Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Keguguran, Begini Perjalanan Kehamilan Kiky Saputri yang Penuh Ujian

Bersyukur punya suami yang setia

Natasha Cecilia Anandita

Di suasana masih awal tahun ini, kabar bahagia sekaligus duka menghampiri Kiky Saputri dan suami. Pada Januari 2024 lalu, pasangan ini mengumumkan kabar bahagia bahwa mereka sedang menanti anak pertamanya. 

Namun, pada Minggu (17/3/2024) kemarin, Kiky ditemani suaminya, M. Khairi, membagikan kabar duka bahwa ia telah kehilangan bayi di dalam kandungannya. Sambil meneteskan air mata, Kiky bercerita tentang keguguran yang ia alami, bahkan sampai harus kehilangan satu ovariumnya. 

Berikut kisah Kiky Saputri dan suami dari umumkan kehamilan hingga harus kehilangan anak pertama mereka yang dibagikan dalam video di kanal YouTube-nya.

1. Umumkan kehamilan pada 10 Januari 2024

instagram.com/kikysaputrii

Pada 10 Januari 2024 lalu, Kiky Saputri dan Khairi mengumumkan kabar bahagia kalau mereka sedang menanti kehadiran anak pertamanya. Kehamilan tersebut diketahui Kiky pada hari keberangkatan mereka ke London untuk berlibur. Kehadiran bayi kecil itu menjadi kado tersendiri untuk anniversary pernikahan mereka yang pertama.

2. Awalnya mau pengobatan membersihkan kista

instagram.com/kikysaputrii

Kehamilan Kiky sendiri tak pernah disangka sebelumnya. Awalnya pasangan ini justru berniat untuk melakukan pengobatan terkait kista yang ada di rahim Kiky. Enam bulan setelah pernikahan, Kiky dan Khairi mengetahui kalau ada kista di luar dinding rahim sang komika. Namun, mereka baru hendak mengobati kista tersebut di awal tahun ini. Takdir berkata lain, mereka justru diberi anugerah terindah berupa janin dalam kandungan Kiky. 

3. Tak pernah mengidam yang aneh dan selalu aktif

instagram.com/kikysaputrii

Selama hamil, Kiky mengaku tak pernah mengidam hal-hal yang aneh. Ia bahkan selalu aktif bekerja, jalan-jalan, memakai sepatu tinggi, dan celana jeans walau sempat ditegur oleh netizen. Saat bercerita di kanal YouTube-nya, Kiky mengaku kalau bayinya tak pernah membuat dirinya repot. 

Seperti ibu hamil umumnya, ia merasa mual, tapi tak sampai munta-muntah berlebih. Ia juga sangat suka rujak dan sampai membawanya saat liburan ke London. Ketika hamil, makanan kesukaannya pun berubah mengikuti sang suami. Dari yang hanya suka bakso dan makanan Indonesia lainnya, ia justru jadi suka makanan Eropa yang merupakan makanan favorit Khairi.

4. Mulai rasakan sakit hingga flek

instagram.com/kikysaputrii

Tetap aktif saat hamil, Kiky ternyata sempat kecapekan dan mulai merasakan sakit di perutnya. Ia juga mengalami flek, tapi tak dianggap serius karena sepengatahuannya, flek di trimester pertama kehamilan adalah hal yang biasa. Sampai akhirnya ia merasa kalau sakit di perutnya semakin tak membaik, bahkan fleknya bertambah banyak.

Bersama sang suami, Kiky pun periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi kandungannya. Ternyata, semakin berkembang janin, kistanya juga turut berkembang yang menghasilkan rasa sakit.

5. Kehilangan calon buah hati karena kista

youtube.com/@kikysaputriofficial

Setelah periksa ke dokter, ternyata bayi dalam kandungan Kiky mulai melemah detak jantungnya. Di hari pemeriksaan, ia dan suaminya pulang, berharap ada keajaiban. Sayangnya, takdir berkata lain. Keesokan harinya, detak jantung sang bayi sudah tak ada, sehingga mereka harus merelakan calon buah hatinya. 

Kiky pun menjalankan prosedur kuret pada bulan Februari 2024 kemarin di usia kandungannya 10 minggu. Bayinya dikatakan dokter tak berkembang lagi. Seharusnya di usia 2,5 bulan, ukurannya sudah 3 cm namun bayi Kiky hanya 1,5 cm. Alasan kegugurannya salah satunya adalah kecapekan yang sampai saat ini masih ia selalu dan jadikan pelajaran. 

Namun selain itu, kista yang mulai menempel di dinding rahim atau tuba falopi, dan menekan area sekitar juga menjadi alasan keguguran. Sari-sari makanan yang harusnya mengalir ke bayinya, jadi terhambat karena kista. 

Kiky dan Khairi sebelumnya tak ingin membagikan kabar duka ini pada semua orang. Tapi, karena tak ingin membuat kecewa dan ingin membagikan pelajaran penting tentang menjaga kehamilan akhirnya mereka bagikan.

6. Angkat kista beserta ovarium kiri

instagram.com/kikysaputrii

Pada 6 Maret 2024 lalu, Kiky kembali mengalami sakit tak tertahankan. Ia kira adalah sakit mau haid, tapi setelah diperiksakan ke dokter, ternyata sakit dari kistanya yang semakin berkembang. Kista di dinding rahimnya itu semakin membesar, meradang, sudah menempel di tuba falopi kirinya bahkan menyelimuti dan menggerogoti ovarium kirinya. 

Oleh karena itu, Kiky harus menjalani operasi mengangkat kista beserta dengan ovarium kirinya. Jika kista dan ovariumnya tidak diambil, maka bisa pecah dan membahayakan nyawa Kiky nantinya. Ovarium kiri tersebut juga ternyata merupakan tempat sang janin Kiky dahulu berkembang. 

Syukurnya, operasi berjalan dengan lancar dan setelah bed rest, Kiky sudah kembali pulih. Dokter juga mengatakan walau ia kehilangan ovarium kirinya, ia masih punya ovarium kanan yang sehat dan masih bisa untuk hamil kembali di kemudian hari.

7. Tetap kuat karena dukungan suami

instagram.com/kikysaputrii

Mengalami masa-masa terendah dalam kehidupan pernikahan mereka, mulai dari adanya kista, kehilangan bayi, dan kehilangan ovarium, Kiky dan Khairi mengatakan mereka sampai bertengkar dan marahan. Keduanya mengaku mungkin karena kondisi mental mereka yang belum stabil saat itu. 

Sampai akhirnya, mereka bisa melalui semua itu dengan baik dan kembali berharap. Kiky juga mengaku sangat bersyukur serta beruntung memiliki Khairi sebagai suaminya. Khairi selalu ada di samping Kiky saat menghadapi masa terberat dan bersama-sama. Keluarga mereka juga memberikan dukungan dan semangat untuk pasangan ini agar tak terus-menerus terpuruk. 

"Salah satu hal yang aku syukuri adalah karena selama melaui proses itu, ada suami aku di samping aku, yang dengan ikhlas, dengan kasih sayang yang besar mau mendampingi aku, apa ya, mau menenangkan aku. Karena waktu kejadian itu tuh, kalau dianya nggak kuat mungkin aku akan bisa lebih hancur, gitu. 

Tapi, dia yang selalu menguatkan aku bahwa, 'nggak apa-apa sayang, aku akan selalu ada buat kamu dalam kondisi apa pun. Kita akan lewatinya berdua, sama-sama.' Kalimat itu yang membuat aku kaya alhamdullilah," cerita Kiky sambil tak kuasa menahan tangis.

Itulah cerita kehamilan hingga keguguran yang dialami Kiky Saputri dan Khairi. Kuat selalu untuk Kiky dan Khairi!

IDN Media Channels

Latest from Married