Menikah bukan keputusan yang mudah. Menikah ialah sebuah fase penting dalam hidup setiap manusia. Pada fase ini, kamu akan memilih seseorang untuk memulai hidup baru bersama, terlepas dari orangtua dan berjuang untuk bertahan hidup berdua. Setelah menjalani kehidupan pasca menikah selama beberapa tahun, maka 5 hal baru ini akan kamu dapatkan.

1. Menikah itu bukan hal mudah, dan kisahnya tak melulu indah

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapat Setelah Menikahwww.imdb.com
 

Satu hal yang pasti akan kamu camkan, bahwa rumah tangga ternyata tak seindah drama Korea ataupun kisah negeri dongeng. Kalau sebelumnya kamu sering menikmati drama-drama di layar kaca yang mengisahkan kehidupan sepasang anak manusia yang pada akhirnya menikah dan hidup dalam sebuah kerajaan yang megah tanpa masalah dan berharap pernikahanmu akan demikian, kamu salah. Pada kenyataannya, menikah itu akan ada banyak konflik. Kamu dan pasangan harus jadi pribadi tangguh dan tak mudah menyerah agar biduk rumah tangga kalian tidak hancur berantakan.

2. Pasca menikah kamu akan tahu lebih dalam tentang makna berbagi

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapat Setelah Menikahwww.imdb.com
 

Kamu akan menyadari betapa pentingnya hal yang satu ini, pelajaran berbagi bersama pasangan. Kalau sebelum menikah kamu selalu menghabiskan bonus dari bosmu seorang diri, kini ada seseorang yang juga harus kamu bagi. Kamu tak bisa meminta dimanja dan dituruti oleh suamimu terus-terusan, karena kamu harus saling berbagi dengan saling memberi dan menerima. Hal ini akan membuat pernikahanmu jadi terasa lebih indah dan bermakna.

3. Menikah itu tentang kedewasaan, bagaimana kamu belajar mengalahkan ego

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapat Setelah Menikahwww.imdb.com
 

Saat masih lajang, mungkin kamu hanya memikirkan dirimu sendiri. Tapi begitu menikah, kamu harus akrab dengan kata kompromi. Kamu harus belajar mengalahkan egomu sendiri. Kamu harus paham, bahwa mengalah bukanlah perkara gampang, butuh kesabaran tingkat tinggi. Kamu akan terus belajar memikirkan segala sesuatunya lebih jauh lagi. Ketika pasangan sedang emosi, maka kamu yang harus diam, begitu pun sebaliknya. Karena mengalah bukan lagi berarti kalah, tapi masing-masing sudah berpikir bagaimana dampak di masa depan.

4. Meski ternyata mertua tidak seseram di sinetron, tapi kamu jadi rindu keluargamu sendiri

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapat Setelah Menikahwww.imdb.com
 

Kalau kamu sering membayangkan betapa galak dan cerewetnya mertuamu nanti, setelah menikah hanyalah sesosok ibu-ibu biasa yang akan kamu dapati. Karena mertua memang selayaknya manusia biasa yang bisa berteman dan bersikap baik dengan siapa saja, termasuk denganmu sebagai menantunya. Mereka juga bisa menyayangi dan menganggap kamu sebagai anaknya sendiri, tapi entah mengapa kamu jadi lebih sering kangen keluargamu. Rasa rindu, ingin pulang kampung, dan bermanja-manja dengan orangtua akan jadi momen yang paling kamu ingat.

5. Kamu akan menemukan tim terbaikmu, segala masalah akan selesai hanya dengan gotong royong

5 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapat Setelah Menikahwww.imdb.com
 

Meski kamu dulu begitu bangga dengan dirimu yang mandiri, kini kamu harus belajar berkolaborasi atau bekerja sama dengan pasangan. Kamu akan mendapati dirimu mampu berbagi tugas dalam hal keuangan, hubungan antar keluarga, kewajiban sehari-hari, dan beragam hal lainnya. Kamu dan dia bukanlah rival, tidak ada masalah mengenai siapa yang bekerja lebih banyak mencari nafkah lebih besar, karena kalian adalah satu tim. Gotong royong akan sangat dibutuhkan karena kamu dan dia akan terus hidup bersama, selamanya.

Di dalam pernikahan kamu akan mendapati dirimu terus tumbuh dan berkembang, tapi tak lagi sendirian. Kamu hanya bisa mendapatkan hal-hal tadi setelah menjalani kehidupan pasca pernikahan ya, Bela.

BACA JUGA : Menikah Bukan Solusi Masalah Hidupmu! Coba Renungkan Hal-hal Ini