Raja Thailand Maha Vajiralongkorn memang penuh kontroversi. Kali ini, putra dari mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit ini dikenal sebagai sosok playboy yang tak bisa setia dengan hanya satu perempuan saja. Sangat berbeda dengan sang Ayah.

Selain pernah kawin-cerai, Vajiralongkorn yang kini menikah dengan Ratu Suthida Tidjai, juga memiliki selir. Selir kesayangannya yang bernama Sineenat Wongvajirapakdi ternyata juga menjadi kontroversi tersendiri bagi Kerajaan Thailand, meski sekarang statusnya itu sudah dicopot.

Setelah sempat dipenjara dan dibebaskan, ini fakta seputar mantan selir Raja Thailand tersebut.

1. Pernah menjadi pilot pesawat tempur

5 Fakta Mantan Selir Raja Thailand, Penuh Ambisi dan Sempat Dipenjaraaljazeera.com

Lahir di Provinsi Nan di Utara Thailand, Sineenat lulus dari Sekolah Perawat Militer. Setelah dilatih sebagai pilot, dia mengabdi di unit pengawal raja sebagai Mayor Jenderal.

2. Mendapat gelar selir

5 Fakta Mantan Selir Raja Thailand, Penuh Ambisi dan Sempat DipenjaraFoxnews.com

Sineenat, yang sebenarnya lahir dengan nama Niramon Ounprom ini, mendapatkan gelar Chao Khun Pra, yaitu selir kerajaan. Gelar tersebut merupakan yang pertama dalam 100 tahun terakhir, karena raja-raja sebelumnya tidak lagi mempraktikkan poligami.

Gelar tersebut diberikan pada Sineenat saat perayaan ulang tahun Raja Vajiralongkorn yang ke-67 pada Juli 2019.

3. Hanya beberapa bulan, gelar itu dicopot

5 Fakta Mantan Selir Raja Thailand, Penuh Ambisi dan Sempat Dipenjarabbc.co.uk

Namun sayang, Sineenat hanya menikmati gelar tersebut selama 3 bulan saja. Pada Oktober 2019, Raja mengeluarkan pernyataan untuk mencopot semua gelar kerajaan, militer, dan titel lainnya milik Sineenat. Hal itu lantaran Sineenat berambisi menggeser posisi Ratu Suthida sebagai permaisuri Raja.

Aksinya sama sekali tidak menghormati raja maupun tradisi kerajaan. Dia hanya ingin menguntungkan dirinya sendiri,” demikian penjelasan pihak Kerajaan Thailand dalam siaran persnya kala itu

4. Dijebloskan ke penjara

5 Fakta Mantan Selir Raja Thailand, Penuh Ambisi dan Sempat DipenjaraDok. Royal Household Bureau

Karena ambisinya itu pula, Sineenat dijebloskan ke Bang Kwang, penjara dengan tingkat keamanan maksimum dan setiap pergerakannya diawasi CCTV. Fasilitas tersebut, seperti dilansir DailyMail, menampung 1.000 terpidana mati.

5. Dimaafkan oleh sang Raja dan diajak ke Jerman

5 Fakta Mantan Selir Raja Thailand, Penuh Ambisi dan Sempat DipenjaraDok. Royal Household Bureau

Berita terbaru menyebutkan, Raja Vajiralongkorn telah memaafkan Sineenat dan mengeluarkannya dari penjara. Nggak tanggung-tanggung, sang Raja bahkan mengajak perempuan 35 tahun itu untuk karantina bersama di Jerman.

Sebelumnya diberitakan, Raja Vajiralongkorn melakukan karantina di era pandemi COVID-19 bersama istri dan 20 selirnya di sebuah hotel mewah di daerah Pegunungan Alpen-Bavaria, Jerman. Raja berusia 68 tahun itu bahkan tertangkap kamera paparazzi, Sabtu (29/08), tengah menjemput mantan selirnya itu di bandara.

Itulah sejumlah fakta mengenai Sineenat Wongvajirapakdi, mantan selir Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang penuh kontroversi.

Baca Juga: 5 Fakta Hubungan Kakak-Adik Kim Jong Un dan Kim Yo Jong

Baca Juga: Keluar dari Kerajaan, 5 Kabar Terbaru Meghan Markle dan Pangeran Harry

Baca Juga: Bersatu Lagi Karena Corona, Ini Kisah Cinta Ratu Elizabeth & Suami