Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sadari! 6 Tanda Istri Tertekan dengan Sikap Suami yang Tak Berubah

Kamu sudah lelah dengan kebiasaannya

Puspita Ramadhani

Seperti yang sudah kamu ketahui, menikah adalah menyatukan dua orang yang punya banyak perbedaan. Mulai dari perbedaan sikap, sifat, maupun tradisi keluarga.

Perbedaan itu memang dapat menimbulkan tradisi baru yang indah. Akan tetapi, jika perbedaan itu hanya menimbulkan konflik, pasangan suami istri seharusnya mampu mengomunikasikannya dengan baik. 

Kendati demikian, ada beberapa perempuan yang tidak bisa mengutarakan perasaannya. Alhasil, banyak istri yang tertekan dengan sikap suami. Jika kamu sedang bingung dengan kondisimu karena terbiasa memendam, sebaiknya kamu memperhatikan tanda-tanda istri tertekan dengan sikap suami di bawah ini. 

1. Hilang kesenangan

pexels.com/andrea-piacquadio

Istri yang kelihatan murung saat menjalankan tugasnya, menandakan bahwa dirinya sedang tidak baik-baik saja. Mereka memendam dan memikirkan segalanya, sehingga kesadarannya tidak hadir dalam setiap aktivitasnya. 

Menurut seorang konselor pasangan, hubungan suami istri yang berjalan baik bisa dilihat dari bagaimana mereka bisa tertawa dalam situasi apa pun. Jika kamu dan pasangan tidak bercanda dan tertawa, bisa jadi kalian berada dalam kebiasaan negatif yang mungkin perlu bantuan untuk menyelesaikannya.

2. Menutup diri

pexels.com/pixabay

Saat sedang duduk bersama di sofa, biasanya istri adalah pihak yang lebih sering mencari topik pembicaraan agar ia dan suaminya bisa memiliki waktu intim berduaan. Namun sayang, saat istri sedang merasa tertekan suami, ia akan enggan untuk bicara dan bahkan terkesan menghindar.

Ia akan tetap menatap ponselnya sambil menjawab pertanyaan dengan sekadarnya. Mungkin, inilah cara ia protes dengan menunjukkan bagaimana perlakuan suaminya kepadanya selama ini.

3. Menjadi lebih sensitif

pexels.com/alex-green

Saat hal-hal kecil mulai terasa seperti masalah besar, juga menjadi tanda istri tertekan dengan sikap suaminya. Pasalnya, ia tak lagi menunjukkan kesabaran dan sifat pemaafnya saat kamu melakukan masalah kecil. 

Sayangnya, banyak pasangan yang tidak peka dengan perubahan sikap yang dimiliki pasangannya. Alih-alih bertanya apa yang membuat istrinya jadi sensitif, mereka hanya akan melabeli pasangannya sebagai 'tukang marah' dan menjadi pihak yang selalu salah.

4. Menolak ajakan seksual

pexels.com/andrea-piacquadio

Tanda istri tertekan dengan sikap suami yang lainnya adalah enggan diajak untuk melakukan hubungan seksual. Sebab, suasana hati yang tidak baik tentu akan memberikan pengaruh kepada tingkat libido seseorang. 

Namun dalam hal ini, sebagian istri akan menolaknya dengan tegas, namun sebagian lainnya tetap akan melakukannya meski tidak menunjukkan minat untuk melakukannya secara lebih intim. Padahal, pernikahan hanya akan berjalan romantis apabila terjadi keintiman fisik dan juga emosional antara kamu dan suami.

5. Tidak memberikan reaksi apa pun

pexels.com/polina-zimmerman

Jika sebelumnya istri tertekan dengan sikap suami ditunjukkan dengan sikap yang sensitif dan mudah marah, kali ini tanda lain dari istri yang sedang tertekan adalah tidak adanya respons. Kamu seakan sedang melakukan perang dingin, di mana ini bisa menjadi lebih buruk daripada pertengkaran biasa. 

Jika sudah terjadi perang dingin, maka sebaiknya segeralah saling mencari tahu apa yang sedang menjadi pikiran masing-masing di antara kalian. Soalnya, perang dingin yang berkelanjutan akan mematikan suasana rumah dan membuat anak-anakmu menjadi tidak berada dalam lingkungan yang nyaman.

6. Memiliki pikiran perceraian

pexels.com/antoni-shkraba-production

Seperti yang sudah dikatakan, sikap istri tertekan dengan suami yang terus-menerus dibiarkan akan mengantarkanmu pada fantasi perceraian. Kamu membayangkan apakah jika bercerai kamu menjadi lebih bahagia dan tidak melihat sikap suami yang selalu membuatmu tertekan. 

Kamu akan menilai perandaian itu sebagai sesuatu yang menyenangkan. Karena itulah, dikhawatirkan kamu hanya akan mengutarakan keinginan pisah tersebut tanpa mencoba memperbaiki apa yang menjadi masalah sejak awal.

Mengalami kondisi yang tertekan memang tidak menyenangkan. Jika terus-menerus dipendam, maka kondisi tersebut akan menggerogoti batinmu.

Maka dari itu, jika kamu menemukan sikap suami yang dirasa kurang pantas dengan tradisi yang kamu miliki selama ini, cobalah untuk mengomunikasikannya secara perlahan kepada pasangan. Harapannya, ia akan mencoba memahami kondisimu, dan kamu juga terhindar dari perasaan tertekan.

Jika tanda-tanda istri tertekan dengan sikap suami seperti yang sudah disebutkan di atas terjadi padamu, segeralah mengambil tindakan dengan melakukan deeptalk dengan pasanganmu. Semoga masalahmu cepat teratasi, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Married