Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ikonik! Ini 11 Lokasi yang Jadi Tempat Pernikahan Favorit Seleb Dunia

Menikah sekaligus healing

Natasha Cecilia Anandita

Salah satu hal penting dari pernikahan adalah venue atau tempat pernikahannya. Ada yang suka menikah secara outdoor dengan pemandangan alam yang menyegarkan dan indah. Ada juga yang suka di dalam ruangan dengan dekorasi megah. 

Tak ada yang salah dengan keduanya, karena setiap orang punya dream wedding-nya masing-masing. Begitu juga dengan para selebriti ini yang menjadikan pernikahan mereka begitu mewah dan tak terlupakan yang digelar di tempat yang unik nan romantis. 

Dari pemandangan danau sampai di kastil megah, berikut 10 tempat pernikahan artis yang unik dan romantis dari seluruh dunia. 

1. George Clooney dan Amal Alamuddin: Venesia, Italia

Berbagai sumber

Pasangan George Clooney dan Amal Alamuddin menggelar pernikahan romantis dan mewah di Venesia, Italia selama beberapa hari pada tahun 2014 lalu. Venesia sendiri dikenal sebagai salah satu kota romantis di Italia dengan sungainya yang indah.

Awalnya ingin dirahasiakan, pernikahan mereka bocor kala pasangan ini terlihat tiba di Venice menggunakan perahu dari Lake Como Villa. Upacara pernikahan George dan Amal berlangsung di Aman Venice, sebuah resor mewah mewah yang terletak di jantung kota. 

Setelahnya, pengantin tersebut bersama para tamu undangan menggelar pesta meriah dengan berbagai hidangan khas Itali dan minuman mahal. Pasangan itu kembali menggelar upacara sipil atau hukum untuk pernikahan mereka di Ca'Farsetti, balai kota Venesia. Mereka tiba di tempat tujuan dengan taksi air yang menjadi momen ikonik. 

2. Kourtney Kardashian dan Travis Barker: Portofino, Italia

instagram.com/kourtneykardash

The Kardashian diketahui merupakan keluarga sosialita dengan hidup mewahnya. Hal ini tak terlepas dari perayaan pernikahan yang besar pula. Salah satunya, pernikahan Kourtney Kardashian dengan Travis Barker yang digelar di Portofino, Italia.

Ada beberapa pesta dan acara yang dua seleb ini gelar. Pertama, mereka diam-diam mengikat janji suci di kapel Vegas, Nevada setelah datang ke acara Grammy Awards pada April 2022. Dilanjutkan dengan upacara peresmian secara hukum untuk mendapat surat nikah, satu bulan setelahnya, di gedung pengadilan Santa Barbara yang berlangsung secara intimate.

Puncaknya adalah dalam pesta perayaan bertabur bintang di Portofino, Italia. Pesta itu dimulai dengan menikmati penyambutan kedua mempelai di kapal mewah berlatar danau Portofino dengan makan malam yang menampilkan menu Italia klasik.

Keesokan harinya, digelarlah upacara pernikahan Katolik gothic yang berlangsung di L'Ulivetta. Untuk resepsi, pasangan ini memilih kastil abad pertengahan, Castello Brown, sebagai tempat bahagia mereka. Lagu-lagu hits dari Beyoncé, Jackson 5, dan band milik Barker, Blink-182 memenuhi pesta itu. 

3. Nick Jonas dan Priyanka Chopra: Jodhpur, India

people.com

Ayo kita terbang ke India untuk tempat pernikahan selanjutnya yang juga begitu unik. Jodhpur, India menjadi destinasi pilihan Nick Jonas dan Priyanka Chopra untuk pesta pernikahan mereka yang berkonsep fusi.

Pesta yang berlangsung selama tiga hari pada Desember 2018 lalu itu merupakan bentuk penghormatan kepada warisan budaya dari keluarga Priyanka Chopra. Acara yang berlangsung di akhir pekan itu dipadati oleh acara pernikahan tradisional, dimulai dengan upacara Haldi; sebuah tradisi India di mana pasta kunyit dioleskan ke calon pengantin dalam upaya untuk membersihkan tubuh mereka dan memberikan keberuntungan menjelang pernikahan.

Berikutnya Mehendi, sebuah ritual di penting dalam pernikahan India, di mana pengantin perempuan menerima "noda" mehndi merah-oranye di telapak tangan, punggung tangan, dan kakinya. Acara tersebut merupakan dream wedding dari Priyanka dan Nick.

Untuk pre-wedding, mereka mengambil tema pujian untuk Jodhpur, kesan biru laut, serta sentuhan palet kuning dan putih di sepanjang kolam. Menutup pesta pre-wedding, ada perayaan Sangeet, sebuah acara perayaan dengan musik dan tarian yang dihadiri oleh pasangan, serta keluarga dan teman-teman mereka.

Akhirnya, pasangan tersebut mengadakan dua upacara pernikahan: pertama, sebuah acara pheras pada tanggal 1 Desember untuk menghormati kebudayaan Hindu Priyanka Chopra; dilanjutkan dengan upacara Kristiani di Istana Umaid Bhawan, salah satu tempat tinggal pribadi termegah dan termewah di dunia.

4. Ciara dan Russell Wilson: Cheshire, England

hellomagazine.com

Mau pernikahan a la bangsawan? Kamu mungkin bisa memilih daerah Cheshire, Inggris seperti yang dipilih oleh Ciara dan Russell Wilson. Pernikahan mereka menjadi salah satu pernikahan selebriti terbaik.

Pasangan ini awalnya akan menikah di Carolina Utara, tetapi kemudian memilih Kastil Peckforton, sebuah istana abad ke-19 di Cheshire, Inggris. Pernikahan mereka berlangsung hangat dan bahagia yang dihadiri selebriti papan atas lainnya. Foto pernikahannya sangat cantik dengan latar kastil kuno yang megah bak negeri dongeng. 

5. Sophie Turner dan Joe Jonas: Provence, Perancis

instagram.com/shopiet

Sophie Turner dan Joe Jonas memilih Kota Cinta di Prancis untuk hari bahagia mereka. Walau sudah melangsungkan janji suci di Las Vegas, keduanya memilih merayakan pernikahan bersama para orang-orang terdekat di luar negeri.

Perayaan tersebut dimulai dengan jalan-jalan dan minum seharian di Paris. Setelah beberapa hari bersenang-senang, rombongan pengantin ini melakukan perjalanan ke pedesaan Prancis untuk kembali melangsungkan upacara pengikatan janji suci kedua mempelai di Le Château de Tourreau. Le Château de Tourreau sendiri merupakan sebuah perkebunan menawan yang terletak di atas lahan seluas 20 hektar di jantung kota Provence.

6. David dan Victoria Beckham: Dublin, Irlandia

Berbagai sumber

Power couple, David dan Victoria Beckham, juga memilih menikah di sebuah kastil di Dublin, Irlandia. Pasangan ini resmi menjadi suami istri pada 4 Juli 1999, di Kastil Luttrellstown di Dublin, Irlandia.

Acara pernikahan dimulai dengan mengadakan pemberkatan di kapel terdekat sekitar kastil abad ke-15 itu. Pernikahan mereka menjadi yang paling unik sekaligus aneh yang terinspirasi oleh film Disney, Robin Hood. 

7. Justin Timberlake dan Jessica Biel: Puglia, Italia

Berbagai sumber

Power couple Hollywood, Justin Timberlake dan Jessica Biel, menikah pada 19 Oktober 2012 di wilayah Puglia, Italia yang saat itu kurang dikenal. Ini menjadi pernikahan selebriti paling intimate dan privat yang pernah ada. 

Para tamu undangan, termasuk Jimmy Fallon, Andy Samberg, dan Beverly Mitchell, dibawa terbang ke selatan Italia untuk menghadiri hari bahagia Justin dan Jessica. Untuk para tamu, pengantin ini bahkan menyediakan resor Borgo Egnazia, tempat peristirahatan mewah dengan 63 kamar dan 28 vila yang jauh dari paparazi dan punya pemandangan indah.

8. Chrissy Teigen dan John Legend: Danau Como, Italia

brides.com

Danau Como adalah tujuan favorit di kalangan selebriti yang ingin menikmati pedesaan Italia dengan privasi maksimal. Hal ini yang membuat Chrissy Teigen dan John Legend memilih danau tersebut sebagai latar yang sempurna untuk pernikahan romantis mereka.

Pasangan itu menikah pada 14 September 2013, di Villa d'Este yang mewah menghadap ke Danau Como di depan 125 orang terdekat mereka. Terlepas dari lokasinya yang sangat indah, menuju ke sana menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa tamu. Upacara tersebut sempat tertunda beberapa jam karena menunggu semua tamu hadir. 

9. Miles Teller dan Keleigh Sperry: Maui, Hawaii

vogue.com

Hawaii memang dikenal sebagai destinasi bulan madu yang populer. Tapi, negara bagian Amerika Serikat itu juga bisa menjadi tempat yang menakjubkan untuk menikah, sebagaimana dibuktikan dengan pernikahan Miles Teller dan Keleigh Sperry.

Aktor tersebut menikahi kekasih modelnya, Keleigh Sperry, pada 1 September 2019 di Hotel Ritz Carlton Kapalua di Maui. Lokasi tersebut dipilih karena mengandung nilai sentimental, yang terinspirasi dari salah satu tradisi keluarga Keleigh Sperry.

Hawaii adalah tempat yang dipilih untuk liburan tahunan keluarga Keleigh Sperry selama bertahun-tahun. Hari pernikahan pasangan tersebut dimulai di sebuah gereja Katolik. Resepsi digelar di tepi pantai sampai momen indah matahari terbenam. Sedangkan after party-nya berlangsung di ballroom yang didekorasi sedemikian rupa menjadi oasis bertema hutan tropis yang rimbun. 

10. Kate Upton dan Justin Verlander: Tuscany, Italia

instagram.com/kateupton

Model Kate Upton dan atlet baseball Justin Verlander, memilih kota Tuscany, Italia untuk pernikahan mereka. Pernikahan mereka punya cerita unik, pasalnya keduanya hampir gagal menikah. Kate dan Justin berencana menikah pada tanggal 4 November 2017, tapi pada 2 November 2017, Justin masih di Los Angeles untuk Game 7 dari World Series. 

Untungnya, keduanya berhasil sampai ke resor Rosewood Castiglion Del Bosco tepat waktu. Keduanya akhirnya melangsungkan upacara pernikahan di resor tersebut dengan dekorasi "taman rahasia" yang spektakuler hasil dekorasi toko bunga Tuscany Flowers.

Pernikahan mereka begitu romantis menghadap ke pedesaan Tuscan yang luas. Saat pesta resepsi dimulai, kembang api mulai menerangi langit malam dengan lantunan musik dari para band. Pasangan ini pun sekaligus menikmati bulan madu di sana. 

11. Cindy Crawford dan Rande Gerber: Bahama

yahoo.com, vogue.com

Cindy Crawford dan Rande Gerber merupakan pasangan Hollywood yang punya kisah cinta paling menawan. Kisah tersebut diawali dengan pernikahan mereka di tahun 1998. Supermodel itu terbang ke Ocean Club di Nassau, Bahama, untuk menikah dengan Rande Gerber yang adalah seorang pengusaha.

Bukan pesta mewah dan glamor, pernikahan mereka justru sebaliknya. Ini merupakan pesta sederhana, intimate, dan santai di tepi pantainya yang hanya dihadiri 90 tamu. Kedua pengantinnya pun berfoto bertelanjang kaki dengan busana pernikahan yang santai, tapi tetap bernilai tinggi.

Cindy membawa buket kecil bunga putih dan menata rambutnya sesederhana mungkin. Sementara Rande hanya mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam yang tidak dimasukkan.

Mereka berjalan bersama menuruni tangga menuju tempat pernikahan di pinggir pantai untuk mengikat janji suci. Malamnya, mereka pun melakukan pool party dengan busana renang dan bersenang-senang bermain air. 

Itulah tempat pernikahan artis yang unik tapi juga romantis yang bisa menginspirasimu. 

IDN Media Channels

Latest from Married