Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Menghadapi Suami yang Digoda Perempuan Lain

Jangan asal labrak! Bisa, kok, bertindak bijak.

Fithriyah Saiidah

Pernikahan yang langgeng adalah dambaan semua pasangan. Namun, bagaimana jika ada orang ketiga yang datang merusak hubungan? Pernikahan bisa saja tidak harmonis dan menimbulkan kecurigaan dan berakhir perceraian. Baru-baru ini, istilah pelakor atau ”perebut laki orang” menjadi kata yang kerap disebut masyarakat, karena kasus perselingkuhan yang berawal dari hadirnya perempuan kedua.

Perselingkuhan memang dilakukan oleh dua pihak, tapi kadang kala ada satu pihak yang menginisiasi dengan cara menggoda. Hal ini, lagi-lagi, bisa saja dilakukan oleh kedua belah pihak, baik itu si perempuan yang lebih dulu menggoda atau si pihak laki-laki.

Lalu bagaimana jika kamu tahu ada seorang perempuan yang menggoda suamimu? Mungkin emosi akan lebih dulu menguasai dan kamu buru-buru ingin melabraknya. Namun, cobalah bersikap tenang dan tetap berpikir dingin, karena ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi situasi suami yang digoda perempuan lain. Ini caranya!

1. Cari tahu kondisi sebenarnya

clickrelationships.org

Saat datang acara reuni atau sejenisnya, kita semua tentu berusaha beramah-tamah dengan orang-orang yang hadir di sana bukan? Mungkin sama halnya ketika ada perempuan lain mengobrol akrab dengan suami, bisa saja memang hanya bernostalgia bersama.

Namun, tetap perlu berhati-hati. Kerusakan rumah tangga juga bisa disebabkan karena CLBK alias cinta lama bersemi kembali. Sebaiknya, sebagai istri kita cari tahu kondisi sebenarnya lebih dulu. Apakah suami hanya mengobrol biasa atau ternyata perempuan lain mencoba menggodanya? Jangan buru-buru cemburu sebelum melihat semua faktanya.

2. Perhatikan tanda-tandanya

shutterstock.com

Setelah mengetahui kondisi sebenarnya saat suami digoda perempuan lain, mulailah lebih memperhatikan tanda-tandanya. Bagaimana cara perempuan itu berbicara pada suami dan apakah dia tertarik sungguhan. Perhatikan juga bagaimana suami merespons obrolannya dengan perempuan lain.

Jangan asal labrak jika mengetahui perempuan lain mencoba menggoda suami. Hal tersebut bisa menimbulkan tindakan ofensif dari suami kalau kamu cemburu berlebihan. Cobalah tetap bersikap tenang dan perhatikan tanda-tandanya agar dapat mengambil tindakan yang lebih bijak untuk menyikapi hal tidak menyenangkan tersebut.  

3. Sadarkan suami dengan bicara baik-baik

Freepik.com/nensuria

Sebelum bicara dengan suami, pastikan memang benar ada perempuan lain yang mencoba menggoda suamimu. Kemudian sadarkan suami dengan mengajaknya bicara baik-baik.

Ingatkan bahwa menjaga pernikahan yang utuh adalah hal penting. Apalagi jika sudah memiliki buah hati, katakan pada suami agar dapat menjaga hatinya tetap setia demi masa depan keluarga.

Saat berbicara, jangan pernah menggunakan intonasi tinggi dan menuduh. Coba ucapkanlah intonasi yang menenangkan sambil mengingatkan tujuan di awal pernikahan.

Kamu tentu tak bisa mengatur agar perempuan lain tidak menggoda suamimu, tapi tentu kamu bisa membicarakan pada suami agar dia tidak merespons godaannya tersebut. Jagalah komunikasi tetap terbuka dan juga beri kepercayaan pada suami kamu, Bela.

4. Mintalah suami membuat batasan yang jelas

Freepik.com/jcomp

Kalau suami menerima masukan istri dengan baik, sekarang saatnya meminta suami untuk membuat batasan yang jelas terhadap perempuan lain. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Minta suami juga agar tetap sadar dan tegas saat berkomunikasi dengan lawan jenis.

Saat ada perempuan yang menggodanya, minta suami untuk bisa bertindak tegas dan membuat batasan yang jelas dengan perempuan yang menggodanya. Hal tersebut bisa menjadi solusi yang baik dibanding istri yang langsung melabrak perempuan yang berusaha menggoda suami kamu.

5. Ciptakan suasana romantis setiap saat

Freepik.com

Nggak hanya meminta suami untuk bersikap tegas jika ada perempuan lain yang menggodanya, istri juga berperan untuk menciptakan suasana romantis setiap saat di rumah. Berikan kenyamanan kepada suami agar dia merasakan dirimu adalah tempat pulang yang penuh kehangatan dan cinta.

Berusaha penuhilah kebutuhan suami dan jadilah pendengar setianya di kala sedih maupun bingung. Tanpa diminta setia, suami juga akan berusaha menjaga komitmen pernikahan sebaik mungkin jika peran suami-istri dijalani dengan baik dan tepat. Selipkan candaan saat menikmati momen bersama juga bisa menambah kedekatan berdua.

6. Jaga komunikasi suami-istri tetap hangat

Pexels.com/Shvets Production

Hampir sama dengan menciptakan suasana romantis, menjaga komunikasi suami-istri juga perlu dilakukan. Idealnya menjaga komunikasi dengan saling mengetahui kondisi dan kebutuhan apa yang perlu dipenuhi. Saling memberi perhatian dan memberikan kejutan kecil sederhana juga dapat menjaga hubungan pernikahan.

Menjaga komunikasi suami-istri tetap hangat juga bisa dilakukan dengan memiliki panggilan sayang untuk pasangan. Saat menikmati momen berdua, misalnya, sebaiknya memiliki panggilan sayang untuk kembali jatuh cinta setiap saat dan mengenang seperti awal bertemu dulu.

7. Berusaha percaya kepada suami

freepik.com/lookstudio

Setelah melakukan penguatan dalam internal rumah tangga, saatnya berusaha selalu percaya kepada suami. Beri kepercayaan pada suami, meski ada perempuan yang berusaha menggodanya. Cobalah untuk tidak menekan atau menunjukkan rasa cemburu berlebihan, yang justru bisa membuat suami merasa 'gerah'.

Pahami juga bahwa seorang suami yang tugasnya bekerja di luar rumah dan bertemu banyak orang, perlu didukung istri untuk mencapai prestasi terbaiknya. Di samping memang ada perempuan di lingkungannya, tetap percayakan bahwa dia akan bisa menjaga komitmen pernikahan dengan baik.

Itulah tujuh cara menghadapi suami yang digoda perempuan lain dengan tenang dan bijak. Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan tergantung budaya dan aturan dalam rumah tangga yang berlaku. Tentunya semua masalah dan tantangan rumah tangga bisa diselesaikan baik-baik termasuk cara menghadapi suami yang digoda perempuan lain.

IDN Media Channels

Latest from Married