Mendengar kata minimalisme, mungkin yang terlintas dalam pikiranmu, adalah sebuah keadaan ketika seseorang mengurangi kepemilikan atas suatu barang.

Kalau melansir becomingminimalist, minimalisme sendiri berarti lebih luas, yaitu sebuah prinsip kehidupan ketika seseorang punya lebih sedikit keinginan untuk memiliki suatu hal atau barang di dalam hidupnya. 

Menganut prinsip minimalisme akan membantu seseorang untuk lebih memfokuskan dirinya dengan hal atau barang yang benar-benar dibutuhkan, sehingga bisa diartikan untuk menjalani hidup yang lebih sederhana.

Minimalisme juga dapat diterapkan ke dalam sebuah hubungan pernikahan dan tentunya akan membawa banyak manfaat. 

Berikut ini adalah lima manfaat menerapkan minimalisme dalam kehidupan pernikahan, yang bisa kamu terapkan.

1. Kemampuan untuk menabung.

5 Manfaat Menerapkan Minimalisme dalam PernikahanPexels.com/Karolina Grabowska

Ketika pada awal pernikahan kamu dan pasanganmu sudah mulai menerapkan prinsip minimalisme, ada kemungkinan bahwa kamu dan pasanganmu mampu untuk menabung untuk kebutuhan yang lebih penting di masa depan.

Kamu dan pasanganmu nggak akan tergiur untuk membeli ponsel keluaran terbaru, ataupun membeli banyak baju baru.

Kamu dan pasangan jadi punya kemampuan menabung untuk hal yang jauh lebih penting, seperti membeli rumah, mempersiapkan dana pendidikan anak, atau tabungan di masa tua.

2. Komunikasi secara jujur.

5 Manfaat Menerapkan Minimalisme dalam Pernikahanpexels.com/andie-venzl

Minimalisme juga mengajarkan untuk belajar mengakui secara terbuka dan jujur, guna menghindari timbulnya konflik yang nggak penting dalam pernikahan.

Dengan adanya pengakuan secara terbuka, mengenai berbagai aspek kepribadian kamu dan pasangan, tentunya akan membantu kehidupan pernikahanmu menjadi lebih harmonis.

3. Liburan menjadi lebih terjangkau.

5 Manfaat Menerapkan Minimalisme dalam PernikahanPexels/ Dziana Hasanbekava

Karena minimalisme mengajarkan kesederhanaan dalam kehidupan, liburan dengan bujet tinggi pun nggak akan menjadi prioritasmu dan pasangan.

Kamu dan pasangan punya opsi untuk menikmati liburan dengan bujet yang lebih rendah, namun tetap bisa menghabiskan waktu berharga kalian.

4. Kesehatan yang lebih baik.

5 Manfaat Menerapkan Minimalisme dalam PernikahanUnsplash/ Candice Picard

Dengan menerapkan minimalisme, kamu dan pasanganmu yang mungkin sebelumnya mengonsumsi makanan dan minuman dengan jumlah yang berlebihan. Kamu juga akan mulai menyadari untuk membatasi jumlah konsumsi makanan, serta memilih jenis makanan yang akan meningkatkan kualitas kesehatan.

Semakin meningkatnya kualitas kesehatanmu dan pasangan, kamu dan pasanganmu akan merasakan dampak positifnya juga dalam kualitas hidup.

5. Memilih pekerjaan yang lebih selaras dengan nilai hidup yang dimiliki.

5 Manfaat Menerapkan Minimalisme dalam Pernikahanfreepik.com/marymarkevich

Saat menerapkan minimalisme, mungkin kamu dan pasanganmu juga akan mulai memikirkan untuk memilih pekerjaan yang lebih sesuai dengan nilai kehidupan yang kalian miliki, yaitu kesederhanaan.

Pola pikir untuk mengejar karier dan gaji yang lebih tinggi pun akan segera kalian tinggalkan. Kamu akan berpindah dengan mencari pekerjaan yang lebih terasa nyaman untuk hidupmu dan pasangan, walaupun dengan penghasilan yang nggak sebanyak sebelumnya.

Dengan begitu, kamu dan pasanganmu akan lebih menikmati hidup dan merasa lebih bahagia.

Jadi itulah 5 manfaat minimalisme yang dapat kamu terapkan dalam hubungan pernikahanmu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya, Bela!

Baca Juga: 5 Tingkat Kebutuhan di dalam Hubungan Pernikahan

Baca Juga: 4 Nasihat Klise Ini Justru Membahayakan Pernikahan, Apa Saja?

Baca Juga: 6 Manfaat Meditasi bersama Pasangan dalam Pernikahan