Saat kamu punya hubungan romantis yang semakin serius dengan pasanganmu, tentu ada saatnya kamu harus berkenalan dengan keluarganya. Hal ini mungkin membuat banyak orang merasa gugup dan takut. Wajar kok kalau kamu juga merasakan hal tersebut. Terlebih ketika kamu bertemu dengan calon ibu mertuamu. Rasa takut inilah yang terkadang membuatmu kesulitan untuk membuka topik obrolan dengannya. Bisa jadi kamu malah kebingungan tentang topik apa saja yang sebaiknya kamu bicarakan dengannya. 

Penting sekali untuk membahas topik secara bertahap untuk membangun hubungan yang sehat dan bersahabat dengan calon ibu mertuamu. Saat pertama kali bertemu, kamu bisa tanyakan hal-hal yang ringan terlebih dahulu, kemudian ketika hubunganmu dengan calon ibu mertua sudah semakin akrab, kamu bisa mulai bahas hal yang lebih sensitif seputar kehidupan pernikahan yang kamu anggap penting.

Lalu, kira-kira topik apa saja yang bisa kamu bicarakan dengan calon ibu mertuamu? Untuk menjawabnya, Popbela sudah rangkum 6 topik yang bisa kamu bicarakan dengan calon ibu mertua di bawah ini. Scroll artikelnya sampai selesai, ya!

1. Makanan favorit

6 Topik yang Bisa Kamu Bicarakan dengan Calon Ibu Mertua, Bikin Akrab!Pexels/Daria Shevtsova

Poin yang pertama adalah topik seputar makanan favorit calon ibu mertuamu. Biasanya, topik mengenai makanan akan sangat membantu proses pendekatan awal dengan calon mertua. Kamu bisa tanyakan makanan apa yang paling ia suka, kemudian mempelajari cara membuatnya. Hal ini tidak hanya akan membuat calon ibu mertuamu merasa istimewa, tapi juga dia kemungkinan semakin tidak sabar untuk masuk ke dapur dan mengajarkan teknik memasaknya padamu. Beberapa ibu akan sangat bersemangat, lho, untuk menunjukkan kemampuan memasaknya, apalagi saat melakukannya di depan calon menantu!

2. Rahasia pasangan dan tips pernikahan

6 Topik yang Bisa Kamu Bicarakan dengan Calon Ibu Mertua, Bikin Akrab!Freepik.com/8photo

Topik selanjutnya yang bisa kamu bicarakan dengan calon ibu mertuamu adalah dengan bertanya tentang rahasia pasanganmu. Rahasia ini bisa berupa ceritanya saat masih kecil, hal yang membuatnya trauma atau hal yang membuatnya bersedih hati.

Lalu, kamu juga bisa tanyakan tentang tips seputar kehidupan pernikahan, seperti bagaimana menjaga hubunganmu dengan pasangan agar relatif stabil, atau bagaimana kamu dapat menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan di masa depan. Ingatlah bahwa kamu bertanya dengan ibu dari pasanganmu, yang berarti dia mengenal betul bagaimana sifat dan perilaku pasanganmu.

3. Tentang dirinya sendiri

6 Topik yang Bisa Kamu Bicarakan dengan Calon Ibu Mertua, Bikin Akrab!Pexels.com/Elina Fairytale

Untuk membangun ikatan yang lebih akrab dengan calon ibu mertua, penting sekali untukmu tidak hanya terpaku membahas topik seputar pasangan. Tanyakanlah juga tentang diri calon ibu mertuamu. Dengan bertanya tentang dirinya, sangat memungkinan baginya merasa begitu dihargai olehmu.

Kamu bisa tanyakan seputar minat, hobi, atau hal-hal yang dia sukai. Yakinlah bahwa ia akan menghargai pertanyaan-pertanyaan ini dan percakapannya denganmu. Dia bahkan bisa saja berbagi satu atau dua rahasia tentang dirinya yang mungkin tidak diketahui oleh pasanganmu. Jika dia melakukannya, ingatlah untuk benar-benar merahasiakan hal-hal yang dia katakan padamu, ya.

4. Tradisi keluarga

6 Topik yang Bisa Kamu Bicarakan dengan Calon Ibu Mertua, Bikin Akrab!Pexels.com/fauxels

Setiap keluarga pasti memiliki tradisinya masing-masing. Seperti tradisi pergi berbelanja bulanan bersama, kue yang wajib disajikan setiap ada anggota keluarga yang berulang tahun, atau perencanaan liburan keluarga tiap tahun. Tanyakanlah topik ini dengan calon ibu mertuamu. Dengan mengetahui lebih banyak mengenai tradisi keluarganya, bisa membantumu untuk semakin akrab dengan calon ibu mertuamu.

5. Keamanan hubungannya dengan pasanganmu

6 Topik yang Bisa Kamu Bicarakan dengan Calon Ibu Mertua, Bikin Akrab!pexels.com/cottonbro

Saat kamu sudah merasa semakin akrab dengan calon ibu mertuamu, kamu bisa mulai untuk membahas topik yang lebih sensitif. Banyak ibu mertua khawatir kalau anak mereka akan hilang begitu mereka menikah dan tidak akan pernah bertemu dengannya lagi. Karena itulah, sangat penting untuk meyakinkan calon ibu mertua bahwa ketika kamu menikah dengan anaknya bukan berarti kamu berusaha memisahkan dia dari ibunya, bahkan keluarganya. 

Kamu juga bisa ingatkan bahwa seorang ibu akan selalu menjadi prioritas anak laki-lakinya sampai kapan pun. Berikan juga calon ibu mertuamu ruang untuk mengungkapkan kekhawatiran apa pun yang mungkin dia miliki, agar kamu dapat mengatasinya dalam percakapan sehat dan terbuka untuk membantu meredakan ketakutannya.

6. Tentang anak

6 Topik yang Bisa Kamu Bicarakan dengan Calon Ibu Mertua, Bikin Akrab!Pexels.com/Pixabay

Hidup di negara dengan ikatan kekeluargaan yang kuat memungkinkan kamu dan pasangan untuk membahas topik seputar anak dengan orangtua. Beberapa ibu mungkin akan segera mendiskusikan cucu ketika anak-anak mereka akan menikah. Kalau kamu dan pasangan sudah mengetahui pilihan menyoal anak, kamu bisa memberitahu mereka pilihan yang kalian buat.

Entah pilihan untuk langsung memiliki anak setelah menikah, menunda beberapa saat, atau pilihan untuk tidak memiliki anak. Hal ini bisa sangat sensitif dan rentan, sehingga pastikan untuk membicarakannya di waktu yang tepat dan bertahap. Akan ada saja kemungkinan tekanan yang muncul dari pilihan yang kamu buat. Namun, ketika keputusan tersebut sudah sangat matang, berikanlah pengertian sebaik mungkin kepada calon ibu mertuamu. Memang tidak mudah, tapi ingatlah bahwa kamu dan pasanganmu berhak menentukan yang terbaik bagi keluargamu kelak.

Jadi, itulah 6 topik yang bisa kamu bicarakan dengan calon ibu mertua. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

Baca Juga: Anti Canggung! Ini 5 Cara Cairkan Momen Kenalan dengan Calon Mertua

Baca Juga: Anti Menor, Ini 5 Trik Makeup Look untuk Ketemu Calon Mertua

Baca Juga: Jangan Katakan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua