6 Cara Menunjukkan Apresiasi Kepada Pasangan dalam Pernikahan

Ampuh membuat hubungan rumah tanggamu jadi harmonis

6 Cara Menunjukkan Apresiasi Kepada Pasangan dalam Pernikahan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Menunjukkan apresiasi kepada pasangan merupakan salah satu hal yang dapat mengeratkan hubungan romantis seseorang, termasuk dalam hubungan pernikahan!

Menurut penelitian, dengan menunjukkan apresiasi, akan membantu meningkatkan kepercayaan dan harga diri seseorang, serta merasa seseorang diinginkan oleh pasangannya.

Melansir psychologytoday, dengan menunjukkan apresiasi, seseorang akan merasa lebih berkomitmen dan bertahan dalam hubungannya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan apresiasimu kepada pasangan. Berikut ini beberapa cara menunjukkan apresiasi kepada pasangan.

1. Cari tahu bahasa cinta pasanganmu.

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang buku terlaris New York Times, “The 5 Love Languages”, yang ditulis oleh Gary Chapman, seorang penulis yang juga berprofesi sebagai konselor pernikahan. Buku tentang bahasa cinta itu viral pada tahun 90-an, dan masih menjadi salah satu buku yang filosofinya direferensikan hingga saat ini.

Dalam bukunya, Gary berpendapat bahwa ada lima bahasa cinta, yang didefinisikan sebagai cara memberi dan menerima cinta, yaitu kata-kata penegasan (words of affirmation), waktu berkualitas (quality time), menerima hadiah (receiving gift), tindakan pelayanan (act of service), dan sentuhan fisik (physical touch).

Menurut seorang terapis hubungan dan keluarga, Juliana Hauser, Ph.D, dengan mengetahui bahasa cinta pasangan, kamu bisa menentukan cara terbaik untuk menunjukkan apresiasi kepada pasanganmu.

Misalkan kalau dia lebih suka menerima apresiasi dalam bentuk kata-kata, kamu bisa coba tulis surat cinta padanya, atau bisa dengan memberi pelukan dan ciuman apabila dia lebih suka apresiasi lewat sentuhan fisik. 

2. Tunjukkan beberapa gestur kecil padanya.

Juliana menambahkan, sangat penting untuk memberi apresiasi kepada pasangan bahkan lewat gestur sederhana, seperti mengucapkan "halo" dan "sampai jumpa lagi".

Menurut Juliana, salah satu prinsip bersyukur adalah, mengakui bahwa sesuatu atau seseorang benar-benar penting bagimu, dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui gestur sederhana yang dibuat.

Gestur-gestur itu pada akhirnya memberi dampak yang besar bagi hubunganmu dengan pasangan. Pasanganmu bisa beranggapan, bahwa kamu benar-benar peduli dengan kehadirannya. Kalau kamu nggak memperhatikan gestur sederhana itu, pasanganmu bisa beranggapan kalau dia nggak penting buatmu.

Jadi kamu bisa coba mulai mempraktikkan gestur-gestur kecil itu, ya!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here