Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Usai Digugat Cerai Virgoun, Inara Rusli Lepas Cadar Demi Biayai Anak

Virgoun cabut gugatan cerai, tambah tuntutan hak asuh anak

Natasha Cecilia Anandita

Permasalahan rumah tangga Inara Rusli dan Virgoun masih belum usai. Sempat menggugat cerai sang istri, Virgoun mendadak justru mencabut gugatan cerai tersebut pada Rabu (17/5/2023) kemarin. Alasannya, karena ada hak asuh anak yang ingin diajukan dari pihak Virgoun.

Di sisi lain, Inara Rusli membuat publik terkejut karena keputusannya yang rela melepas cadar yang sudah ia kenakan beberapa tahun belakangan karena tuntutan pekerjaan demi mencukupi kebutuhan anak-anaknya. 

Padahal dulu Inara hijrah dan menggunakan hijab serta cadar untuk suaminya. Karena masalah rumah tangga, ia akhirnya rela untuk melepasnya. Berikut kisah Inara Rusli dari putuskan berhijab dan bercadar, hingga kini membuka cadarnya dan menghadapi masalah rumah tangga dengan Virgoun. 

1. Berhijab dan pakai cadar atas permintaan suami

instagram.com/mommy_starla

Inara Rusli awalnya merupakan selebriti yang aktif di dunia hiburan. Ia juga menjadi salah satu anggota girl band bernama Bexxa pada 2013 lalu. Awalnya, penampilannya cukup terbuka. Sering tampil dalam satu acara yang sama, di sinilah Virgoun dan Inara bertemu. 

Keduanya akhirnya mantap menikah pada 2014. Setelah menikah, Inara memutuskan untuk hijrah. Ia pun menggunakan hijab, kemudian memutuskan bercadar demi sang suami. Inara Rusli mengungkapkan bahwa Virgoun dulu pernah memintanya memakai cadar supaya tidak dilirik oleh laki-laki lain. Rumah tangga mereka dahulu banyak menerima komentar baik dan didoakan.

2. Meski sunnah, Inara bercadar karena salah satu perintah Allah

instagram.com/mommy_starla

Selain karena suaminya, Inara memutuskan untuk berhijab terutama adalah untuk Allah. Seiring berjalannya waktu, Inara justru menyadari dan merasa mantap untuk memakai cadar, bukan hanya karena menuruti sang suami, tetapi demi menjalankan perintah Allah SWT.

3. Alami masalah rumah tangga, Inara sebut diminta buka cadar

instagram.com/mommy_starla

Dalam sebuah konferensi pers, Ustaz Derry Sulaiman, salah satu orang terdekat Inara dan Virgoun, mengungkap bahwa Inara Rusli mengaku sempat diminta Virgoun untuk melepas cadarnya.

"Inara itu berniqab ada hubungan dengan saya dan keluarga. Dulu Inara datang ke rumah bersama Virgoun, curhat soal istri digodain orang karena terlalu cantik. Jadinya, ya, saya sarankan ke dia untuk tutup saja Inara dengan niqab. Akhirnya kita pasangkan beberapa tahun lalu," jelas ustaz Derry Sulaiman.

"Kemudian Inara cerita ke saya kalau dia diminta untuk membuka cadarnya oleh Virgoun. Awalnya saya nggak percaya soalnya memang dia sendiri yang meminta istrinya ditutup. Aku pas pergi umrah, ternyata viral masalah rumah tangga ini," tambahnya.

Usai ditimpa masalah rumah tangga dan membongkar perselingkuhan suaminya, awalnya Inara masih tak ingin membuka cadar. Namun, ia mulai berpikir kembali tentang penampilannya itu. 

Setelah masalah rumah tangga hadir hingga gugatan cerai dilayangkan, artis kelahiran 1993 itu mulai memikirkan kembali hidupnya kelak, terutama untuk sang anak. Ia sempat berpikir, mungkin cadarnya bisa sedikit menghambat kariernya dalam mencari uang untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya. 

4. Kondisi darurat, Inara Rusli rela lepas cadar di depan media

Dok. Internet

Dalam konferensi pers pada Kamis (18/5/2023) di Senopati, Jakarta Selatan, di depan media Inara rela melepas cadarnya karena kondisi darurat. Inara mengaku butuh waktu untuk siap membuka cadar dan menunjukan wajahnya di hadapan publik. Keputusannya itu sudah ia persiapkan dan pikirkan matang-matang sejak ia digugat cerai oleh sang suami.

"Ada unsur darurat di sini, oleh karena itu aku harus buka cadar. Mudah-mudahan teman-teman media semuanya, netizen, nggak berburuk sangka sama aku karena aku juga berjuang untuk anak-anakku," ujar Inara Rusli.

Demi menafkahi anak-anaknya, Inara Rusli akan mencari uang dengan kembali ke dunia hiburan. Ia merasa cukup gugup untuk tampil lagi di hadapan kamera setelah sekian tahun hanya menjadi ibu rumah tangga di rumah.

5. Tetap minta nafkah anak dari Virgoun

instagram.com/mommy_starla

Walau mampu untuk menafkahi anaknya seorang diri, Inara tetap menuntut nafkah dari Virgoun. Menurutnya, apa pun yang terjadi dalam rumah tangganya, Virgoun tetap seorang ayah untuk anak-anak mereka yang berkewajiban memberikan nafkah.

"Kalau itu (nafkah) sudah kewajiban seorang bapak. Tapi kan aku juga harus mencari uang buat anak-anakku," ujarnya.

6. Virgoun tarik gugatan cerai dan minta hak asuh anak

instagram.com/virgoun_

Inara Rusli memang sudah digugat cerai Virgoun sejak ia mengajukan permohonan talak ke Pengadilan Agama Jakarta Barat pada 4 Mei 2023 lalu dengan Nomor 1377/g/2023. Namun, pihak Virgoun yang diwakili kuasa hukumnya, Wijayano Hadisukrisno dan Sandy Arifin, datang menghadiri sidang perdana perceraian di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat, Rabu (17/5/2023), dan mencabut permohonan talak cerai terhadap Inara. 

Alasan mencabut gugatan cerai tersebut karena Virgoun ingin melengkapi permohonan dengan memasukkan tuntutan hak asuh terhadap ketiga anaknya. 

“Karena tadinya awal kita tidak memasukkan masalah anak untuk diasuh. Cuma di belakang hari keluarga sudah berembuk, hak hadhanah (asuh) mau kami minta,” tutur Wijayano Hadisukrisno.

“Jadi makanya dalam kesempatan tadi kami dalam waktu sehari atau dua hari akan ajukan lagi gugatannya dan kami akan tambahkan soal anak. Iya (hak asuh penuh) ketiga anak tersebut,” tambah Wijayano lagi.

Itulah fakta-fakta terbaru dari masalah rumah tangga Inara Rusli dan Virgoun. Mulai dari Virgoun yang menggugat cerai dan minta hak asuh anak, hingga Inara yang rela melepas cadar demi menghidupi anak-anaknya. Semoga masalahnya bisa selesai dengan baik, ya. 

IDN Media Channels

Latest from Married