Siapkan mental dan hati ketika kamu sudah yakin dengan pasangan dan sedang merencanakan sebuah pernikahan. Sebab, mereka yang telah menikah pun mengakui jika jelang hari H pernikahan, cobaan dan godaan akan datang silih berganti. 

Berikut ini adalah cobaan dan godaan yang kerap datang saat menjelang pernikahan.

1. Mantan pacar yang tiba-tiba datang

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-TibaPexels.com/Katerina Holmes

Saat pernikahanmu hanya tinggal menghitung hari, jangan kaget jika tiba-tiba datang seseorang yang seketika mampu menggetarkan hati. Hubunganmu dan pasangan akan diganggu oleh orang ketiga yang tak jarang malah datang dari masa lalu. Hati-hati sebelum bertindak, selalu libatkan pasangan pada setiap keputusan.

2. Tiba-tiba banyak yang mendekati

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-TibaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau dulu di masa single, sepertinya kamu kesulitan menemukan sosok yang tepat jadi pendamping. Tapi, kok, giliran kamu sudah mempersiapkan pernikahan, tiba-tiba banyak orang yang bermunculan dan mendekati kamu? Hal yang lebih menggoda lagi adalah ketika kamu melihat orang yang mendekatimu itu tampak 'lebih' jika dibandingkan pasangan. Hati-hati, ya, Bela, ini namanya godaan jelang pernikahan.

3. Finansial yang nggak stabil

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-TibaPopbela.com/Andhina Effendi

Masalah finansial bisa mulai terlihat saat kamu mempersiapkan pernikahan, lho. Hal ini tak hanya memberi dampak buruk pada pasangan yang sudah menikah Bela, karena nyatanya dampak yang sama akan dirasa oleh mereka yang tengah mempersiapkan pernikahannya. Untuk mengantisipasi, pikirkan serta bicarakan dengan matang mengenai masalah finansial ini.

4. Ragu pada pasangan

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-Tibahttps://www.pexels.com/@juan-vargas-1955119

Cobaan ini sering menghampiri calon pengantin perempuan. Jangan panik ketika kamu mengalaminya nanti, ya. "Apakah benar dia orangnya?" adalah pertanyaan yang sering kali terlontar untuk diri sendiri. Kalau keraguan tak kunjung mereda, ada baiknya kamu berdiskusi dengan pasangan. Menunda pernikahan pun bisa jadi keputusan yang masuk akal.

5. Waktu yang terasa singkat

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-TibaPexels.com/Sam Lion

Kamu merasa sudah mempersiapkan pernikahan dari berbulan-bulan bahkan mungkin setahun sebelumnya. Namun waktu terasa berjalan begitu cepat dan kini kamu hanya tinggal menghitung hari, sementara kamu merasa begitu banyak yang harus kamu selesaikan. Tarik napas, Bela, dan percayalah semua bisa kamu lalui dengan baik, kok.

6. Kekurangan pasangan makin terlihat

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-Tibahttps://www.pexels.com/@tr-n-long-3093985

Lama atau sebentar dalam menjalin hubungan, tidak menjadi indikator kamu bisa mengenal pasangan sedalam-dalamnya. Bisa saja, di minggu-minggu mendekati hari H, kamu mulai menemukan kekurangan pasangan yang dulu mungkin bisa kamu tolerir atau mungkin tidak terlihat sebelumnya. Sekarang, tergantung padamu, Bela, mampukah kamu menerima semua kekurangan dan kelebihannya?

7. Belum bisa menerima masa lalu

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-TibaFreepik.com/Freepic.diller

Setiap orang tentu punya masa lalu. Tak jarang, orang memiliki masa lalu pahit yang ingin dilupakannya. Namun bagaimana dengan kamu? Mampukah kamu menerima masa lalu pasangan dan bersiap menjajaki masa depan bersama? Kadang-kadang, masa lalu bisa menjadi cobaan yang akan kamu rasakan menjelang pernikahan.

8. Mendapat pekerjaan impian

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-Tibapxhere.com

Ketika kamu tengah sibuk mempersiapkan pernikahan, tiba-tiba justru datang tawaran pekerjaan baru yang selama ini kamu impikan. Sayangnya, di pekerjaan baru ini kamu tak boleh terikat pernikahan. Dilema pun seketika kamu rasakan. Sampai kapan pun, karier atau pernikahan adalah pilihan sulit yang mau tak mau harus segera kamu putuskan.

9. Kalian makin sering bertengkar

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-Tibafreepik.com/beststudio

Jelang hari H, kamu dan pasangan makin sering terlibat pertengkaran. Kalau sebelumnya kamu lebih sering ngambek secara sepihak, kini dua pihak makin sering perang mulut dan berdebat mempertahankan argumennya masing-masing. Hal kecil tak jarang malah dibesar-besarkan. Hal ini biasanya hadir karena kecemasan dan kegugupan jelang hari H.

10. Orangtua yang nggak kompak

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-TibaFreepik.com/Odua

Sejak dulu hingga sekarang, kebanyakan sifat orangtua memang dominan. Keluarga pihak laki-laki menginginkan A, tetapi pihak perempuan lebih menyukai B. Ada baiknya kamu dan pasangan bersiap-siap untuk hal yang satu ini. Meski kelihatannya sepele, perbedaan persepsi antar orangtua tetap saja mampu memicu perpecahan.

11. Goyahnya kepercayaan diri

11 Cobaan Jelang Hari Pernikahan yang Sering Datang Tiba-TibaPexels.com/Inna Mikitas

Tak jarang perempuan mengalami overthinking jelang hari H pernikahannya. Pertanyaan apakah dirinya bisa menjadi istri yang baik, apa bisa memasak setiap hari, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya akan mendadak mampir ke pikiran. Jika nanti kamu mengalaminya, coba tenangkan diri dan berbincanglah tentang hal positif dengan pasangan.

Itulah macam-macam cobaan dan godaan menjelang hari pernikahan yang mungkin akan kamu rasakan. Menikah memang terlihat menyenangkan, tapi untuk menggapainya kamu butuh sebuah perjuangan. Semoga rencana pernikahanmu lancar ya, Bela!

Baca Juga: Gemas! 10 Potret Undangan Pernikahan Unik a la Artis Indonesia

Baca Juga: 10 Cara Membangun Kepercayaan dalam Pernikahan

Baca Juga: Menikah Singkat, 7 Seleb Pria Ini Sudah Jadi Duda di Usia Muda