Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Prediksi Tren Foto Pernikahan di Tahun 2024, Blur sampai Disposable

Sesuai gaya Gen Z banget

Natasha Cecilia Anandita

Pernikahan tak lengkap jika tak ada fotonya. Selain venue, dekorasi, dan katering, persiapan penting lainnya saat menikah adalah vendor foto. Kehadiran fotografi pernikahan membuat hari bahagia tersebut terkenang sepanjang masa. 

Kini, fotografi pernikahan juga semakin canggih dan selalu berkembang. Di tahun 2023, tren foto pernikahan termasuk foto candid, foto yang diambil lewat drone, sampai dibuatnya sebuah film. Kira-kira tahun 2024 akan seperti apa tren foto pernikahannya?

Melansir dari The Knot, berikut prediksi tren doto pernikahan di tahun 2024 yang sesuai banget dengan gaya Gen Z. 

1. Blurred action

katelynfaye.com

Di tahun 2024, foto pernikahan yang akan kembali naik adalah foto dengan efek blur atau blurred action. Foto buram semakin populer dalam pernikahan karena terlihat estetik. Foto ini menambahkan gerakan dan kualitas seperti mimpi pada gambar.

Efek ini menambah romantisme ke dalam foto yang membuatnya lebih menawan. Cara terbaik untuk mendapat foto buram yang bagus adalah dengan memastikan wajah subjek, atau setidaknya mata mereka, berada dalam fokus sementara yang lainnya diburamkan.

Gaya satu ini menjadi populer karena terasa lebih otentik. Sebuah foto gerak yang kabur terkadang dapat membantu merasakan emosi dari gambar tersebut. Ini juga perlu keahlian khusus agar hasilnya lebih baik, jadi akan terasa lebih unik.

2. Menggunakan kamera disposable

analogcc.com

Balik ke jaman dulu, tren fotografi pernikahan saat ini kembali membawa kamera sekali pakai dengan efek vintage. Kamera ini juga dapat digunakan oleh para tamu untuk mengabadikan momen tersebut dan nantinya akan dicetak.

Kamera disposable sendiri dapat memengaruhi para tamu untuk berbaur dan menangkap kenangan yang indah dan candid. Hasil foto ini mungkin terlihat lebih nyata dan memorable karena benar-benar diambil dari para tamu.

Selain mencetaknya, kamu juga bisa mengunggahnya secara online karena ada beberapa kamera disposable yang cukup canggih. Namun, sepertinya tren ini cocok untuk kamu yang mengadakan intimate wedding. Perlu diketahui juga, ini hanyalah kamera tambahan di samping kamera untuk foto resmi kalian. 

3. Dokumenter atau foto jurnalistik

kevinmullinsphotography.co.uk

Salah satu tren fotografi pernikahan terbaru adalah gaya dokumenter atau foto jurnalistik. Megan Breukelman, pakar pengambilan foto, menjelaskan tren ini menjadi istimewa karena foto-foto yang dihasilkan cukup sempurna dan tertata seperti di majalah, serta terasa lebih otentik. Ini membuatnya akan lebih estetik saat diunggah ke media sosial.

Gaya fotografi satu ini juga menggambarkan pernikahan dalam bentuk aslinya. Apalagi dalam foto dokumenter atau jurnalistik, tidak banyak yang diedit sehingga menampilkan keaslian dari momen tersebut. 

4. Foto dengan drone

thetwoweddingphotographers.com

Drone sudah banyak digunakan untuk berbagai acara termasuk pernikahan. Katelyn James, pendiri dan pendidik di Katelyn James Photography, menjelaskan fotografi pernikahan dengan drone semakin populer karena akan menghasilkan suatu foto yang epik.

"Melihat sesuatu dari sudut pandang yang tidak biasa akan selalu menarik perhatian orang. Rekaman drone menambahkan tingkat baru pada kenangan visual di hari bahagiamu," kata Katelyn.

Apalagi jika kamu menggelar pesta pernikahan di outdoor atau tempat dengan pemandangan indah. Pasti kamu tak ingin menyianyiakannya dan ingin memasukan view indah tersebut ke dalam album foto pernikahanmu, kan. 

Tapi, kamu juga harus mempertimbangkan budget-mu. Penggunaan drone mungkin akan lebih mahal jika tidak termasuk dalam paket foto pernikahan. Ini juga akan sedikit berisik saat mereka diterbangkan. 

5. Fotografi film

theknot.com/Michelle Lea Photographie

Tren selanjutnya adalah fotografi film yang memberikan tampilan klasik untuk foto pernikahanmu. Film adalah gaya fotografi tertua yang ada dan membutuhkan kamera khusus dengan jumlah frame yang terbatas untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Jumlah frame yang terbatas mendorong fotografer pernikahan untuk lebih memikirkan momen yang akan mereka abadikan, sehingga menghasilkan album pernikahan yang lebih baik.

Selain itu, fokus pada kamera film biasanya tidak setajam kamera digital, tetapi hal ini membuat gambar terlihat lebih lembut dan romantis. Lagi-lagi tren foto ini akan memberikan sesuatu yang lebih nyata dan asli. Tak hanya itu, hasilnya akan sangat estetik klasik seperti hubungan yang akan dimakan waktu. 

6. Lampu kilat langsung atau Direct Flash Photography

wildromanticphotography.com

Salah satu tren fotografi pernikahan 2023 yang akan berlanjut ke tahun depan adalah foto dengan lampu kilat langsung. Karena menggunakan flash, kamu mungkin akan merasa seperti selebriti yang tertangkap kamera paparazi saat berjalan menyusuri pelaminan. 

Foto-foto yang dihasilkan sangat kontras dan menampakkan wajahmu, memberikan kesan bahwa kamu sedang hidup di dunia yang mewah. Fotografi flash (dan film) adalah tren pernikahan Gen-Z saat ini, yang menawarkan kemewahan dan estetika vintage yang tak lekang oleh waktu.

7. Potret pernikahan di balik veil

pexels.com/lewis-ashton

Tren terakhir adalah potret di balik veil. Aksesoris satu ini menjadi bagian paling ikonik dari pakaian pengantin. Bahkan dengan veil, beberapa foto tercipta, mulai dari veil yang tertiup angin hingga kamu dan pasangan yang meringkuk di bawahnya.

Meski bukan hal yang baru, tapi gaya foto satu ini populer lagi karena menyenangkan dan tak lekang oleh waktu. Ini juga terkesan klasik dan menggambarkan bahwa kamu dan pasangan siap untuk membwa kehidupan baru bersama. 

Mengutip dari The Knot, Sulak, seorang pembicara yang inspiratif, menjelaskan bahwa veil adalah penutup yang dapat merepresentasikan banyak hal dalam hubungan. Momen yang indah ini memberikan interpretasi artistik tentang cinta, hubungan dan keindahan.

Itulah 7 prediksi tren foto pernikahan di tahun 2024. Kamu suka gaya yang mana?

IDN Media Channels

Latest from Married