Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Aturan yang Harus Dipatuhi untuk Jadi Menantu Konglomerat Korea

Nggak bisa sembarangan!

Natasha Cecilia Anandita

Punya pasangan dari keluarga konglomerat mungkin mimpi dari kebanyakan orang. Namun, pastinya hal tersebut juga nggak mudah, kan, Bela. Mungkin hanya sedikit orang yang bisa bernasib seperti Kate Middleton atau tokoh Cinderella. 

Menikah dengan keluarga chaebol (konglomerat) kaya dan berkuasa di Korea sering dianggap sebagai “impian”. Namun, meski tak perlu khawatir lagi tentang uang, ada pula tekanan yang sangat besar yang menyertainya.

Di drama Korea, perempuan yang masuk ke dalam keluarga chaebol diharuskan mengikuti banyak aturan ketat. Kira-kira apakah sama di kehidupan nyata?

Pada tahun 2018, dalam sebuah acara di Chosun TV, mantan pembawa berita TV, Noh Hyun Jung, yang merupakan menantu perempuan dari pemilik Hyundai mengungkapkan beberapa fakta mengejutkan tentang kehidupannya sebagai bagian dari keluarga chaebol, sehingga menarik banyak perhatian publik. 

Kira-kira apa saja sih peraturan yang harus dipatuhi dan realitanya? Berikut fakta-faktanya melansir dari KBIZoom. 

1. Harus selalu rendah hati

soompi.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai menantu dari keluarga konglomerat adalah harus selalu rendah hati. Meski menjadi bagian dari keluarga konglomerat, sikap arogan dan berkuasa tak boleh diperlihatkan. Justru, mereka harus rendah hati dan lebih low profile. 

Contohnya, Noh Hyun Jung yang walau sudah dikenal sebagai pembawa berita selama bertahun-tahun, cantik, cerdas, dan memiliki karier sendiri, tetapi begitu dia memasuki keluarga konglomerat, dia harus mundur dari posisinya dan tidak menonjolkan diri. 

2. Bertindak dengan hati-hati

soompi.com

Sama seperti selebriti, keluarga konglomerat juga menjadi sorotan di Korea Selatan. Setiap gerak-geriknya diawasi media dan publik. Oleh sebab itu, bertindak hati-hati sangat perlu dilakukan untuk mereka yang menjadi menantu keluarga chaebol. Salah berkata atau bertindak sedikit saja, sudah akan ada rumor yang muncul yang bisa memengaruhi citra keluarga tersebut beserta seluruh bisnisnya. 

3. Jangan bertindak dengan cara yang menarik perhatian

soompi.com

Tak jauh berbeda dari yang sebelumnya, para anggota keluarga konglomerat tak diperbolehkan bertindak dengan cara menarik perhatian. Mereka harus hidup jauh dari skandal, tidak memamerkan kekayaan baik dengan gaya hidup, penampilan, dan lainnya. 

4. Sayuran harus dibeli dari pasar

Dok. Internet

Bukan di supermarket, justru para konglomerat ini lebih memilih membeli sayuran di pasar. Hal tersebut bahkan menjadi sebuah keharusan. Cukup unik, bukan? Walau bergelimang harta, mereka tak mengeluarkan uangnya dengan semena-mena dan tetap bijaksana. Bisa jadi, mungkin sayuran yang dibeli di pasar lebih bagus kualitasnya dan ingin memajukan para pedagang kecil di sana. 

5. Catat dengan ketat setiap pembelian

soompi.com

Soal keuangan, keluarga konglomerat juga mengharuskan mencatat setiap pembelian dengan ketat bahkan untuk barang-barang kecil sekalipun. Melansir dari Korea Sport Today, pembelian seperti satu butir sayuran kubis pun perlu dicatat. Kalau kamu tim suka catat juga, nggak?

6. Wajib hadir pada setiap peringatan pemakaman dan kematian

soompi.com

Aturan wajib selanjutnya dan juga umum dilakukan adalah wajib hadir pada setiap peringatan pemakaman dan kematian. Ini sebagai bentuk penghormatan kepada sosok yang meninggal tersebut, baik kolega, sahabat, maupun keluarga. 

Selain pemakaman dan kematian, mereka juga harus ikut dalam acara pernikahan, upacara peringatan kematian, acara ulang tahun, dan masih banyak lagi. Ini juga melambangkan bentuk penghormatan terhadap pihak yang mengundang.

7. Hafal nama nenek dan kakek

Netflix

Aturan lainnya harus hafal nama anggota keluarga, terutama kakek dan nenek. Seberapa banyaknya, para menantu harus hafal. Ini berkaitan juga dalam memberi salam, sopan santun, serta rasa hormat kepada yang lebih tua. 

Aturan unik yang dijalani Noh Hyun Jung

kbizoom.com

Selain ketujuh aturan di atas, Noh Hyun Jung juga membagikan fakta menarik lain tentang kehidupannya setelah dinikahi Chung Dae Sun, CEO Hyundai BS&C dan cucu pendiri Hyundai Group. Menantu Hyundai ini memiliki rutinitas hidup yang berbeda dari kebanyakan masyarakat biasa.

Dia harus sarapan sekitar jam setengah lima pagi setiap hari dan jika dia tidur larut malam, sarapannya tidak boleh lewat jam 5 pagi. Peraturan itu tentu mengejutkan publik Korea, dan sebagian besar berkomentar bahwa peraturan tersebut terlalu ketat dan tidak masuk akal. Meski begitu, pernikahan Noh Hyun Jung dan Chung Dae Sun tetap bahagia.

Melihat kehidupan Noh Hyun Jung dan aturan-aturannya, sepertinya memang tidak mulus-mulus saja menjadi menantu konglomerat Korea Selatan. Kamu tetap berminat, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married