Pernikahan adalah sebuah hal yang sakral, yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup dan harus kamu hormati sampai kapan pun. Tentu saja modal yang dibutuhkan tak hanya cinta, tapi juga butuh komitmen, kesiapan, dan mental yang matang. Menikah bukan soal berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk pestanya, tapi tentang berapa banyak yang bisa kamu sisihkan untuk kehidupan bersama pasangan ke depannya. Kamu setuju, Bela?

Percayalah, tidak ada yang membakukan atau mengharuskan jika resepsi harus digelar secara mewah dan besar-besaran. Pernikahan sederhana pun tetap sah-sah saja dilakukan. Kalau memang budget yang kamu punya untuk menikah tidak terlalu banyak, maka pesta pernikahan sederhana bisa jadi pilihan. Perhatikan hal-hal di bawah ini ya!

Konsep pernikahan sederhana

  • Pesta kecil dengan jumlah undangan sedikit bisa kamu adakan di hotel

Satu hal yang mesti kamu tahu bahwa menikah di hotel tidak selalu identik dengan biaya besar. Kalau ingin menyelenggarakan resepsi dengan jumlah tamu 100-250 orang atau bahkan kurang, wedding package di hotel bisa jadi pilihan. Kamu hanya perlu membayar Rp 100 ribu per undangan. Sudah mencakup dekorasi, MC, hiburan, makeup, sampai kamar pengantin.

  • Adakan pesta di taman rumah

Kalau kamu punya halaman rumah yang cukup luas, manfaatkan. Kamu bisa memangkas biaya sewa gedung alias menghemat belasan atau bahkan puluhan juta. Kamu bisa mengembangkan kreativitas untuk membuat pesta yang berkesan.

  • Pilih gerobak jajanan untuk kateringnya

Biaya katering seringkali jadi biaya paling besar dalam pernikahan. Untuk mengakalinya, kamu bisa menggandeng pemilik gerobak makanan berat, camilan, hingga gerobak minuman. Untuk konsep atau temanya mungkin bisa 'pesta rakyat.' Dengan adanya pedagang gerobak, suasananya akan lebih erat.

Dekorasi pernikahan sederhana

Pesta Pernikahan Sederhana Mulai dari Konsep, Biaya hingga Dekorasi
  • Jaring-jaring besi

Dekorasi ini cocok untukmu yang menggelar pernikahan sederhana bertema rustic. Kamu bisa memanfaatkan jaring-jaring besi yang dijual di toko bangunan. Kemudian tambahkan rangkaian bunga dengan posisi menyerong di tengah-tengah jaring.

  • Kain tile

Bisa jadi salah satu alternatif dekorasi pelaminan sederhana bergaya vintage. Cukup bentangkan kain tile pada dinding dengan jarak yang cukup tinggi. Agar tidak polos, tambahkan cahaya dari lampu bohlam oranye.

  • Buat pola dengan sambungan paralel lampu

Kesan pelaminan modern akan terasa dengan dekorasi ini. Kamu hanya memerlukan besi sambungan atau pipa pvc yang dicat menjadi warna hitam. Lalu tinggal buat pola yang kamu inginkan.

  • Pintu rusak bisa juga dimanfaatkan

Buat pernikahan sederhana jadi sulit dilupakan dengan dekorasi ini. Pintu-pintu rusak bisa kamu temukan di tempat barang-barang antik atau rumah-rumah tua. Lepaskan kaca pada pintu, lalu kelilingi pinggirannya dengan rangkain daun-daun hijau.

  • Papan tulis

Gunakan papan tulis dengan ukuran sesuai keinginan, lalu hias dengan tulisan-tulisan menarik. Seperti nama kedua pasangan pengantin dan harapan dari masing-masing setelah menjadi suami-istri misalnya. Jangan lupa berikan gambar-gambar lucu juga ya.

Undangan pernikahan sederhana

Pesta Pernikahan Sederhana Mulai dari Konsep, Biaya hingga DekorasiUnsplash.com/Michelle Henderson
  • Desain dan cetak sendiri

Kalau mau menekan biaya cetak undangan, kamu bisa melakukan cara ini. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan karakter yang kamu dan pasangan inginkan. Kalau tidak bisa mendesain, kamu bisa meminta tolong pada teman juga, ya!

  • Pakai template undangan gratis di internet

Sekarang sudah banyak jenis template undangan yang kamu unduh secara gratis dari internet. Tak hanya menghemat budget, hal ini akan menghemat waktumu juga.

  • Tak perlu menggunakan emboss

Kalau kamu menggunakan jasa percetakan undangan, biasanya mereka akan menawarkan emboss atau finishing font yang timbul pada kertas. Meski akan membuat undanganmu terlihat mewah, tapi akan membuat budget membengkak.

  • Gunakan tulisan tangan

Kalau kamu atau pasangan punya tulisan tangan yang bagus, kamu bisa membuat undangan pernikahan sederhana yang ditulis tangan. Kesannya akan jauh lebih unik dan personal. Tentu saja sesuaikan dengan jumlah tamu yang kamu undang, ya!

  • Gunakan bahan daur ulang

Kamu bisa memanfaatkan kaset CD yang sudah rusak misalnya. Kalau kamu tak punya kaset CD sebanyak jumlah tamu undangan, kamu bisa membelinya di toko online dengan harga miring. Selanjutnya kamu tinggal mengkreasikannya dengan menempelkan kertas berisi undangan di atasnya.

Biaya pernikahan sederhana

Pesta Pernikahan Sederhana Mulai dari Konsep, Biaya hingga DekorasiUnsplash.com/Josh Appel

Pernikahan di gedung, apalagi menggunakan jasa wedding organizer biasanya tak cukup dengan biaya Rp 100 juta. Tapi percayalah, pernikahan sederhana yang sakral tak harus menghabiskan dana ratusan juga. Sah-sah saja kalau kamu punya cukup uang untuk membuat pernikahan mewah, tapi kalau budgetmu hanya Rp 20 juta misalnya, pernikahan sederhana tetap bisa kamu wujudkan, kok. Berikut beberapa caranya :

  • Batasi jumlah tamu yang hadir

Kalau bisa maksimal hanya 250 orang saja sehingga bisa menghemat banyak biaya katering.

  • Mintalah bantuan teman

Kalau kamu punya teman yang pandai membawa acara, kamu bisa mengandalkannya menjadi MC. Pun begitu kalau kamu punya sepupu yang pandai menyanyi atau memotret misalnya.

  • Lakukan makeup DIY

Bahkan Kate Middleton saat pernikahannya melakukan makeup sendiri, lho. Do it yourself (DIY). Semakin kamu melakukannya sendiri, maka akan spesial juga acaranya.

Untukmu yang akan menikah, tak perlu memaksakan diri menggelar pesta besar-besaran yang malah akan menjadi beban. Dengan pesta pernikahan sederhana pun, kamu tetap bisa memiliki pernikahan yang indah dan berkesan.

Baca Juga: 10 Ide Suvenir Pernikahan Unik yang Bermanfaat untuk Tamu Undangan