Menjalani rutinitas sebagai ibu rumah tangga tentu bukan pekerjaan yang mudah. Bagi perempuan, ada segudang tanggung jawab yang harus diemban ketika sudah menikah, termasuk bagi Andien, yang sibuk berkarier dan baru saja memiliki anak kedua. 

Di samping menjadi sosok istri dan ibu, pemilik nama lengkap Andini Aisyah Haryadi ini juga disibukkan dengan pekerjaannya sebagai penyanyi sekaligus content creator. Setelah menikah, Andien mengaku cukup tertantang dalam mencari waktu luang bagi dirinya sendiri. Meski begitu, Andien selalu berusaha mendapatkan waktu luang sendiri karena dirinya sadar betul akan manfaat me time.

"Me time itu sangat sangat penting baik yang belum menikah, atau sudah menikah atau sudah memiliki anak. Aku bisa bilang kalau me time itu benar-benar salah satu hal yang essensial buat dilakukan",  terang Andien. 

Memanfaatkan waktu kosong

Begini Cara Andien Melakukan 'Me Time' Setelah MenikahFotto by Sweet Escape

Andien mengaku kalau nyatanya memiliki waktu luang untuk diri sendiri setelah menikah bukanlah hal yang mudah. Apalagi setelah ia memiliki dua anak. Namun Andien tetap berusaha untuk mendapatkan sesi 'me time' dengan cara mencuri-curi waktu. Misalnya di saat anak-anaknya sudah tidur. 

"Aku bisa bilang challenging banget, bukan sesuatu yang mudah. Biasanya aku punya waktu pagi-pagi aku punya waktu buat olahraga, tapi biasanya pagi-pagi juga sudah harus mengaku anak. Sekarang mau nggak mau me time nya memang harus colongan, sih. Kita sendiri yang benar-benar harus curi-curi waktu di tengah kesibukan, tapi jangan sampai nggak dilakukan," ungkap pelantun hits Gemintang ini.  

Bekerja sama dengan keluarga

Begini Cara Andien Melakukan 'Me Time' Setelah Menikahinstagram.com/andienaisyah/

Di samping itu, Andien juga mengungkapkan keluarganya justru adalah sosok yang ada di saat dirinya butuh 'me time'. Misalnya, sosok suaminya, Irfan Wahyudi. Andien mengaku untuk selalu berkompromi dengan pasangan soal pembagian waktu mengurus kedua anaknya. 

Nggak jarang, Andien juga meminta pertolongan orangtua atau saudara yang lain agar dapat sejenak menikmati sesi me time untuk dirinya sendiri. 

"Kalau mau me time untuk seorang yang sudah pernah menikah dan punya anak pasti susah banget. yang pasti harus kompromi dengan pasangan, ibu, adik, kakak minta tolong siapa pun. Seperti ada pepatah yang bilang, 'it takes a village to raise a child' dan itu benar banget, karena memang kita pasti akan membutuhkan bantuan orang lain," tutup Andien. 

Kadang meminta bantuan itu sulit, ya, Bela, tapi sebenarnya nggak usah sungkan, kok, demi kebaikan kita sendiri. Jangan lupa, ya, meski sudah menikah atau memiliki keluarga, me time itu tetap penting untuk kebahagiaan kamu secara pribadi.

https://www.youtube.com/embed/KTI3R7cvWvY

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Versi Andien Saat Pandemi

Baca Juga: Tips Sederhana Menggandeng Partner dalam Berbisnis a la Rossa

Baca Juga: Ini Dia BeautyFest Asia 2020: Virtual Shoot Day-2