa menjadi salah satu aturan dasar rumah tangga agar harmonis dan langgeng.

Tidak perlu jauh-jauh pergi liburan, melakukan aktivitas bersama di akhir pekan, misalnya dengan berkebun atau menonton film bersama, bisa membuat ikatan secara emosional semakin erat. Sesekali lakukan deep talk dengan pasangan, sehingga kalian bisa saling mengenal dan mendekatkan diri.

5. Adanya waktu dan ruang untuk diri sendiri

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan LanggengPexels.com/Tatiana Syrikova

Suami dan istri, meski sering dianggap satu pasang yang tak boleh terpisah, tetap saja masing-masing wajib punya waktu dan ruang untuk diri sendiri. Izinkan pasangan untuk menghabiskan waktu sendiri alias me time di saat tertentu. Kamu dan pasangan bisa meluangkan waktu untuk hobi masing-masing. Hal ini bisa jadi cara yang sehat untuk menjaga kehidupan rumah tangga agar senantiasa harmonis.

6. Saling jujur dan terbuka dalam hal apa pun

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan LanggengPexels.com/Pixabay

Merasa tidak nyaman akan suatu hal atau punya keluhan masalah pribadi, seperti seks, juga wajib didiskusikan dengan pasangan. Saling terbuka dan jujur apalagi dalam hal pribadi yang sensitif seperti ini memang sulit, namun cobalah perlahan agar pasangan tidak bingung atau curiga.

7. Menerima kebiasaan buruk masing-masing dan mengatasinya bersama

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan LanggengFreepik.com/yanalya

Setiap orang pastinya punya kekurangan bahkan kebiasaan buruk. Awalnya kamu atau pasangan berusaha untuk tidak mempedulikan kebiasaan buruk masing-masing, namun namanya manusia pasti akan ada rasa sebal atau lelah karenanya.

Namun, sebagai pasangan suami istri, kalian tentunya sudah berkomitmen untuk berada di masa sulit dan masa senang, sekaligus menerima diri pasangan apa adanya. Maka, sebagai pasangan suami istri aturan dasar yang perlu kalian ketahui adalah dengan saling menerima kebiasaan buruk masing-masing.

Kamu tak akan bisa meminta pasangan mengubah kebiasaan buruknya secara instan, tetapi kamu bisa membicarakannya baik-baik jika kebiasaan buruk itu cukup mengganggu. Jika masih bisa dicari solusinya sebaiknya atasi bersama dan diskusikan hal tersebut, jika memang diperlukan.

8. Adanya aturan dasar untuk orang yang bertamu

8 Aturan Dasar Rumah Tangga Agar Harmonis dan LanggengPexels.com/Rodnae Productions

Bukan hanya menyangkut suami dan istri, aturan dasar rumah tangga agar harmonis dan langgeng juga melibatkan orang lain. Misalnya saja aturan untuk orang yang bertamu.

Menentukan waktu tamu yang berkunjung, siapa saja yang boleh bertamu, dan lainnya, juga termasuk aturan yang perlu kamu dan pasangan pahami. Selain menjaga privasi rumah tangga, adanya aturan ini juga menjauhkan potensi ketidaknyamanan pasangan terhadap tamu yang datang.

Itulah 8 aturan dasar rumah tangga agar harmonis dan langgeng. Jangan lupa untuk diterapkan ketika sudah menikah, ya!

Baca Juga: 7 Manfaat Konseling Pernikahan untuk Rumah Tangga yang Lebih Harmonis

Baca Juga: 5 Rahasia dalam Rumah Tangga yang Sebaiknya Tak Diumbar ke Orang Lain

Baca Juga: 6 Tujuan Honeymoon Bagi Suami Istri, Jangan Anggap Enteng!

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Berhenti Terobsesi sama Orang yang Nggak Suka padamu, Ini Caranya! 

Berhenti Terobsesi sama Orang yang Nggak Suka padamu, Ini Caranya! 

trending

Trending

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Married

Wow! Inilah 9 Pasangan Suami Istri Terkaya di Bollywood

Wow! Inilah 9 Pasangan Suami Istri Terkaya di Bollywood