Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Artis yang Pernah Mengalami Keguguran Lebih dari Satu Kali

Lewati banyak kesedihan dan menunggu lama

Natasha Cecilia Anandita

Selain pernikahan yang harmonis, hampir semua pasangan suami istri ingin dikarunai anak. Kehadiran anak menjadi sesuatu yang berharga dan melengkapi kebahagiaan pernikahan. Ada pasangan yang dengan mudah memiliki anak, ada pula yang perlu perjuangan. 

Seperti beberapa artis berikut ini, mereka harus mengalami beberapa kali keguguran hingga mendapatkan buah hati yang lama dinanti. Lewati banyak kesedihan dan menunggu lama, tapi mereka tak menyerah. Satu sama lain saling mendukung dan menemani. Berikut deretan artis yang pernah mengalami keguguran lebih dari satu kali. 

1. Mayangsari

instagram.com/mayangsari_official

Dari pernikahannya, Mayangsari dan Bambang Trihatmojo dikaruniai seorang putri cantik bernama Khirani Siti Hartina Trihatmodjo. Pasangan ini sempat dikaruniai kembali seorang bayi saat usia Khirani 3 tahun.

Sayangnya, calon adik Khirani tak tertolong, karena Mayangsari mengalami keguguran. Tiga tahun setelahnya, Mayangsari kembali dikaruniai kehamilan. Namun, takdir berkata lain, Mayangsari harus kembali mengalami keguguran.

2. Rieke Diah Pitaloka

instagram.com/riekediahp

Aktris senior satu ini juga mengalami dua kali keguguran saat masih menjadi istri Donny Gahral Ahdian. Keguguran tersebut disebabkan oleh zat antibodi di dalam tubuh Rieke yang terlalu tinggi dan justru menyerang balik. 

Kejadian menyedihkan ini sempat menyebabkan Rieke mengalami trauma. Walau sempat berhenti sejak, akhirnya Rieke bangkit kembali menjalani program hamil. Kerja keras dan doanya berbuah manis ketika ia dikaruniai anak bernama Sagara Kawani pada 2009 di usia pernikahannya yang ke-4 tahun. Dua tahun setelahnya, Rieke kembali menggendong bayi kembarnya yang berjenis kelamin laki-laki, yang diberi nama Jalumanon Misesa dan Jalumanon Badrika Adriansyah.

3. Hanum Rais

instagram.com/hanumrais

Presenter yang kini aktif sebagai anggota DPRD ini juga pernah keguguran, bukan hanya dua kali melainkan tiga kali. Ia berkali-kali mencoba program bayi tabung dengan melakukan terapi dan perawatan agar bisa hamil dan melahirkan. 

Sayangnya, program tersebut kembali gagal. Tak menyerah, ia dan suami berhasil dikaruniai seorang anak dengan sehat bernama Sarahza Reashira Almahendra di tahun 2016.

4. Shanty Widihastuti

instagram.com/shantydenny

Pasangan, Denny Cagur dan Shanty Widihastuti, juga salah satu pasangan artis yang merasakan pilu kehilangan anak di kandungan. Sama seperti Hanum, artis yang akrab disapa Teh Shanty ini pernah mengalami keguguran sebanyak tiga kali.

Kala itu, Shanty mengalami keguguran karena kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan. Kehamilan ektopik ini terjadi ketika embrio janin tumbuh dan berkembang di luar rahim dan bertahan hidup di luar uterus. Jika dibiarkan, kondisi ini berpotensi mengancam jiwa.

Walau sempat mengalami kesedihan, rumah tangga mereka semakin lengkap karena kehadiran tiga buah hatinya, Fabian Muhammad Yahva, Fadikal Muhammad Arsya dan Fazeela Meshwa Athari.

5. Ashanty

instagram.com/ashanty_ash

Punya sepasangan anak yang pintar dan menawan, ternyata Ashanty juga pernah merasakan kehilangan calon buah hatinya. Ashanty pernah melalui kehamilan pertama yang tidak mudah. Ia sempat tiga kali mengalami keguguran.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, penyebab Ashanty keguguran adalah karena pengentalan darah. Tak hanya itu, janin di dalam perut Ashanty juga tampak tak berkembang. Namun, penyanyi 38 tahun itu tak putus asa dan menjalani pengobatan ke Singapura demi mendapatkan momongan. 

6. Sarwendah

instagram.com/sarwendah29

Menikah dengan Ruben Onsu, Sarwendah tampak memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Pasangan ini juga dikaruniai dua putri yang menggemaskan, Thania dan Thalia Putri Onsu, ditambah kehadiran putra angkat mereka, Betrand Peto. 

Tapi, sebelum berhasil memiliki dua buah hati yang pintar itu, Sarwendah dan Ruben sempat menunggu dan kesulitan mendapat momongan. Sarwendah pernah mengalami dua kali keguguran.

Penyebabnya diduga kuat karena tubuhnya yang terlalu kurus saat itu. Setelah konsultasi ke dokter di Tiongkok dan menjalani gaya hidup yang lebih baik, akhirnya kehamilan ketiganya berjalan dengan baik. 

7. Chua 'Kotak'

instagram.com/chuakotak

Bassist band Kotak ini sempat mengalami kesedihan ditinggal calon buah hatinya. Tak cuma sekali, Chua dan suami harus mengalaminya dua kali. Keguguran pertama disebabkan oleh rahimnya yang lemah. Chua juga kelelahan karena sibuk dengan jadwal manggung yang padat.

Keguguran keduanya dikarenakan ia mengalami hamil anggur. Hamil anggur adalah pembentukan plasenta yang abnormal saat kehamilan. Penantian pemilik nama asli Swasti Sabdastantri itu terbayar saat berhasil melahirkan anak pertamanya pada tahun 2016 lalu. Kini, Chua dan Firmansyah telah dikaruniai dua orang putra yang diberi nama Raja Sabdasaka Putra Firmansyah dan Shakilla Sabdasakhi Putri Firmansyah.

8. Titi Kamal

instagram.com/csugiono

Titi Kamal juga pernah mengalami dua kali keguguran. Ia sempat keguguran saat kehamilan pertamanya. Saat itu, ia sempat mengalami hamil kosong alias blighted ovum. Namun, akhirnya kehamilan keduanya berhasil dan lahirlah Arjuna Zayan Sugiono.

Titi juga mengaku sempat mengalami keguguran kedua. Awalnya ia dan Christian sangat senang karena akan dikaruniai seorang anak lagi, dan sudah beberapa minggu kehamilan. Sayangnya, janin tersebut tidak berkembang dan tidak ada detak jantungnya. Ia akhirnya harus menjalani kuret untuk membersihkan rahimnya dan merelakan sang anak.

9. Adiezty Fersa

instagram.com/adieztyfersa

Resmi menikah pada 18 September 2016 lalu, perlu waktu sampai 6 tahun bagi Gilang Dirga dan Adiezty Fersa untuk mendapatkan buah hati. Adiezty sempat mengalami tiga kali keguguran, yakni pada tahun 2017, 2018, dan 2020. Keguguran pertama dan keduanya karena pembuahan tidak sempurna. 

Sedangkan kehamilan ketiga di tahun 2020 tak berlangsung lama usai Adiez dikabarkan mengalami pendarahan. Pasangan ini berhasil menggendong buah hati pertamanya pada 1 Juni 2022 di RS Brawijaya, Jakarta Selatan. 

itulah 9 artis Tanah Air yang pernah mengalami keguguran lebih dari sekali dan menunggu lama untuk memiliki buah hati. 

IDN Media Channels

Latest from Married